Sablon plastisol merupakan jenis teknik sablon yang bagus untuk digunakan dalam mencetak desain kaos. Teknik sablon memang beragam, namun anda harus bisa memilih teknik sablon apa yang cocok untuk digunakan, salah satunya teknik plastisol. Mulai dari pengertian sablon plastisol sampai dengan kelebihan dan kekurangannya akan dibahas di artikel ini. Oleh karena itu, sebaiknya anda simak seluruh informasi soal sablon plastisol ini, sehingga anda akan mengerti dan tidak ragu dalam memilih teknik ini untuk dicetak di desain kaos.

Kata nama plastisol diambil dari nama tinta yang digunakan yakni tinta plastisol. Tinta ini merupakan tinta yang unik degan kualitas yang sangat baik yakni kuat dan tidak mudah kering. Sablon kaos dengan desain yang rapat dan kecil-kecil sangat cocok digunakan dengan tinta ini dibandingkan dengan tinta lainnya.

Tinta plastisol terbuat dari bahan minyak. Apabila digunakan untuk sablon kaos, maka tinta ini lebih mudah diperbaiki jika ada kesalahan dikarenakan tinta yang lebh lama kering dan terserap sangat sempurna ke dalam kaos yang akan disablon.

 

Karakteristik dan ciri hasil sablon plastisol

Yang menjadi pembeda sablon plastisol dibandingkan sablon lainnya adalah dari ciri dan karakteristik hasil sablonnya. Sejauh ini sablon plastisol merupakan sablon yang direkomendasikan oleh banyak orang. Dengan begitu, tentu sablon plastisol memiliki keunggulan dibandingkan sablon lain bukan? Nah, adapun ciri dan karakteristik sablon plastisol adalah sebagai berikut!

    • Hasil sablon yang tahan lama dan awet
    • Warna soft dan tidak mencolok
    • Permukaan kaosnya sangat lembut
    • Aman dicuci dengan sering dan dikeringkan dengan mesin pengering

 

Dengan karakteristik dan ciri seperti diatas, anda sudah memiliki bayangan mengenai sablon plastisol. Berikut kelebihan dan kekurangan sablon plastisol yang harus anda ketahui.

 

Sumber : kaosjaketjogja.com

 

Kelebihan

    • Kualitas warna sablon yang sangat bagus karena menghasilkan warna yang cerah dan tidak kusam.
    • Hasil sablonnya kuat, yakni tidak mudah lepas dan awet menempel sangat erat di bahan kaosnya.
    • Masuk dalam kualifikasi sablon yang berstandar di era teknologi saat ini.

 

Kekurangan

    • Haga sablon yang mahal karena berasal dari tinta yang memiliki kandungan sintesis dari minyak yang langka
    • Hasil sablonnya tidak boleh disetrika, karena akan mudah rusak dan hilang dengan cepat.
    • Penggunaan sablon ini sangat eksklusif, sehingga jarang ditemukan di penjual konveksi.

 

Nah, itulah penjelasan mengenai sablon plastisol, mulai dari ciri dan karakteristik hasilnya sampai dengan kelebihan dan kekurangannya. Dengan mengetahui hal-hal tersebut, anda akan terbantu untuk memutuskan teknik sablon plastisol cocok atau tidak dengan kebutuhan anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi anda yang membacanya. