Bisnis hijab merupakan peluang bisnis yang tak akan lekang oleh waktu. Hal ini didukung oleh mayoritas penduduk Indonesia yang merupakan muslim. Hijab merupakan pelengkap seorang muslim, khususnya seorang wanita. Dengan banyaknya wanita muslim di Indonesia, sehingga membuat peluang usaha hijab di Indonesia sangat menjanjikan.

 

Hijab Printing itu apa?

 

 

Hijab printing merupakan hijab yang memiliki corak tertentu dan diproduksi menggunakan mesin digital tekstil khusus yakni salah satunya mesin sublime. Dengan menggunakan mesin sublime anda akan mampu membuat hijab dengan beragam model dan motif kekinian sesuai dengan pasar yang lagi nge-trend. Hijab printing juga dikenal sebagai scraf custome, kerudung print, hijab voal, jilbab print dan lain-lain yang memiliki motif cantik dan unik.

 

Mengapa harus hijab printing?

 

Data Penduduk Muslim di Indonesia

 

Seperti data Globalreligiousfutures, pada tahun 2010 penduduk Indonesia mayoritas beragama islam (muslim) sebanyak 209,12 juta atau setara dengan 87,17 % dari total penduduk Indonesia yakni 239,89 juta jiwa.

Pada tahun 2020, penduduk Indonesia dengan beragama muslim diprediksi menjadi 263,92 juta dan pada 2050 dengan 256,82 juta jiwa akan mengalami penurunan. Dengan data tersebut, dapat diketahui bahwa peluang bisnis hijab sangatlah menjanjikan dengan persentase hampir penduduk Indonesia yang menggunakan hijab karena beragama islam, terutama untuk tahun 2020.

(Baca Juga : Ragam Peluang Usaha Mejanjikan di Masa Depan!

 

Hijab printing banyak keuntungannya loh!

Fashion merupakan hal yang seringkali menjadi pilihan terpenting bagi masyarakat, terutama wanita. Bagi wanita, fashion yang baik akan melambangkan kepribadiannya. Tentu hijab menjadi salah satu fashion yang menjadi pertimbangan para kaum wanita. Keuntungan menggunakan hijab printing akan memberikan kesan selain fashionable, tentu terlihat lebih unik dan menarik dengan desain yang berbeda dari yang lain. Selain itu, kesan anggun akan anda dapatkan jika menggunakan hijab printing karena hasil printing biasanya akan memberikan kesan warna yang soft dengan mengikuti fashion yang trendy.

 

Bagaimana produksi hijab printing?

 

 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, untuk membuat hijab printing bisa menggunakan mesin sublime. Mesin sublime bisa mencetak bahan kain yang memiliki bahan polyester. Untuk hijab printing, kain yang bisa diproses adalah silk satin, satin velvet, satin hermes, dan chiffon. Adapun langkah-langkah dalam pembuatannya adalah sebagai berikut!

 

  • Persiapkan gambar yang sudah di desain

Jika anda ingin mencetak hijab printing, hal pertama yang harus anda lakukan adalah mendesain gambar yang diinginkan. Gunakan format jpg atau tiff. Gunakan resolusi 200 pixel per inch pada setiap ukuran cetak. Contohnya, jika anda ingin cetak hijab dengan ukuran 110×110 cm, maka pastikan file yang tersimpan ukuran 110×110 cm dengan 200 pixel per inch.

 

  • Memilih kain yang cocok untuk hijab printing

Sebelum mencetak, penting sekali memilih kain yang cocok untuk diprinting. Oleh karena itu, pilihlah kain yang sesuai dengan trend yang ada di pasaran, bisa juga menggunakan kain seperti yang sudah dijelaskan di atas.

 

  • Gunakan mesin sebagai alat untuk mencetak

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, anda bisa menggunakan mesin sublime sebagai alat untuk pencetak. Selain itu, anda juga bisa menggunakan mesin UV namun lebih mahal dibandingkan dengan mesin sublime. Untuk mesin sublime sendiri memiliki ragam jenisnya mulai dari mesin Epson, DTG, Atlas, Mimaki, Innofatec dan lain-lain.

(Baca juga : Klasifikasi mesin sublime terpopuler)

 

Mau Bisnis Hijab Printing, Butuh Modal Berapa ya Kira-kira?

 

 

Untuk modal awal dalam menjalankan bisnis hijab printing adalah mempersiapkan mesin sublime dan mesin heat press. Adapun modal mesinnya adalah sebagai berikut!

