Wabah virus corona semakin hari semakin merebak di belahan dunia. Hal ini merubah pola aktivitas masyarakat termasuk Indonesia. Indonesia menerapkan kebijakan social distancing atau work from home sehingga semua aktivitas banyak dilakukan di rumah masing-masing untuk menekan laju penularan virusnya.

Dengan keadaan seperti ini, tentunya membuat banyak pelaku usaha  mendapatkan “tamparan” keras akan usaha yang selama ini dilakukan. Bahkan pusat-pusat perbelanjaan terpaksa ditutup, kecuali beberapa supermarket dan apotek yang tetap buka karena menyangkut keberlangsungan hidup banyak orang.

Tidak hanya itu, sektor ekonomi seperti indeks usaha rontok, rupiah anjlok, dan pelaku usaha yang merintih karena usaha yang semakin merosot. Bahkan Dana Moneter Internatonal (IMF) memprediksi bahwa pertumbuhan ekonomi global akan mengalami krisis ekonomi dan keuangan karena virus corona.

Seperti pernyataan yang diungkapkan oleh Ketua Komite Moneter dan Keuangan International Lesetja Kganyago dan Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional Kristalina Georgieva setelah panggilan konferensi akhir Maret lalu dari Komite Moneter dan Keuangan Internasional yakni mengenai perubahan krisis pandemi kesehatan global menjadi krisis ekonomi dan keuangan yang berkontraksi pada tahun 2020.

Meskipun virus ini membuat orang jadi terancam baik kesehatan dan ekonominya, namun ada beberapa peluang usaha baru yang bisa anda lakukan di rumah. Berikut beberapa peluang usaha yang bisa anda terapkan di rumah!

 

  1. Suplemen daya Imun (Jamu)

 

 

Pasalnya, virus corona tidak akan bertahan di tubuh manusia yang memiliki daya imun tubuh yang kuat. Tidak hanya virus corona saja, namun beberapa penyakit lainnya. Hampir mencapai 2000 orang yang terkena virus corona ini di Indonesia, sehingga memperkuat sistem imun tubuh menjadi pilihan utama yang dapat dilakukan untuk membantu menangkal virus jahat ini.

Hal ini tentunya menjadi salah satu peluang usaha bagi anda di rumah untuk membuat suplemen daya imun yakni salah satunya jamu. Jamu penggabungan antara rempah-rempah yang dipercaya akan membuat daya imun tubuh menjadi kuat sejak zaman nenek moyang dulu. Untuk rempah-rempah yang dipakai pun tidak sulit untuk didapatkan yakni diantaranya adalah jahe, temulawak, kunyit, serai dan jeruk nipis yang diproduksi di rumah dengan cepat dan mudah. Anda bisa menjualnya ke tetangga terdekat.

 

  1. Hand Sanitizer

 

 

Gerakan mencuci tangan menjadi hal yang paling penting dilakukan ditengah virus corona yang menjadi pandemi ini. Hal inilah yang bisa anda jadikan peluang salah satunya membuat hand sanitizer. Hand sanitizer merupakan alternatif yang bisa digunakan untuk mencuci tangan ketika kondisi tidak ada air dan sabun. Oleh karena itu, anda bisa membuat dan memasarkannya via online secara menyeluruh.

 

  1. Kuliner sistem delivery order

 

 

Dengan masa work from home ini, maka kebutuhan yang paling dicari adalah makanan. Apalagi menuju bulan ramadhan, tentu usaha makanan tetap dibutuhkan bagi anak rantau yang tidak bisa mudik. Inilah kesempatan emas bagi anda yang ingin tetap produktif namun berpenghasilan di rumah. Selain makanannya bisa untuk konsumsi pribadi, tidak ada salahnya jika makanan itu anda jual dengan sistem delivery order. Karena saat ini banyak orang yang enggan untuk keluar rumah karena merasa takut akan virus corona.

 

  1. Masker

 

 

Sesuai anjuran Pemerintah, bahwa masker merupakan salah satu hal yang bisa menekan laju penyebaran virus corona. Meskipun bukan masker medis, masker kain yang bisa anda buat sendiri di rumah pun akan menekan 72 % penularan virus corona. Oleh karena itu, membuat masker sendiri bisa jadi peluang usaha yang menjanjikan untuk anda yang masih stay di rumah. Anda hanya butuh mesin jahit dan beberapa bahan pelengkap untuk membuatnya. Masker yang sudah anda buat dengan motif2 yang lucu namun tetap bagus bisa jadi trik untuk dijual di beragam media sosial atau online seperti marketplace, instagram dan facebook.

 

  1. Membuat Video Tutorial

 

 

Bagi anda yang gabut dan sukanya bermain dengan handphone,  hal inilah salah satu yang bisa anda gunakan untuk tetap produktif di rumah. Membuat video tutorial selain tak membutuhkan banyak alat, cukup dengan handphone dan skill anda untuk membuatnya. Bisa membuat video tutorial memasak, make up, membuat hand sanitizer sendiri, atau masker sendiri di rumah. Anda bisa share video anda di youtube atau di instagram. Jika dirasa video anda bermanfaat, maka anda bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan. Meskipun bermodalkan handphone saja, namun penghasilan tetap bisa anda terima.

 

Nah, itulah dampak positif peluang usaha yang menjanjikan di tengah dampak virus corona yang semakin merajalela ini. Memang banyak usaha-usaha yang mengalami kemerosotan, namun ada beberapa peluang usaha baru yang bisa anda lakukan di rumah. Meskipun virus ini menjadi momok yang menyeramkan, namun bukan berarti kita tidak bisa produktif di rumah.

Kita sama-sama berdoa saja, semoga virus ini cepat berlalu dan bisa berakhir. Sehingga, kita bisa beraktivitas kembali seperti biasaya dan mencari peluang usaha bisnis lainnya yang dapat meningkatkan laju ekonomi dunia. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda ya sahabat, karena Deprintz Buat Usaha jadi Mudah!

Share Artikel ini

Related Post