Jika berbicara tentang mesin DTG, tentu anda tidak akan asing lagi. Mesin ini adalah mesin yang digunakan untuk mencetak kaos dengan berbagai desain yang menarik. DTG merupakan metode sablon dengan direct to garmen yang artinya adalah mencetak secara langsung di atas media kain. Nah, sebelumnya Epson sudah mengeluarkan mesin DTG dalam versi yang lama yakni DTG SC F-2130.

DTG Epson terbaru ini adalah type DTG EPSON SC F-3030 dengan versi yang lebih canggih dibandingkan dengan DTG Epson SC F-2130. Mau lihat perbandingannya? Yuk cek dulu perbandingannya di table berikut ini!

 

 

Nah, jika dilihat dari spesifikasi table di atas, dapat dilihat perbandingan antara mesin SC F-3030 dengan versi lama SC F-2130 sangatlah berbeda. Mulai dari kecepatannya, resolusinya, dan waktu yang digunakan.

Waktu yang dibutuhkan mesin EPSON SC F-3030 hanya 60 detik menggunakan 4 pass ( artinya tiap titik gambar disemprot tinta sebanyak 4 kali sapuan printhead dengan nozzle yg berbeda). Sedangkan pada EPSON SC F2130 membutuhkan 178 detik menggunakan 4 pass. Yang membuat waktu pada kedua mesin ini berbeda adalah jika pada mesin DTG Epson versi F2130 ketika mencetak desain ke media kaos, tinta putih yang terlebih dahulu dicetak baru tinta warnanya. Sedangkan kalau mesin DTG EPSON F3030 ketika desain dicetak pada media kaos, maka semprotan tinta putih dan warna secara bersamaan diproses ke media kaos. Hal inilah yang membuat Epson versi terbaru ini lebih cepat dibandingkan yang versi lama.

Mesin EPSON SC-F3030 merupakan mesin yang ditujukan pada skala pabrikasi di bidang industrial sedangkan mesin EPSON SC-F2130 merupakan home industry sehingga skala lebih kecil. Dengan kecepatan 3 kali lebih cepat tentu mesin EPSON DTG seri terbaru ini merupakan mesin yang sangat dibutuhkan di skala pabrikasi.

 

Mau lihat bagaimana mesin dan fiturnya? Cek videonya berikut ini!

 

Apa saja sih kelebihan mesin EPSON SC-F3030?

Mesin ini merupakan mesin yang menjadi pilihan para pabrikasi untuk memproduksi sablon kaos sekaligus banyak. Nah, mesin ini memiliki beragam kelebihan yang bisa anda lihat, diantaranya adalah sebagai berikut!

 

  1. Memiliki double head dimana dengan ukuran 2,6”. Cocok untuk skala pabrikasi
  2. Memiliki kapasitas tinta 1500 ml (1,5 liter) dimana memiliki 7 slot
  3. Memiliki kecepatan 3 x lebih cepat dibandingkan seri sebelumnya
  4. Tinta pada head dapat dilepas pasang. (namun, syaratnya harus rajin dikuras)
  5. Ada fitur NVT (Nozzle Verification technology) detect dimana sebagai notifikasi printhead buntu
  6. Memiliki warna hitam lebih pekat yakni BK. Sedangkan kalau seri lama hitamnya hanya K dimana kalah pekat jika dibandingkan BK
  7. Masa hidupnya printhead sangat lama yakni selama 3 tahun
  8. Head pada mesin bisa naik turun dengan jarak 2,9 mm. Namun, dengan jarak yang cukup tinggi ini tidak mempengaruhi hasil semprotan tinta, tetap sama bagusnya dengan seri lama yang memiliki jarak 1,5 mm.
  9. Bisa diaplikasikan di bahan cotton dan juga polyester
  10. Hemat waktu dikarenakan ada hanger plate sehingga mempercepat saat memasang bahan.

 

Nah, dengan kualifikasi seperti di atas inilah yang membuat mesin ini cocok untuk skala produksi dengan hasil yang sangat memuasakan. Dengan mesin ini, anda mampu mencetak di berbagai bahan kaos seperti kaos katun, kaos polo atau polyester di berbagai warna apapun. Cocok banget untuk usaha anda ke depan. Jika ada pertanyaan prihal mesin, anda bisa hubungi deprintz atau komentar di bawah ya. Terimakasih!

Related Post