Artikel sebelumnya sudah membicarakan soal 5 teknik sablon digital yang terpopuler di Indonesia. Salah satu teknik yang biasa digunakan adalah sablon digital menggunakan printer DTG. Printer DTG merupakan singkatan dari direct to garment yang berarti cetak langsung ke garment. Artinya, printer ini merupakan printer yang dapat mencetak langsung ke dalam media yang ingin dicetak yakni garment atau tekstil.

Printer DTG biasanya digunakan untuk produksi kaos atau baju yang biasa dijual di distro. Mesin ini sangat bagus digunakan untuk anda yang ingin memproduksi dalam jumlah banyak dengan waktu yang cepat. Printer DTG biasa dikenal dengan mesin cetak dengan menggunakan teknologi ink jet. Pada prinsipnya DTG ini mirip dengan printer cetak foto pada kertas yang dimodifikasi untuk bisa mencetak desain dan gambar dengan menembakkan tinta tekstil langsung ke dalam kaos.

 

Kenapa Printer DTG merupakan Printer yang populer di Indonesia?

Printer ini sangat populer di Indonesia karena merupakan printer dengan kualitas yang baik, mudah untuk digunakan dan harga yang cukup terjangkau. Printer DTG digunakan untuk kaos distro karena dipercaya bahwa hasil cetakannya sangat memuaskan dengan warna yang tajam dan juga proses yang lebih cepat sehingga tidak akan membuat anda membuang waktu.

Printer DTG dapat dietak diberbagai warna kaos, hanya saja memiliki syarat yang harus anda lakukan sebelum mencetaknya. Apa saja sih syaratnya?

 

  1. Dalam menyablon kaos warna putih, proses print hanya satu kali dan tidak membutuhkan tinta warna putih

Untuk hasil yang didapat dari sablon kaos berwarna putih menggunakan teknik sablon DTG adalah lebih meresap karena prosesnya hanya satu kali. Proses cetak kaos warna putih tidak membutuhkan tinta putih karena dasar kaosnya sudah mewakili cetak untuk hasil warna yang lebih tajam dan terlihat.

 

  1. Sedangkan untuk menyablon di kaos berwarna terang, proses print dilakukan dua kali dan membutuhkan tinta warna putih.

Untuk kaos sablon di kaos yang terang pada teknik sablon DTG membutuhkan proses dua kali print dan tinta warna putih. Proses dua kali print ini dibutuhkan untuk mendapatkan hasil warna yang tajam maka dari itu kaos diprint menggunakan tinta warna putih dahulu, baru di print lagi untuk ditumpuk menjadi tinta berwarna agar lebih terlihat. Oleh karena itu, hasil dari print di kaos berwarna terang adalah timbul karena proses printnya dilakukan dengan cara ditumpuk.

 

Nah, itulah beberapa pengertian mengenai printer DTG yang perlu anda tahu. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda ya sahabat!

Share

Related Post