Ketika kemarin sudah membahas mengenai berbagai macam tekstil, namun apakah anda tahu apa itu tekstil? tekstil secara arti adalah semua yang terbentuk dari serat. Dari bahasa latin, pengertian tekstil dari etimologi bahasa “texere” atau “textile” yang berhubungan dengan menenun.

Perkembangan dunia tekstil di Indonesia tidak dapat diketahui dengan pasti, tetapi kemampuan masyarakat soal merajut dan menenun sudah ada sejak zaman kerajaan-kerajaan Hindu di Indonesia. Dahulu, menenun rakyat Indonesia daam bentuk kerajinan seperti merajut atau membatik ditunjukkan untuk kepentingan seni dan budaya yang dikonsumsi sendiri.

Jika dilihat pada zaman sekarang ini, perkembangan tekstil mulai sangat pesat karena menggunakan mesin saat proses pembuatan. Sehingga, prosesnya pun menjadi lebih gampang dan cepat, salah satunya adalah mesin digital printing. Digital printing sendiri merupakan pengembangan teknologi menggunakan teknik cetak saring. Cetak saring itu sendiri merupakan proses stensil untuk memindahkan suatu citra ke atas berbagai jenis media dan bahan cetak seperti : kertas, kayu, metal, kaca, kain, plastic, kulit dan lain-lain.

Dengan perkembangan industri tekstil mengenai mesin printing, ada dampak positif dan negative yang dihasilkan. Dampak positif yakni produksi menjadi lebih efisien karena proses lebih cepat dan singkat. Dampak negatifnya adalah pada pasaran kain yang diproduksi secara handmade, karena mesin digital printing tergolong murah dengan kualitas yang mewah.

Dalam proses perkembangganya, saat ini aplikasi tekstil dapat anda lihat di berbagai toko. Sebagain dari anda tentu pernah melihat berbagai kain di toko pakaian atau toko bahan dengan beragam warna yang menarik. Bukan hanya dari segi warna saja, bahkan kain yang terlihat memiliki bahan yang berbeda pula untuk setiap jenisnya.

Biasanya, kain-kain itu dikelompokkan sesuai dengan jenis bahan, seperti rajut, tenun, atau kain wol. Selain bahan dan warna, setiap kain itu memiliki berbagai motif yang unik. Kain itu akan diproses menjadi pakaian atau ragam kebutuhan fashion lainnya seperti topi, baju dan lain halnya.

Proses membuat desain di berbagai bahan kain dengan motif yang berbeda-beda merupakan pengertian dari desain tekstil. Desain tekstil sangat dibutuhkan dalam dunia usaha printing tekstil, karena dari desain inilah beragam motif yang diinginkan akan tercipta. Lantas, apa sih desain tekstil secara detail?

 

Apa itu desain tekstil?

Desain tekstil merupakan rancangan motif dan corak baik struktur kain maupun permukaan kain menggunakan elemen titik, garis, bidang, dan juga warna. Untuk membuat motif atau pola pada kain pun harus memperhatikan fungsi, komposisi, warna, bentuk serta tata letak. Motif dan pola dasar bahan pun sangat mempengaruhi hasil jadi dari cetak printing tekstil tersebut. Untuk itu, dalam proses pembuatan printing tekstil membutuhkan desainer yang bisa membuat motif beragam sesuai dengan yang anda inginkan.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai perkembangan tekstil di Indonesia yang harus anda pelajari. Dapat ditarik kesimpulan, dalam proses pembuatan membutuhkan desain untuk mendapatkan kain tekstil yang sangat beragam. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda sahabat!

Share Artikel ini

Related Post