Di tahun 2021, teknologi laser cutting dan CNC terus mengalami perkembangan dan memberikan terobosan baru. Teknologi inilah yang kemudian menggeser trend dari pemrosesan tradisional ke pemrosesan modern.

Umumnya kedua mesin ini digunakan dalam melakukan proses pemotongan suatu benda. Namun, perlu Printzie ketahui bahwa di antara kedua mesin ini turut memiliki ciri khasnya masing-masing mulai dari fungsi, spesifikasi, hingga hasil yang diciptakan.

Bila kamu berencana membuka jasa untuk memotong maka terlebih dahulu perlu mengetahui perbedaan dari kedua mesin ini, sehingga nantinya kamu bisa lebih mantap dalam memilih jasa yang menggunakan mesin laser cutting atau CNC sesuai dengan kebutuhan usahamu tersebut.

Yuk, simak perbedaannya berikut ini!

Perbedaan Trend & Market Mesin Laser Cutting & CNC

Di masa depan, trend teknologi pada pemotongan baik mesin CNC dan laser cutting akan semakin beragam mulai dari pemilihan generatornya, jenis tipe dari power supply, energi yang dikeluarkan akan semakin stabil, dan strukturnya akan memiliki karakteristik tertentu yang mana untuk karakteristik ini akan mimin bahas di bagian spesifikasi.

Biar ngga lama-lama, langsung kita bahas saja trend dan market dari masing-masing mesin yuk!

1. Trend Mesin Laser Cutting 2021

Dilansir dari laman John Hart, daya laser dari mesin laser cutting terus berkembang dari tahun ke tahun. Pada tahun 2015, mesin laser cutting dengan daya 4kW adalah hal biasa, menjelang pertengahan 2019 hingga saat ini trend bergeser ke daya laser 6kW dan lebih tinggi.

Iya.. Beneran… 4kW bahkan 6kW itu sudah biasa Printzie di luar negeri, bagaimana dengan negara kita sendiri?

Perlu Printzie ketahui bahwa di Indonesia maksimal daya laser yang paling banyak dipakai rata-rata masih berkisar 1kW hingga 1,5kW. Hal ini juga berdasarkan maksimal ketebalan bahan yang sering digunakan yakni kurang dari 8mm dengan proses potongnya 100m/menit.

Mesin dengan daya laser maksimal 1kW dan 1,5kW ini juga didukung dengan masih banyaknya spare part dan support service yang dapat kamu temui di Deprintz sehingga, Printzie tidak perlu khawatir jika ingin menggunakan mesin dengan daya laser tersebut.

Sedangkan untuk daya laser 4kW hingga ke atas biasa digunakan di industri skala besar dan sejauh riset kecil yang mimin cari untuk mesin laser dengan daya tersebut, itu juga masih perlu mengimpor dari luar.

Balik lagi pada penjelasan sebelumnya, jadi semakin tinggi daya lasernya hasil dan kinerja yang ditawarkan juga lebih baik mulai dari rentang pemotongan yang lebih tebal hingga proses potong yang lebih cepat.

Nah selain daya laser, desain mulut pipa/nozzle yang berbeda juga berpengaruh dalam meningkatkan kecepatan potong dan mengurangi konsumsi gas yang berlebih.

2. Trend Mesin CNC 2021

Masuk ke trend pada mesin CNC, dengan luasnya penggunaan mesin ini dalam beragam industri manufaktur, mesin CNC yang memiliki kecepatan tinggi akan menjadi salah satu trend yang penting.

Apa saja kecepatan yang dimaksud?

Dilansir dari Style CNC, kecepatan ini termasuk kecepatan sistem kontrol, integrasi yang baik pada peralatan mesinnya, hingga perlengkapan dan teknologi pemrograman dari mesin CNC itu sendiri. Nah, kecepatan tinggi ini diharapkan mampu meningkatkan efisiensi kerja.

Pasti penasaran kan bagaimana trend teknologi pemrograman CNC yang akan berkembang?

Di tahun 2021, diharapkan pengembangan peralatan mesin CNC ini bisa sesegera mungkin beralih dari CAD 2D ke CAD 3D.

Nah dengan desain tiga dimensi ini harapannya dapat terintergrasi melalui CAD / CAM / CAE / PDM sehingga lebih membantu dan memastikan kelancaran dalam proses produksi.

