Saat Anda membeli mesin apapun, sudah hal yang wajar adalah untuk mengecek komponen yang ada pada mesin tersebut. Sama halnya dengan genset memiliki komponen-komponen yang nmemiliki fungsi berbeda-beda.

Komponen pada genset hal yang penting untuk anda tahu, karena komponen ini biasanya berkaitan pada saat terjadinya kerusakan. Apabila terjadinya kerusakan, anda akan lebih cepat tahu komponen mana yang rusak sehingga terhindar dari oknum teknisi nakal yang mengharuskan anda mengeluarkan biaya lebih mahal. Lantas, apa saja komponen yang ada pada genset beserta fungsinya. Berikut penjelasannya yakni :

 

  1. Mesin / Engine

 

 

Mesin merupakan komponen utama dan memiliki peranan yang sangat penting. Mesin merupakan sumber energi input mekanis untuk generator. Beberapa bahan bakar pada generator yang biasa digunakan agar mesin generator dapat beroperasi yakni bensin, gas atau diesel (solar). Bensin biasa digunakan pada generator dengan kapasitas yang lebih kecil sedangkan diesel dan gas merupakan bahan bakar yang digunakan untuk kapasitas yang lebih besar.

 

  1. Alternator

 

 

Pada mesin input mekanis menghasilkan output listrik, nah alternator inilah yang merupakan bagian dari generator yang digunakan untuk menghasilkan output listrik tersebut. Dalam alternator memiliki setor dan rotor atau biasa disebut amature merupakan komponen yang bekerja pada generator tersebut. Stasioner memiliki komponen yakni stator. Rotor atau amature merupakan komponen yang menghasilkan medan magnet pada genset untuk bergerak.

 

  1. Tangki Bahan

 

 

Lamanya genset beroperasi berbanding lurus dengan besar kapasitas tangki bahan bakar. Umumnya tangki bahan bakar mampu menjaga genset untuk beroperasi selama 6 jam sampai 8 jam lamanya. Namun, untuk memperlama waktu operasional genset biasanya menggunakan aplikasi yang komersial yakni tangki bahan bakar eksternal.

 

  1. Voltage regulator

 

 

Fungsi dari komponen ini adalah mengatur besarnya tegangan yang keluar pada generator. Komponen ini sangat penting karena jika listrik yang dihasilkan genset memiliki tegangan yang kurang stabil, tentu akan merusak alat-alat yang ada pada genset tersebut. Terutama pada alat kelistrikannya, bisa-bisa alat listriknya tidak akan berfungsi.

 

  1. Exhaust Cooling

 

 

Pada saat anda menggunakan genset, sudah pasti akan menimbulkan panas. Jika panas tersebut tidak segera dilepaskan, maka akan berdampak buruk pada generator. Bahkan dapat menyebabkan generator meledak. Kok bisa? Ya, generator yang meledak disebabkan karena overheating (kelebihan panas). Nah, gunakanya komponen ini adalah yang berperan sebagai ventilasi untuk melepaskan panas pada genset tersebut. Sistem yang biasa digunakan saat pelepasan panas itu dilakukan pada saat pembuangan gas melalui knalpot, radiator dan kipas.

 

  1. System Lubricant

Untuk membuat genset mampu beroperasi dengan halus dan tahan lama adalah perlunya pelumasan. Di dalam pompa generator ada minyak tersimpan yang berfungsi untuk melumasi mesin generatornya. Generator yang beroperasi selama 8 jam memerlukan pengecekan pada kadar minyak pelumas ini agar generator anda beroperasi halus dan tahan lama.

 

  1. Baterai

Awal mula, generator itu berfungsi dikarenakan adanya daya dari baterai. Jika baterai dalam kondisi rusak, tentu akan membuat generator tidak akan menyala. Pada saat beroperasi, baterai akan secara otomatis dicharge.

 

  1. Control Panel

Komponen ini merupakan user interface dari generator yang berfungsi sebgai pengontrol dan pengatur outlet listrik serta sebagai alat setting pada generator.

 

  1. Frame / Kerangka Utama

 

 

Komponen terakhir adalah pendesainan frame atau sering disebut kerangka utama. Kerangka utama harus didesain sedimikian rupa agar benar-benar menjadi rumah yang aman bagi generator. Desain pada kerangka utama ini harus memiliki grounding untuk keselamatan pengguna.

 

Dari penjelasan diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa komponen yang ada pada genset memiliki fungsi yang sangat penting sebelum anda menggunakan genset ini. Apalagi ketika anda membeli, sudah diharuskan memperhatikan kesembilan komponen ini agar genset anda memiliki kualitas yang semestinya. Hal yang paling penting adalah maintenance yang rutin pada komponen tersebut agar genset anda dalam keadaan prima untuk beroperasi lebih maksimal. Semoga dengan penjelasan diatas,  anda akan memiliki bayangan dan hal yang harus diperhatikan pada komponen yang ada di gensetnya.

Share

Related Post