Jika kemarin saya sudah membahas mengenai media iklan yang bergengsi, nah ternyata ada media iklan lain yang saat ini dikhususkan untuk outdoor. Iklan merupakan hal yang penting sekali dilakukan oleh banyak kalangan pebisnis dalam menunjang usahanya. Dengan iklan, konsumen dapat memahami produk yang anda jual.

Media iklan seperti televisi, website dan lain-lain adalah media iklan yang sudah anda kenali sejak lama. Namun, ternyata ada media iklan yang digunakan untuk luar ruangan dimana itu menggunakan media dengan ukuran yang besar. Biasanya iklan dengan media berukuran besar bisa anda jumpai di jalanan ataupun pinggir kota. Tujuannya adalah untuk menyebarluaskan informasi produk anda ke masyarakat karna jalan dan pinggir kota termasuk tempat yang sering dilalui oleh masyarakat.

Oleh sebab itu, untuk beriklan di jalanan atau pinggir kota maka iklan outdoor adalah suatu hal yang tepat. Iklan outdoor dapat dibagi beberapa jenis, salah satunya adalah iklan reklame. Namun, pada reklame terbagi lagi menjadi 7 jenis iklan outdoor yang wajib anda tau. Apa saja jenis-jenis reklamenya? Simak penjabarannya berikut ini!

 

  1. Billboard

Billboard biasanya terbuat dari kayu, logam, kain aau fiberglass. Biasanya billboard dipasang untuk kurun waktu yang cukup lama, bisa dikatakan billboard bersifat secara permanent. Pemasangan billboard yang paling tepat adalah di sisi persimpangan jalan.

Billboard dapat dipasang di papan yang tersedia, namun dapat juga diletakkan menempel pada bangunan konstuksi tetap. Ukuran billboard terbilang cukup besar sehingga dapat dilihat oleh banyak orang. Iklan yang ditampilkan biasanya berisi tentang gambar yang di desain disertai dengan kata-kata yang sebagai penunjang iklannya, bisa dikatakan seperti slogan.

 

  1. Baliho

Baliho hampir sama dengan billboard, namun perbedaannya terletak pada sifatnya yakni tidak permanent. Ketika sesorang sudah selesai mempromosikan produknya di jalanan, biasanya baliho dicopot dan space iklannya ditawarkan untuk orang lain. Baliho fungsinya sama yakni untuk mempromosikan produk yang anda jual agar oranglain dapat melihat. Namun, baliho kurang efektif karena sewaktu-waktu iklan akan dicopot, dibandingkan dengan billboard yang bersifat permanent.

 

  1. Mobil digital billboard

Media iklan outdoor yang satu ini terbilang cukup unik, karena billboard yang biasanya dipasang di jalanan namun hal ini dipakai pada mobil atau truck pada sisi samping permukaannya. Cara ini sangat menarik perhatian bagi masyarakat yang melihatnya, karena ketika mobil bergerak maka iklan pun terlihat secara gamblang. Perhatian masyarakat pun tercuri oleh media iklan outdoor yang satu ini, namun sayangnya iklan begin jarang dilakukan karena terbilang cukup mahal.

 

  1. Videotron

Konsep pada videotron adalah menampilkan animasi bergerak atau video untuk disebarluaskan. Dalam videotron, media yang digunakan adalah menggunakan LED. LED merupakan jenis pencahayaan menggunakan semikonduktor untuk mengubah energy listrik menjadi energy cahaya.

Dalam satu videotron, anda dapat mengiklankan lebih dari satu video. Sehingga, videotron sangat efektif untuk anda yang ingin beriklan secara bergantian setiap produk yang anda jual. Videotron akan tahan lama karena iklanyang ditampilkan dalam bentuk video dari computer sehingga tidak akan rusak terkena cahaya matahari ataupun hujan.

 

  1. Megatron

Konsep megatron sama halnya dengan videotron, yakni sebagai media promosi menggunakan animasi bergerak. Megatron termasuk inovasi baru pengembangan billboard. Dengan keadaan ini, megatron unggul dalam proses iklan karena lebih modern dan terkesan lebih apik. Karena bentuk iklan yang ditampilkan lebih sedap dipandang, iklan menggunakan megatron menjadi salah satu cara untuk menggaet konsumen dalam proses pengiklanan.

  1. Pylon Sign

Pylon sign merupakan papan yang terbuat dari papan Cutting sticker, Alocopan, serta acrylic letter yang dipasang secara vertical. Pylon sign ini menampilkan informasi mengenai promosi sekaligus tulisan sebagai petunjuk ataupun penanda. Papan Alocopan yang terdapat pada pylon sign membuat papan iklannya menjadi lebih awet dan tahan lama karena Alicopan merupakan bahan yang tahan panas dan tahan air sehinga tidak mudah rusak.

 

  1. Neon Box

Neon box merupakan papan iklan yang berasal dari bahan Acrylic dan Colibrite. Neon box tidak hanya dapat dilihat pada isang hari, namun saat malam haripun dapat terlihat karena adanya lampu didalamnya. Pada bagian samping neon box memiliki ketebalan yang berbeda dari bidang boxnya. Perbedaan pada bagian ini bertujuan untuk menyesuaikan pencahayaan yang pas dalam neon box.

Image neon box yang sering terlihat menyala pada bagian depannya itu disebut becklite. Sementara itu pada bagian sisi depannya dinamai dengan sebutan Flexi Becklite yang terbuat dari bahan vinyl. Neon box memiliki kelebihan yakni akan selalu tampak eksklusif walau di hari yang gelap, tulisan tetap akan terbaca karena ada lampu yang meneranginya. Kelemahan neon box adalah memerlukan daya listrik yang tinggi sehingga membutuhkan biaya yang cukup menguras kantong anda.

 

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa media iklan outdoor sangatlah beragam. Ada yang berbentuk video, tulisan bergerak atau animasi, sekedar gambar atau tulisan saja dan lain-lain. Semua media iklan outdoor itu dikemas dengan memiliki berbagai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. So, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan anda untuk beriklan di luar ruangan.

Nah, semoga dengan penjelasan diatas anda dapat memilih berbagai media iklan outdoor yang cocok dan sesuai dengan yang anda butuhkan!

Share

Related Post