Kenapa harus tahu trend mesin

3. Market Mesin Laser Cutting dan CNC 2021

Beralih ke market, untuk kedua mesin ini market yang disasar masih unggul di industri furniture interior-eksterior, auto parts, elektronik, periklanan/advertising, manufaktur, arsitektur bangunan, dan sejenisnya. Hal ini memang didukung dengan hasil yang diciptakan dari kedua mesin yang memang memiliki kesan mewah dan elegan, hasil potong presisi, serta kemampuan mesin yang memang cocok untuk menghasilkan produk dengan ukuran yang lebih besar.

 

Perbedaan Fungsi Utama dan Spesifikasi Mesin Laser Cutting dan CNC

Laser cutting pada dasarnya memiliki 3 fungsi utama yakni memotong/cutting, menggrafir/engraving, dan memberi marka/marking. Fungsi tersebut dapat diterapkan dalam sebuah objek. Apa saja objek tersebut? Baca sampai habis yaa..

Lanjut untuk 3 fungsi tadi, banyak pengguna yang mengharapkan satu mesin bisa mengerjakan 3 fungsi tadi. Tapi perlu kamu ketahui jika semua itu bergantung pada mesin yang nantinya akan kamu gunakan.

Beruntungnya, saat ini sudah banyak mesin laser yang dapat mengerjakan lebih dari satu fungsi loh Printzie, seperti pada mesin laser cutting metal non metal ATLAS TLM 1325M.

Mesin satu ini cocok digunakan untuk cutting dan engraving karena memiliki kecepatan grafir dan potong sebesar 20m/menit. Karena dapat mengerjakan material dengan bahan metal serta non metal inilah area kerjanya pun bisa mencapai 125cm x 250cm.

hasil mesin laser cutting atlas tlm 1325

Perlu Printzie ketahui juga jika semua pengerjaan dengan mesin laser cutting itu menggunakan tembakan sinar laser dengan 2 axis, maksudnya sinar yang bisa melakukan pemotongan atau membentuk suatu objek ini dapat digerakkan maju-mundur maupun ke samping kanan-kiri sehingga menciptakan bentuk 2 dimensi.

Jika kamu mengharapkan pengerjaan dengan hasil 3 dimensi maka kamu membutuhkan mesin dengan pergerakan laser 3 axis.

Sedangkan mesin CNC memiliki fungsi yang hampir sama dengan laser cutting namun dalam pengerjaannya menggunakan spindel/mata router. Nah mata router ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan baik untuk memotong, menggrafir, atau memberi marka maka dari itu jangan kaget kalau mesin CNC hampir memiliki 9 jenis mata router.

Ngga kebayangkan banyaknya? Kira-kira apa saja ya? Kamu bisa baca selengkapnya di artikel berikut ini Macam-Macam Mata  Router Mesin CNC

Tapi.. Kabar baiknya ada kok mesin CNC yang otomatis bisa mengerjakan cutting dan engraving tanpa harus kamu ganti dulu mata  routernya, yakni mesin CNC Router ATLAS TLD6 1325 ATC.

Mesin dengan kekuatan mata  router hingga 7,5kW ini memiliki area kerja 130cm x 250cm serta mampu mengukir desain hingga 3 dimensi!

hasil mesin cnc router atlas tld6 1325 atc

Sudah semakin faham kan perbedaan dari kedua mesin ini?

 

Perbedaan Hasil Yang Diciptakan Mesin Laser Cutting dan CNC

Menyambung dari fungsi dan spesifikasi sebelumnya, untuk laser cutting karena dalam prosesnya menggunakan sinar laser tentu hasil yang diciptakan lebih tajam di bagian ujung. Selain itu hasil pemotongannya juga lebih halus, tipis, namun detail.

Berbeda dengan mesin CNC karena dalam prosesnya menggunakan mata router, maka hasil yang diciptakan memiliki sudut potong yang lebih lekuk mengikuti diameter dari mata router yang digunakan.

Sedangkan untuk objek yang dikerjakan oleh kedua mesin ini beragam. Mulai dari metal seperti stainless steel, baja per/spring steel, baja karbon/mild steel, aluminium hingga non metal seperti kardus, akrilik, MDF, plywood.

 

Jadi, apakah kamu sudah memahami perbedaan kedua mesin ini? Sudah siap memulai usaha kreatif sendiri? Selamat mencoba dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya! 😁

Share Artikel Ini