Sablon saat ini sudah sangat banyak digunakan dalam dunia printing. Bedanya dengan dulu, sablon saat ini tidak manual, melainkan menggunakan teknik digital. Kerennya lagi, kali ini untuk menyablon tak perlu menggunakan screen karena memakan waktu yang cukup lama dalam pembuatannya. Cukup dengan memilih gambar pada komputer, setelah itu dicetak menggunakan printer bertinta sublime.

Tinta sublime adalah tinta khusus untuk sablon kain dan kaos. Sayangnya, tinta sublime baru bisa digunakan pada printer Epson, karena dianggap lebih tajam hasilnya dibandingkan dengan printer yang lain. Jenis tinta sublime yang sering digunakan untuk usaha sablon yakni ada dua, tinta sublime China dan Korea.

Perbedaan dari kedua tinta sublime ini dilihat dari kualitas tinta yang terpindah saat waktu pengepresan dan jika diakumulasikan dalam persen, tinta sublime China hanya dapat terpindah 60-70% sedangkan tinta sublime Korea dapat terpindah berkisar 80-90 %.  Maka dari itu, jika untuk sublime mug, tinta sublime Korea memiliki hasil yang lebih tajam dan cerah.

Tinta sublime harus digunakan pada bahan kertas transfer. Kertas inilah yang digunakan sebagai perantara pemindahan hasil cetak sablon. Jenis kertas transfer dapat dibedakan dari jenis, ukuran,  harga dan warna kaosnya. Berikut yang merupakan kertas transfer untuk tinta sublime sesuai dengan warna kaos.

 

 

  1. Kertas transfer untuk kaos terang

Kaos terang yang dimaksud adalah kaos berwarna putih, biru muda, pink muda atau warna pastel lainnya. Biasanya, kertas transfer untuk kaos yang terang menggunakan warna dasar transparan. Bahan kaos yang dapat digunakan untuk kertas transfer adalah 100% cotton, 50/50 poly-cotton, nylon, lycra dan kanvas.

 

  1. Kertas transfer untuk kaos gelap

Kaos gelap yang dimaksud yaitu kaos dengan warna hitam, biru, merah dan warna-warna gelap lainnya. Berbeda dengan kertas transfer kaos terang, kertas transfer jenis ini biasanya memiliki bahan dasar berwarna putih. Tetapi, untuk jenis kaos yang dapat digunakan sama seperti kaos berwarna terang yakni 100% cotton, 50/50 poly-cotton, nylon, lycra dan kanvas.

 

 

Begitulah perbedaan kertas transfer yang digunakan sesuai dengan warna kaos. Untuk ukuran, kertas transfer paper memiliki 2 ukuran yakni ukuran A3 dan A4 dengan ukuran 21 x 30 cm untuk A4 dan ukuran 30 x 42 cm untuk A3. Tentu harga untuk kertas transfer A3 akan lebih mahal dibandingkan dengan kertas transfer ukuran A4.

Dan di bulan Ramadhan kali ini, Sahabat Deprintz bisa mengejar bonus kertas transfer selama periode 01 Mei sampai 31 Mei 2019. Selain kejar bulan yang penuh berkah ini, jangan lupa kejar bonus dan diskon dari Deprintz. Mau tau promonya, yuk langsung hubungi kami aja.

Info detail promo >> http://bit.ly/DPwaBahan

Share

Related Post