Interior dan eksterior ruangan merupakan salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Di era yang instagramable ini, semua tempat unik tentu menjadi daya tarik sendiri bagi beberapa orang untuk berkunjung dan menikmati desain yang unik dan menarik demi spot foto yang bagus. Dengan begitu, peluang bisnis desain interior dan eksterior menjadi salah satu hal yang bisa anda coba.

Bisnis desain interior dan eksterior sangat erat terhadap material yang disajikan seperti ukiran-ukiran yang terbuat dari kayu, Mdf, acrylic dan lainnya. Dahulu, membuat desain ukiran-ukiran kayu dan material lain memang membutuhkan waktu yang cukup lama dan memakan banyak tenaga. Namun, seiring berjalannya waktu membuat ukiran-ukiran dengan berbagai macam desain dari yang mudah sampai sulit sekalipun dapat anda buat dengan sangat mudah dan cepat yakni menggunakan mesin. Mesin yang biasa digunakan dalam membuat ukiran  baik grafir atau potong memotong adalah mesin CNC.

 

Apa itu bisnis interior dan eksterior?

Bisnis interior dan eksterior seperti yang dijelaskan di atas bahwa bisnis yang mempercantik ruangan menjadi lebih menarik. Untuk membuat ruangan menarik dengan menggunakan desain yang unik, nah desain unik itu didapat dari desain material baik dari kayu, Mdf, acrylic dan lain-lain menggunakan mesin CNC. Mesin CNC merupakan mesin yang digunakan untuk memotong dan menggrafir bahan atau material untuk menjadi sebuah produk yang sesuai dengan desain ang diinginkan dengan bentuk tiga dimensi.

 

Bagaimana produksinya?

Untuk lebih jelas dalam melihat produksi mesin cnc sebagai berikut ini!

 

Mau bisnis ini, kira-kira berapa modalnya ya?

Biaya Investasi Awal

  • 1 unit mesin CNC Router FINE FC 1325 4,5 KW = Rp 159.900.000,-
  • 1 unit computer = Rp 5000.000,-
  • 1 unit stabilizer / stavolt 3000 VA = Rp 2.500.000,-
  • Biaya Tak Terduga = Rp 5000.000
  • Biaya Operator = Rp 2.500.000
  • Total biaya = Rp 174.900.000,-

 

Biaya Operasional

  • Estimasi Biaya Listrik Operasional / 1 bulan = Rp 1.500.000,-
  • Biaya menggunakan Mata Bor = Rp 1.200.00,-
    ( Estimasi ± Rp 100 / menit x 8 jam / hari x 25 hari)
  • Total biaya operasional = Rp 2.700.000,-

 

Analisa Bisnis

Harga Jual ( Pendapatan ) Jasa Mesin CNC Router

  • Harga Jasa Mesin CNC Fine di Pasaran = Rp. 5.000,- / menit
  • Jasa Laser Per Jam  = Rp. 300.000,- / Jam
  • Estimasi Kerja Efektif Mesin Per Hari ± 4 Jam = Rp. 12.000.000,-
  • Total OMZET Jasa Mesin 1 Bulan(25 Hari)  = Rp. 30.000.000,- / Bln

 

Harga jual diatas belum termasuk harga material. Harga material akan bergantung material apa yang Anda gunakan. Dari simulasi perhitungan diatas menghasilkan BEP (Break Event Point) :

  • Nilai profit = Nilai Omzet – Biaya Operasional = Rp. 30.000.000,-  ̶  2.700.000,-
    = Rp. 27.300.000,- / Bulan
  • BREAK EVENT POINT  = Nilai Investasi Awal: Nilai Profit per bulan = Rp. 174.900.000,- Rp. 27.300.000,- = 6,4 Bulan Investasi anda akan kembali

 

Bisnis ini, kapan balik modalnya ?

