Merawat mesin CNC merupakan hal yang penting untuk kita lakukan karena dapat membuat mesin kita lebih awet. Namun, jika hanya mesinnya saja yang dirawat tapi hal yang paling krusial yaitu mata bor tidak di rawat maka mesin itu hanya akan menjadi sia-sia. Tanpa mata bor yang baik sudah dipastikan hasil produksidari mesin itu tidak akan maksimal.

Maka dari itu, mimin kali ini mau berbagi informasi mengenai cara merawat mata bor agar mesin CNC tetap berjalan sesuai yang kita inginkan. Dengan mengetahui cara merawat mata bor, maka diharapkan agar mata bor itu dapat bertahan lebih lama dibandingkan ketika kita acuh terhadap mata bor itu sendiri.

Well, langsung aja yuk disimak penjelasan yang akan mimin ungkap kali ini.

 

Putaran mesin

Putaran mesin pada mata bor harus diperhatikan sesuai dengan material yang akan kita grafir. Putaran mesin berpengaruh dalam proses penggrafiran, semakin besar diameter mata bor maka akan semakin lambat prosesnya dan sebaliknya semakin kecil diameter mata bor maka akan semakin cepat prosesnya. So, penting sekali bagi kita untuk memperhatikan bahan material dalam men-setting besar kecilnya diameter untuk mengetahui putaran mesinnya.

 

Material yang di Bor

Material yang di bor berhubungan dengan putaran mesin karena semakin mudah material yang di bor maka dapat dipakai menggunakan putaran mesin yang cepat. Namun ketika material berbahan dasar keras yang kita pakai, maka jangan menggunakan putaran mesin yang cepat karena itu akan mengeluarkan api yang dapat mempercepat rusaknya mata bor bahkan dapat melukai diri anda akibat api yang dikeluarkan. harus benar-benar diperhatikan ya !

 

Pengasahan

Cara pengasahan mata bor harus sesuai dengan prosedur,jika tidak sesuai membuat mata bor cepat tumpul, bahan terasa keras, lubang yang dihasilkan kurang bagus, cepat panas dan lain-lain. Untuk itu jangan sampai asal dalam mengasah mata bor.

 

Pendinginan

Proses ini terlihat sepele namun merupakan proses yang cukup penting karena pada saat mata bor digunakan dalam waktu yang lama, maka mata bor memerlukan pendinginan agar mata bor tetap terjaga kualitasnya. Tapi perlu Anda tahu bahwa setiap material mempunyai pendinginan yang berbeda, tergantung bahan material itu sendiri.

 

Yah, begitulah cara merawat mata bor mesin CNC agar mata bor tetap berfungsi dengan baik dan terjaga kualitasnya. Bagi kamu yang mempunyai mesin CNC Router, sudah sepatutnya untuk merawat mesin CNC beserta mata bor jika ingin hasil produksi dapat sesuai dengan keinginan.

So, semoga artikel yang mimin bagikan ini bermanfaat untuk Anda ya Sahabat deprintz ^^

Share

Related Post