Jika sebelumnya, saya sudah mereview mesin cutting sticker silhouette Potrait. Kali ini saya akan membahas mengenai mesin curio secara jelas dan lengkap.

Mesin curio adalah mesin silhouette yang fleksibel sama dengan mesin besar lainnya. Walau ukuran nya kecil, namun harganya lumayan mahal. Harga yang lumayan mahal dengan ukuran kecil sesuai dengan fungsinya yang bisa diaplikasan untuk banyak bahan.

Software curio mampu melakukan banyak fungsi dan softwarenya sangat mudah. Gaya pemotongan yang ringan serta kapasitas yang kecil membuat mesin ini tidak direkomendasi untuk proyek besar. Mesin curio merupakan mesin yang digunakan untuk tugas ringan dengan kapasitas kerja bahan yang umum dan melakukan berbagai tugas yang berbeda.

Gaya potong dengan ukuran ketebalan maksimal 210 gram yang mampu mesin ini lakukan. Namun, selain memotong mesin ini mampu mengelas, menggambar, menembus, emboss, mengukir serta deboss. Jadi mesin ini memiliki banyak kemampuan.

Untuk beberapa pengrajin, mesin curio dirasa cukup dalam proses pengerjaannnya. Namun sebenarnya mesin ini dirancang sebagai pendamping pemotong lain karena memiliki kemampuan yang sudah dijelaskan seperti emboss, mengukir, deboss di berbagai bahan seperti kayu, kulit, karet dan busa.

Tidak seperti cameo, curio membutuhkan komputer dalam melakukan proses pengerjaan dengan software yang digunakan untuk membantu yaitu silhouette studio. Artinya adalah anda dapat mengunduh desain atau membuat desain anda sendiri.

Silhouette studio merupakan software yang lazim digunakan untuk mengedit foto pada proses desain yang umum, tapi cukup intuitif untuk memotong sampai putus atau dikenal sebagai die cut. Selain itu, software ini pun dapat melakukan desain emboss pada desain yang ingin kita proses.

 

 

Curio dapat digunakan emboss pada bahan seperti busa, logam, kayu, dan kulit. Namun, untuk memotong bahan tersebut tentu tidak bisa. Jika untuk memotong, curio lebih cocok memotong bahan yang lebih tipis yakni contohnya kertas vynil. tapi perlu diketahui bahwa mata pisau perlu dinaikkan agar kertas tidak hancur.

Curio memiliki platform yang disusun untuk mengatur ketinggian mata pisau sesuai dengan bahan yang akan digunakan. Perlu diingat, bahwa anda pun harus mempelajari dan menguasai platform pada silhouette untuk pengaturan mana yang digunakan pada berbagai macam bahan yang sesuai. Selain itu, silhouette pada curio memiliki kemampuan untuk mengatur blade dan menentukan kedalaman sesuai dengan jenis material.

 

Kesimpulan

Mesin curio memiliki kemampuan selain memotong yakni mengelas, menggambar, menembus, emboss, mengukir serta deboss yang bisa digunakan di berbagai macam material. Khusus untuk memotong hanya cocok untuk bahan yang tipis, namun untuk emboss dan deboss bisa digunakan untuk bahan yang keras seperti kayu,kulit, karet serta busa.

Secara garis besar, curio dapat anda gunakan sebagai :

  • Membuat desain khusus dengan beragam bahan
  • Membuat sketsa dan penetapan pada hiasan logam
  • Membuat sketsa dengan desain rumit yang multicolour
  • Memotong dan mensketsafont yang sudah diinstal
  • Membuat proyek tinta sesuai yang anda inginkan ketika memilih sketch pens atau felt tip pens
  • Dapat menambahkan tekstur embossing dan debossing pada bahan yang halus
  • Dapat digunakan untuk membuat permukaan yang unik pada kayu, kanvas dan logam

 

Perlu diketahui bahwa mesin curio hanya cocok untuk proyek skala kecil, tidak cocok digunakan untuk memubat proyek dalam skala besar. Karena pengemasan yang dirancang khusus ke bahan-bahan yang kecil dan cantik. Namun, untuk usaha kecil, mesin ini bisa menjadi andalan.

Share

Related Post