    • Mesin sublime SC-F7270 Rp 225.000.000
    • Mesin Heatpress 1512     Rp Rp 64.900.000
    •   Total Rp 289.900.000

 

Kira-kira, Kapan ya balik modalnya?          

  • Transfer Paper             : Rp 6.800 per m2
  • Tinta sublime             : Rp 700.000/liter (1000 cc)

 

Harga printing kain untuk hijab printing di pasaran (Rata-rata)

    • Satin silk : Rp. 20.000 / meter2
    • Satin velvet : Rp. 30.000 / meter2
    • Satin hermes : Rp. 40.000 / meter2
    • Chiffon             : 20.000 / meter2

Jadi, untuk harga kain dengan panjang hijab 110 cm (1,1 meter) adalah :

    • Satin silk : Rp. 22.000 / meter2
    • Satin velvet : Rp. 33.000 / meter2
    • Satin hermes : Rp. 44.000 / meter2
    • Chiffon           : 22.000 / meter2

 

Biaya Ink

1 Liter tinta Epson DTG (1000 CC)            : Rp 700.000,-

1 CC                                                           : Rp 700,-

Sedangkan, 110 centimeter persegi perlu 4,5 CC (ml) tinta CMYK maka

1 ml tinta x 4,5 CC ( Rp 700 x 4,5 CC )     = Rp 3.150

Estimasi Biaya Listrik untuk Operasional       = Rp 2000/m2

Harga Bahan Kain Satin Hermes 1,1 m          = Rp 44.000,-/m2

Total Biaya Operasional                                = Rp 49.150,-

 

Analisa Bisnis

Harga jasa printing kain di pasaran (Rata-rata)

Lebar 90 cm : Rp. 75.000 / meter lari

Lebar 110 cm : Rp. 90.000 / meter lari

Lebar 145 cm : Rp. 125.000 / meter lari

 

Maka perhitungan bisnisnya adalah :

    • Karna untuk hijab, maka asumsi harga jasa cetak 110 cm + harga kainnya Rp 134.000/m2
    • Asumsi orderan rata-rata 25/m2
    • Laba Bersih/m2 (Harga jual hasil printing – biaya operasional yakni Rp 134.000 – Rp 49.150 = Rp 84.850/m2
    • Laba bersih/hari (Laba bersih/m2 x rata-rata orderan per m2 yakni Rp 84.850 x 25) = Rp 2.121.250
    • Laba bersih/bulan (26 hari kerja) = Rp 55.152.500 – Gaji operator = = Rp 55.152.500 – Rp 3.000.000 = Rp 53.152.500

 

Harga jual diatas merupakan harga rata-rata yang saya estimasi melalui pembulatan perhitungan. Dari simulasi perhitungan diatas menghasilkan BEP (Break Event Point) sebagai berikut :

 

  • BREAK EVENT POINT = Nilai Investasi Awal: Nilai Profit per bulan = Rp 289.900.000,- : Rp 53.152.500,- = Kurang lebih 5,4 Bulan Investasi anda akan kembali
 
Potensi Laba belum termasuk :
  • Biaya Desain
  • Jasa Produksi dari Kain Printing ke Barang Jadi (Konveksi)
Potensi Biaya belum termasuk :
  • Biaya Tempat
  • Biaya Penyusutan Mesin
  • Biaya Servis

 

Cara jitu menjual hijab printing

 

 

Mempromosikan suatu produk bisa dilakukan via online dan offline. Jika promosi secara offline, maka  membuka toko atau tempat display yang memamerkan produk hijab printing bisa anda mulai. Buatlah toko dengan desain yang menarik agar setiap orang yang mampir tertarik dengan produk yang anda jual. Namun, biasanya untuk lebih menjual gunakan promosi melalui media online. Media online yang bisa anda gunakan adalah media sosial. Adapun cara promosi melalui online adalah sebagai berikut!

 

  • Youtube sebagai tempat review atau promosi

Semakin tingginya peminat orang terhadap video, sehingga membuat youtube menjadi tempat yang pantas untuk dijadikan promosi. Anda bisa menggunakan youtube untuk menampilkan hasil review produk yang anda jual ke pelanggan lewat youtube. Dengan memasarkan produk via youtube, maka produk yang anda jual akan mudah dikenali karena hampir semua orang cepat dalam mengaksesnya. Usahakan video yang dibuat tidak terlalu panjang, cukup tampilkan video yang penting dan secara singkat tapi menarik. Video yang terlalu panjang akan membuat orang malas menonton video anda sampai habis.