Jadi, dalam kurun waktu kurang dari 7 bulan, modal yang anda keluarkan akan kembali. Fantastis bukan? estimasi diatas hanya garis besar saja ya dan masih ada faktor-faktor lain yang bisa berubah sesuai dengan kebutuhan dan permintaan pasar. Oleh karena itu, sebaiknya anda melakukan survey sendiri agar mendapatkan hasil yang sesuai dan mendapatkan kepastian.

Tapi, dengan perhitungan di atas anda akan mengetahui bahwa balik modalnya bisnis interior dan eksterior memiliki peluang bisnis yang menjanjikan dengan untung yang besar. Anda bisa mencoba bisnis interior dan eksterior ini mulai dari sekarang!

 

Apa keuntungan bisnis interior dan eksterior?

Bisnis interior dan eksterior rumah memiliki kelebihan dan keuntungannya loh. Mau tau apa saja? cek berikut ini!

 

  • Menyalurkan hobi dan bakat

Setiap orang memiliki kelebihan yang diberikan oleh Tuhan secara beda-beda. Setiap orang memiliki bakatnya masing-masing, mulai dari bakat menulis, bakat desain, dan bakat lain-lain. Sama seperti halnya desain interior, banyak sekali yang memiliki bakatnya. Oleh karena itu, dengan mengembangkan bisnis ini anda akan bisa menyalurkan hobi dan bakat anda secara langsung.

Selain menyalurkan hobi, anda juga bisa menghasilkan uang dari hobi yang anda lakukan yakni bisnis desain interior dan eksterior. Dengan hobi itu, anda bisa membuka peluang bisnis yang menjanjikan di masa depan.

 

  • Pangsa pasar yang luas

Setiap orang membutuhkan usaha desain interior untuk membuat rumahnya menjadi cantik, nyaman, sesuai fungsi, menarik dan indah saat dipandang mata. Dengan begitu, anda tidak akan sulit mencari konsumen karena setiap orang merupakan konsumen anda. Cukup anda tawarkan saja kepada setiap orang yang anda kenal agar usaha jasa desain interior eksterior anda mulai dikenal banyak orang. Dengan begitu, pangsa pasar anda menjadi lebih luas.

 

Tantangan bisnis interior dan eksterior?

Tantangan bisnis interior dan eksterior ini terletak pada konsumen yanag akan terus bertambah. Dengan konsumen yang semakin bertambah, anda harus siap untuk menambah desain yang sesuai diinginkan pasar dan tentunya waktu anda semakin banyak terkuras. Tapi, dengan bantuan mesin CNC anda akan dengan mudah mengerjakan produksi secara masal tanpa harus proses yang lama. Cukup memikirkan konsep desain yang bagus dan menarik saja.

 

Bagaimana Tips dan Trik Bisnis interior dan eksterior?

 

 

Untuk anda yang tertarik untuk bisnis desain interior dan eksterior, anda membutuhkan kiat atau tips bisnis agar usaha anda berhasil. Oleh karena itu, berikut tips dan triknya jasa interior dan eksterior rumah yakni antara lain sebagai berikut!

 

  • Bekali ilmu yang memadai

Bagi anda yang mau memulai usaha ini anda harus memahami dengan sangat seksama seluk beluk pengerjaan desain interior dan eksterior rumah secara mendasar, mulai dari menguasai keterampilan bagaimana cara mendesain rumah dengan baik dan benar serta memahami bagaimana menjalankan usaha ini agar lebih menguntungkan.

Anda bisa mempelajarinya lewat buku, majalah, dan lain halnya untuk mempelajari usaha desain interior dan eksterior ini. Usaha ini harus anda imbangi dengan dengan rajin mengikuti berbagai seminar serta pelatijan usaha desain interior dan eksterior baik dari skala nasional maupun internasional agar anda bisa bersaing dengan competitor yang lain.

 

  • Susun strategi usaha

Setiap usaha yang sukses dan menguntungkan perlu strategi bisnis yang terplanning. Begitu pula dengan bisnis interior dan eksterior rumah. Strategi berupa promosi yang gencar, menjalani hubungan baik dengan para pengusaha developer, dengan pihak pengembang, pegawai kontraktor serta menjalin kerjasama dengan tokoh-tokoh masyarakat setempat lain-lainnya.

