Pada umumnya, printer sublime dan mesin DTG sama-sama memiliki fungsi yang sama, yakni sebagai mesin mencetak pada kain. Hanya saja printer sublime harus beberapa tahap sebelum tertempel pada kaos, sedangkan mesin DTG langsung cetak pada bidang kaos. Media yang digunakan sama, yakni kain. Hanya saja, printer sublime lebih bisa diaplikasikan di banyak bahan dibandingkan mesin DTG. Mesin DTG hanya bisa diaplikan ke dalam kain kaos karena terkendala dengan ukuran bidang cetak yang kecil.

Kualitas dari kedua mesin ini sama-sama bagus, bedanya pada jenis tinta yang digunakan. Setiap tinta yang digunakan memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri, lantas apa sih bedanya tinta yang digunakan pada printer sublime dan mesin DTG? Langsung cek penjelasannya dibawah ini!

 

Tinta Sublime

Tinta sublime biasanya memiliki 2 jenis tinta, sublime China dan Korea. Perbedaan tinta sublime China dan Korea adalah saat pengepresan, yakni jika pada tinta sublime China kualitas berpindahnya hanya 60 – 70 %, sedangkan tinta sublime Korea kualitas berpindahnya mencapai 80 – 90 %. Selain itu, tinta sublime Korea sangat bagus untuk diaplikasikan pada media mug, dengan hasil yang lebih tajam dan cerah dibandingkan dengan tinta sublime China. Kelebihan tinta sublime pada umumnya adalah sebagai berikut :

  • Sablon yang sudah dihasilkan bisa langsung anda setrika tanpa harus menunggu beberapa waktu
  • Bisa digunakan untuk mencetak di mug, logam plat, keramik dan lain-lain.
  • Lebih ekonomis dan efisien jika digunakan untuk produksi besar karena hasilnya lebih tajam dan cerah.

 

Tinta DTG

Tinta DTG atau tinta textile adalah tinta yang biasa digunakan pada mesin DTG. Mesin DTG biasa digunakan untuk sablon kaos dikarenakan lebih efisien tanpa harus menggunakan perantara kertas terlebih dahulu. Tinta DTG dikenal sebagai tinta yang bisa menyerap pada bahan kaos dan kain, terutama pada bahan garment seperti baju, kaos, jaket, polyester, handuk, kain TC, satin dan sebagainya dengan ukuran area kerja mesin DTG yang cukup terbatas.

Bagusnya tinta DTG adalah telah lolos uji pencetakan pada media kaos dengan dicuci lebih dari 100 kali baik dengan tangan atau mesin cuci, yang terbukti warna pada kaos tetap cerah, tajam, halus, dan tidak luntur. Adapun keunggulan dari tinta DTG adalah sebagai berikut :

  • Tinta DTG berkualitas impor dan dapat digunakan di berbagai jenis mesin DTG
  • Didesain secara khusus untuk printer DTG, sangat ramah pada printheadnya.
  • Dapat mencetak pada semua jenis kain garment
  • Dapat menyerap di serat kain secara sempurna

 

Begitulah penjelasan dari tinta sublime dan DTG secara umum. Dua-duanya memiliki tinta yang cukup bagus jika dilakukan sesuai dengan prosedur, bedanya hanya pada pengaplikasiannya. Jika anda ingin membuka usaha kaos dengan sablon bisa menggunakan mesin DTG saja, namun jika untuk media dan area kerja yang lebih luas bisa anda gunakan mesin sublime sebagai solusi yang tepat. Semoga penjelasan singkat diatas dapat bermanfaat untuk anda sahabat!

Share

Related Post