 

  • Instagram sebagai tempat untuk memperkenalkan produk

Zaman milenial ini siapa sih yang gak kenal dengan instagram. Instagram dikenal sebagai media sosial yang digemari oleh kalangan masyarakat saat ini, mulai dari mendapatkan informasi sampai tempat berbagi cerita dan mencari hiburan. Lewat instagram, anda bisa memperkenalkan hijab printing anda dengan menampilkan gambar atau video singkat yang bagus dan menarik.

 

  • Facebook Ads

Menggunakan facebook ads merupakan salah satu pilihan tepat yang bisa anda gunakan juga. Dengan iklan menggunakan facebook ads, anda akan bisa mempromosikan dan mengiklankan sebuah fanpage yang tersedia di facebook. Dengan begini, usaha hijab printing anda bisa dipromosikan secara luas dan menyeluruh.

 

  • Membuat Blog dengan menulis artikel tentang hijab printing

Anda bisa mengulas setiap detail hijab printing anda dengan tulisan yang menarik. Anda bisa mem-posting review dari pelanggan anda atau motif yang lebih detail ke dalam blog anda. Dengan begitu, orang lain akan lebih mengerti secara detail penjelasan mengenai produk yang anda jual yakni hijab printing.

 

  • Daftar ke Google My Business

Google meluncurkan fitur bernama google my business. Nah, anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk daftarkan hijab printing anda di google bisnisku. Keuntungan mendaftarkan hijab printing yakni nanti bisnis anda akan ditampilkan oleh Google di setiap perangkat baik desktop, ponsel, tablet ataupun perangkat lainnya.

( Baca : Tutorial Cara Daftar Google My Business )

 

Tantangan bisnis hijab printing, siapa takut?

 

 

Dalam bisnis, tantangan merupakan hal yang lumrah terjadi. Dalam bisnis hijab printing pun sama, ada beberapa tantangan yang harus anda ketahui yakni sebagai berikut!

 

  • Persaingan yang ketat

Persaingan dalam bisnis merupakan hal yang biasa terjadi. Mulai dari persaingan harga sampai dengan persaingan branding. Oleh karena itu, anda harus jeli dalam memilih kualitas yang baik dengan desain yang unik dan tentunya harus berbeda dari kompetitor supaya anda memiliki ciri khas tersendiri.

 

  • Suplai bahan yang sulit didapat

Semakin banyaknya pelaku usaha hijab printing, semakin sulitnya bahan yang anda dapat karena permintaan bahan yang kian berkembang. Anda harus rela berebutan untuk mendapatkan suplai bahan yang baru saja dirilis agar tidak kehabisan. Maka dari itu, perlunya menyetok bahan yang memadai agar anda tidak kehabisan bahan suplai.

 

  • Model yang kian berkembang dengan cepat

Model fashion akan terus berubah seiring berjalannya waktu. Dengan perubahan itu, anda harus siap-siap mengalami perubahan yang sangat cepat. Terkadang, anda sudah menyetok barang dengan banyak namun belum terjual habis dan sudah ada model baru yang muncul. Hal inilah yang akan menjadi tantangan anda untuk menghabiskan model lama agar anda tidak mengalami kerugian.

 

  • Harus memahami model fashion yang beragam

Setiap hijab memiliki bahan baku dan modelnya sendiri. Dengan karakter yang beragam, anda harus memahami satu per satu karakter bahan dan modelnya itu secara detail. Meskipun terlihat sulit, hal ini harus anda hadapi karena pasar sangat membutuhkan informasi dan detail produk hijab printing secara jelas.

 

  • Harus peka

Mata anda harus cukup mawas dalam melihat perkembangan trend yang semakin booming. Trend bisa anda dapat dari media sosial yang dikenakan artis atau selebgram, oleh karena itu anda harus peka dan cepat dalam menyerap informasi trend hijab printing dari berbagai media. Kepekaan anda akan membantu dalam membaca minat pelanggan tentang apa yang dibutuhkan saat ini bahkan masa depan.

 

Nah, itulah penjelasan mengenai peluang bisnis hijab printing yang bisa anda coba sebagai bisnis yang cukup menjanjikan di masa depan. Dengan penjelasan diatas, pasti anda mulai tertarik dengan bisnis hijab printing bukan? Jika anda butuh konsultasi atau bantuan mengenai bisnis hijab printing bisa hubungi deprintz. Karena Deprintz, Buat usaha Jadi Mudah!

 

Konsultasikan Disini
Share

Related Post