Ketika anda ingin mncetak kaos menggunakan printer DTG sebagai usaha anda, anda harus mengetahui langkah pembuatannya. Seringkali, ketika mencetak kaos menggunakan printer DTG mengalami kendala itu dikarenakan menggunakan langkah yang kurang tepat. Oleh sebab itu, pengetahuan cara atau lagkah untuk mencetak kaos menggunakan printer DTG. Secara garis besar, deprintz memberikan 4 langkah jitu mencetak kaos dengan langkah-langkah sebagai berikut!

 

  1. Mmpersiapkan Kaos

Persiapkan kaos yang ingin anda cetak dengan cara melakukan pra perawatan terlebih dahulu. Pra perawatan yang dilakukan adalah dengan menambahkan primer pada kaos atau kain yang berfungsi untuk membantu melekatkan warna agar lebih baik hasilnya. Seperti kain kanvas dan denim, warna sulit melekat jika tidak dibantu dengan memberikan primer terlebih dahulu.

Biasanya, primer ini disemprotkan secara manual atau bisa menggunakan mesin. Untuk pengerjaan dalam jumlah banyak, lebih baik gunakan mesin untuk membantu mempermudah. Namun, jika bisa dilakukan manual anda tinggal menyemprotkan secara merata dengan gerakan maju mundur secara teratur.

 

  1. Membuat Desain

Kualitas desain atau gambar yang anda lakukan sangat berampak pada hasil cetaknya. Penting kiranya untuk anda perhatikan desain dan gambar dengan kualitas yang baik, biasanya menggunakan software yang mumpuni untuk mendapatkan hasil desain dengan kualitas dan resolusi yang tinggi.  Cara yang bisa anda lakukan adalah melakukan percobaan dengan mencetak gambarnya menggunakan kertas terlebih dahulu. Jika hasil cetak gambar menggunakan kertas bagus, otomatis cetak di kaos pun bagus.

 

  1. Waktunya mencetak

Untuk mencetak menggunakan printer DTG ini, anda membutuhkan software RIP (Raster Image Processor). Software ini mrupakan utilitas untuk menterjemahkan gambar yang anda masukkan sesuai dengan jenis gambar yang printer DTG bisa. Beberapa printer DTG ada yang sudah memiliki software bawaan dari saat anda membeli mesinnya. Software ini berguna untuk mengontrol dan menghasilkan tinta warna putih pada pakaian gelap, pencocokan warna, perhitungan biaya tinta sampai dengan penempatan gambarnya.  Sehingga software RIP sangat berfungsi bagi anda yang ingin mencetak menggunakan printer DTG dengan banyak warna.

  1. Menyelesaikan cetak

Langkah yang terakhir adalah pengeringan tinta yang sudah melekat pada kain setelah cetak. Biasanya, untuk pengeringan membutuhkan waktu 2 hingga 3 menit dengan suhu 160 derajat celcius. Fungsi dari mengeringkan tinta ini adalah untuk memastikan daya cuci maksimum yang harus anda perhatikan.  Untuk melakukan langkah terakhir ini, anda harus menyesuaikan dengan jenis kain yang anda cetak. Alat yang anda butuhkan adalah lembar curing seperti Teflon, dukungan border, perkamen dan lain sebagainya.

 

Nah, itulah 4 langkah mencetak kaos menggunakan printer DTG yang harus anda pahami sebelum memulai suatu bisnis sablon digital. Ketika anda mengetahui cara penggunaannya dengan benar, maka anda  akan dengan mudah melakukan usaha atau bisnis sablon kaos digital. sehingga, usaha anda akan brkembang dengan pesat dan cepat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda sahabat!

Share

Related Post