Jika anda mendengar tentang direct to tekstil tentunya anda akan tahu bahwa teknik ini merupakan salah satu teknik sablon yang sangat populer di Indonesia. Perkembangan zaman yang semakin canggih mengenai bisnis garmen atau tekstil sudah menjadi hal yang sangat umum diperbincangkan. Kenapa? Karna tekstil atau garmen merupakan salah satu bahan pangan yang sangat dibutuhkan oleh manusia.

Logikanya, siapa sih yang tidak butuh fashion dalam kehidupan sehari-hari? Tentu banyak bukan. Apalagi tekstil tidak berkecimpung di dunia fashion saja, namun merambah ke dunia kain secara menyeluruh. Mulai dari penggunaan sprei, selimut, kaos, hijab dan usaha kain lainnya.

Secara harafiah, mesin direct to tekstil adalah sebuah mesin yang digunakan untuk mencetak gambar atau desain langsung di atas kain tanpa bantuan kertas transfer paper dan juga mesin heat press. Biasanya, mesin direct to tekstil digunakan di bahan dasar seperti satin, spandex, jersey, scuba, velvet, canvas serta berbahan polyester khususnya. Sayangnya, teknik direct to tekstil hanya bisa diaplikasikan pada kain berwarna putih karena pada mesinnya tidak memiliki kapasitas tinta berwarna putih.

Salah satu contoh mesin direct to tekstil yang ada di deprintz adalah mesin printer infiniti FY 2300 TX/D8. Mesin ini merupakan mesin dengan teknik direct to tekstil yang tidak memerlukan kertas transfer dan juga alat pemanas heat press. Mesin printer infiniti FY 2300 TX/D8 memiliki lebar area print 220 cm.

Mesin direct to tekstil ini merupakan dibekali dengan 4 ( bisa diupgrade menjadi 8 head ) piezo printhead yang memiliki kestabilan dan keawetan umur printhead yang sangat panjang. Selain itu, tinta yang digunakan adalah tinta sublim. Resolusi mesin ini 7 hingga 12 PL (720 dpi) dengan kecepatan print mencapai 127 meter persegi per jam. Simpelnya, mesin ini memiliki system penyekaan otomatis atau Automatic Wiping System yang digunakan untuk perawtaan printhead secara mudah dan gak ribet.

Adapun kelebiahn dari mesin printer infiniti FY 2300 TX/D8 adalah sebagai berikut :

 

  • Dengan menggunakan printhead industri micro piezo 8 pada 7 PL droplet,508 nozzlez,4 level gray scale 8 untuk menghasilkan kecepatan produksi 127 sqm per jam.
  • Menggunakan Dua buah rol kontrol dengan tegangan permanen yang berukuran besar sehingga dapat mengakomodasi berbagai jenis media cetak textile
  • Secara otomatis mesin dapat menekan sebuah tekanan yang dipertahankan di dalam sub-tangki tersebut.
  • Mempunyai Sistem penyekaan otomatis untuk perawatan printhead yang sangat mudah.
  • Stabil pada Degas arusnya.
  • Memiliki Sistem penggunaan kerja detektor tinta rendah sehingga efesien pemakaian dengan hasil yang maximal.
  • Terdapat mesin pemotong bagian sisi kiri/kanan pada mesin tersebut sehingga memudahkan proses pada hasil cetaknya.

 

Nah itulah beberapa penjelasa mengenai mesin printer direct to textile salah satunya orinter infiniti FY 2300 TX/D8 yang perlu anda ketahui untuk memulai bisnis. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda sahabat!

Share

Related Post