Banyak sekali yang masih bingung apa itu Perbedaan Mesin Laser Cutting Engraving dengan Mesin CNC Router. Kenapa ? Karena ada beberapa kesamaan tentang kedua mesin ini, tetapi ada beberapa Hal yang menjadi Keunikan dan Kelebihan dari masing masing Mesin. Widih, kembar tapi berbeda ๐Ÿ˜€

Karena sahabat deprintz banyak yang tanya, emang apa sih bedanya mesin laser cutting engraving dengan mesin CNC min? Well, Kita mulai aja yuk dengan Pembahasan di Mesin Laser Cutting Engraving terlebih dahulu.

 

Penjelasan Singkat tentangย Mesin Laser Cutting Engraving :

  1. Mesin yang memiliki 3 Fungsi Utama, yaitu untuk Memotong (Cutting), Meng Grafir (Engraving) dan Memberi Marka (Marking). Dalam Pengerjaan Cutting – Engraving – Marking, Mesin ini menggunakan Sinar LASER sebagai Alat untuk Cutting – Engraving – Marking. Sinar Laser dihasilkan dari Tabung Gas CO2, sinarnya dipantulkan dengan Lensa Pantul dan Lensa Fokus, yang pergerakannya diatur secara Otomatis sesuai dengan Program Setting nya.
  2. Mesin Laser Cutting menggunakan Tabung Gas CO2 , yang Gas CO2 nya bisa habis , ibarat Printer yang Tinta nya bisa habis. Apabila Gas CO2 nya sudah habis, maka Customer DEPRINTZ bisa menghubungi kami untuk membeli Tabung Gas CO2 nya yang Baru dengan Harga yang sangat Terjangkau.
  3. Mesin Laser Cutting ini memiliki pergerakan 2 Axis ( Maju – Mundur, Kiri-Kanan), sehingga lebih bermanfaat untuk Proses Pengerjaan Cutting dan Marking. Sedangkan untuk Grafir, Mesin ini hanya bisa melakukan Grafir 2 Dimensi, tidak bisa melakukan Grafir 3 Dimensi, karena Grafir 3 Dimensi ( Grafir dengan ketinggian yang Variatif, bisa membuat Relief, Surface, Wajah 3D, dll.) dibutuhkan Mesin dengan Pergerakan 3 Axis Motor ( Maju-Mundur,Kiri-Kanan,Naik-Turun). Grafir 2 Dimensi seperti membuat Tulisan, Angka, Gambar Foto, Wajah, Panorama yang 2 Dimensi.
  4. Karena Mesin ini menggunakan Sinar Laser yang sangat kecil (Diameter Sinar 0.025mm) , Mesin ini bisa memotong Media dengan sangat Halus dan Detail, hasil Potongan di bagian Ujung bisa Tajam ( Tidak Round seperti Hasil Cutting Mesin CNC Router). Begitu juga dengan Kemampuan Marking Engraving nya, mampu menghasilkan Detail Grafir yang sangat halus dan tipis.
  5. Sistem Coolant (Pendingin) Mesin ini terletak di Komponen Chiller, yang berfungsi mengalirkan Air Pendingin untuk sirkulasi daerah Tabung Gas CO2. ( Baca :ย Tips Perawatan Mesin Laser Cutting )

Hasil Mesin Laser cutting yang dibuat Deprintz

Kami berikan beberapa contoh Pengerjaan pada Material yang bisa digunakan Mesin Laser Cutting Engraving.

  • Acrylic : Cutting dan Engraving
  • Kayu : Cutting dan Engraving
  • Kaca : Engraving saja
  • Kulit : Cutting dan Engraving
  • Kain : Cutting dan Engraving
  • Keramik : Engraving saja
  • Screen Guard : Cutting Saja
  • Karet Stempel : Cutting dan Engraving
  • MDF : Cutting dan Engraving
  • Kertas dan Karton : Cutting dan Engraving
  • dan masih banyak contoh lainnya

 

Hasil Mesin Laser Cutting untuk Gravir Foto

Jenis Usaha yang membutuhkan Mesin Laser Cutting Engraving :

  1. Advertising : Pembuatan Letter Timbul Akrilik, Acrylic Display, Pembuatan Stempel, Pembuatan Acrylic Sound System, Kartu Penitipan Acrylic, dll.
  2. Mebel / Interior / Furniture : Pembuatan Panel Panel dari Kayu, Triplek, MDF untuk Dekorasi, Mebel, Interior dan Eksterior sesuai dengan Kreatifitas.
  3. Pabrik Tas / Sepatu : Membuat Pola Cutting untu Sepatu, Tas
  4. Garment / Konveksi : Membuat Pola Cutting untuk Model Baju / Pakaian.
  5. Bengkel Workshop : Jasa Cutting dan Grafir untuk berbagai Material
  6. Industri / UKM : Grafir Kaca, Grafir Keramik (Nisan), Jasa Cutting dan Grafir, Pembuatan Undangan Kreatif, dll

 

Sekarang Mari Kita Bahas tentang Mesin CNC Router, berikut penjelasan singkat dan Point Point Penting Kegunaan Mesin CNC Router ini :