 

  • Persiapkan modal

Dalam membuka usaha pasti membutuhkan modal usaha. Modal utama dalam menjalankan usaha ini adalah keterampilan dan keahlian dalam mendesain ruangan. Selanjutnya, anda harus memiliki computer dan software untuk memudahkan dalam merancang dan mendesain interior rumah.

 

Bagaimana agar promosi usaha anda tersebar luas?

 

 

Untuk memperkenalkan usaha anda, tentunya anda butuh memperkenalkan usaha anda menjadi lebih luas dengan cara promosi. Untuk lebih lengkapnya bisa ikuti langkah-langkah berikut ini!

 

  • Memasarkan dari mulut ke mulut

Memasarkan dengan cara lampau ini masih efektif digunakan sampai saat ini. Banyak dari usaha yang sukses berawal dari promosi mulut ke mulut. Bisa anda mulai dari lingkungan anggota keluarga, tetangga, sanak saudara, teman, sahabat dan kenalan lainnya yang bisa membantu mempromosikan usaha desain interior rumah dari mulut ke mulut.

 

  • Menjemput relasi

Kebutuhan jasa interior dan eksterior dibutuhkan oleh setiap orang yang memiliki rumah. Sehingga, sebenarnya tidak ada kesulitan dalam mencari konsumen. Tentunya setiap orang memimpikan rumah yang dibuat secara unik dan menarik. Dengan begitu, anda bisa memasarkan usaha desain interior eksterior dengan mengunjungi relasi atau kenalan anda. Maka, tawarkanlah jasa interior dan eksterior anda dengan memberikan harga yang spesial.

 

  • Ikut pameran

Di berbagai tempt tentunya kerapkali diadakannya pameran untuk menyambut hari besar tertentu, seperti pameran di akhir tahun. Anda bisa memanfaatkan acara pameran tersebut untuk promosi usaha desain interior dan eksterior anda. Dari acara pameran tersebut, anda akan dengan mudah mendapatkan pelanggan baru.

 

  • Promosi di media sosial

Media sosial merupakan salah satu platform yang sangat digemari oleh masyrakat untuk digunakan. Platform seerti facebook, instagram, twitter, whatsapp, google plus dan lain sebagainya menjadi salah satu tempat masyarakat untuk mendapatkan informasi. Oleh karena itu, dengan menyebarkan promosi yang bagus bisa jadi anda akan mendapatkan pelanggan dan penjualan yang besar.

 

  • Promosi di marketplace

Marketplace merupakan lading empuk bagi seorang penjual baik pemain baru atau pemain lama. Anda bisa mempromosikan seperti di olx, tokopedia, bukalapak, shopee dan lain-lain. Cara promosi di marketplace terbukti efektif karena mendatangkan konsumen dan pelanggan. Ditambah saat ini promosi di marketplace dilakukan secara gratis dan tidak dipungut biaya apapun, sehingga bagi pemain baru bisa membuka toko atau promosi secara bebas.

 

  • Promosi Offline

Selain online, anda harus promosi juga secara offline. Hal yang bisa anda lakukan adalah membagikan brosur di jalan-jalan atau di tempat umum. Anda juga bisa memasang spanduk, pamflet, neon box atau lainnya. Bisa juga anda lakukan untuk mengunjungi rumah ke rumah untuk menawarkan bisnis anda dengan value yang lebih berbeda dibandingkan bisnis interior dan eksterior yang lain.

 

Nah, itulah beberapa penjelasan secara jelas mengenai peluang usaha bisnis interior dan eksterior mulai dari pengertian, modal, cara produksi dan strategi yang bisa anda lakukan untuk bisnis ke depan. Bagi anda yang ingin konsultasi dan membutuhkan informasi mengenai bisnis ke depan bisa langsung hubungi deprintz ya. Bersama Deprintz, Buat Usaha Jadi Mudah!

Share Artikel ini

Related Post