  1. Mesin CNC Router juga sebenarnya memiliki 3 Fungsi yang sama, yaitu untuk Memotong (Cutting), Meng Grafir (Engraving) dan Memberi Marka (Marking). Bedanya, Dalam Pengerjaan Cutting – Engraving – Marking, Mesin CNC Router menggunakan Mata Bor yang dipasang di Kepala Motor Spindle yang bisa bergerak secara Otomatis, sebagai Alat untuk Cutting – Engraving – Marking. Mata Bor bisa diganti sesuai dengan Kebutuhan, dengan berbagai Macam Jenis Mata Bor yang ada di Pasaran.
  2. Mesin CNC Router menggunakan Mata Bor, yang suatu saat bisa Aus (Tumpul) atau bahkan Patah apabila digunakan melebihi Penggunaan Wajar. Bila Mata Bor sudah Aus, Mata Bor ini bisa diasah kembali sehingga menjadi Tajam kembali. Dalam pengerjaan Material yang berbeda, Penggunaan Mata Bor juga harus disesuaikan juga. Misal, untuk memotong media Kayu, menggunakan Mata Bor Khusus untuk Cutting Kayu, untuk meng Grafir (Engraving) juga tersedia Mata Bor yang berbeda juga. Secara Kualitas Mata Bor juga terdapat beberapa macam Tingkat kekerasan, mulai dari Jenis HSS, Carbeid, dll. Untuk Pengerjaan Material yang berbeda, tentu saja menggunakan Mata Bor yang berbeda juga. Jangan Khawatir, Customer setelah membeli Mesin di DEPRINTZ, akan mendapatkan Training yang lengkap untuk Perawatan dan Penggunaan Mesin, termasuk Penggunaan Mata Bor Mesin supaya bisa melakukan Pengerjaan dengan Cepat, Efektif dan Efisien.
  3. Beda dengan Mesin Laser yang hanya menggunakan 2 axis Motor Pergerakan, Mesin CNC Router ini memiliki pergerakan 3 Axis ( Maju – Mundur, Kiri-Kanan, Naik-Turun), sehingga menjadi KEUNGGULAN dibanding Mesin Laser Cutting. Dengan Pergerakan Motor 3 Axis, Mesin CNC Router mampu meng Grafir secara 3 Dimensi, dimana Mata Pisau Bor bisa bergerak Maju Mundur, Kiri Kanan, Naik Turun dengan Lincah seperti Ibarat Tukang Pahat Profesional. Hasil Ukiran Mesin CNC Router ini sangat Presisi, dengan tingkat kedalaman pahat yang bisa diatur sesuai dengan Gambar Kerja.
  4. Karena Tehnik Pemotongan Mesin CNC Router menggunakan Mata Bor, maka ini menjadi KEKURANGAN Mesin CNC Router, dimana Hasil Cutting nya menghasilkan Sudut Potong yang ada Round (Lekuk) mengikuti Diameter Mata Bor yang digunakan. Sehingga Hasil Potong menjadi Tidak Bisa Tajam apabila Mesin CNC Router ini digunakan memotong dari Dalam.

Hasil Mesin Gravir dilansir dari Twitter @ChinaCNCRouter

Contoh Pengerjaan pada Material yang bisa digunakan Mesin CNC Router :

  • Acrylic : Cutting dan Engraving
  • Kayu : Cutting dan Engraving
  • Keramik : Engraving saja
  • MDF : Cutting dan Engraving
  • Aluminium Composite Panel (ACP / Alucobond) : Cutting saja
  • Aluminium Casting : Cutting dan Engraving
  • Kuningan, Tembaga : Cutting dan Engraving
  • Galvalum / Galvanize : Cutting saja
  • Stainless Steel : Cutting saja
  • dan masih banyak lainnya.

Hasil Kaligarafi diambil dari Twitter @Lab.Inovasi

Jenis Usaha yang membutuhkan Mesin CNC Router :

  1. Advertising : Pembuatan Signage, Panel ACP Alucobond, Media Promosi dan Informasi, dll.
  2. Mebel / Interior / Furniture : Pembuatan Ukir ukiran Mebel, Panel Kayu, Triplek, MDF untuk Dekorasi, Mebel, Interior dan Eksterior sesuai dengan Kreatifitas.
  3. Pabrik Manufacturing : Membuat Matras Molding (Die Casting), Sparepart, Peralatan Mesin, Labelling, dll.
  4. Bengkel Workshop : Jasa Cutting dan Grafir untuk berbagai Material
  5. Industri / UKM : Grafir , Grafir Keramik (Nisan), Jasa Cutting dan Grafir, Pembuatan Souvenir Merchandise, Usaha Kreatif lainnya, dll

 

Begitulah perbedaan dari mesin laser cutting engraving dan mesin CNC Router yaaaa… Jadi kamu gaperlu bingung lagi, karna kedua mesin diatas hanya mirip namun tidaklah sama xixixi, kalo kamu masih bingung jangan lupa pegangan ajaaa (pegangan sama siapa sih mimin) -_-

okelah, semoga dengan penjelasan diatas membuat sahabat deprintz lebih paham ya mengenai perbedaan kedua mesin ๐Ÿ˜€

Share

Related Post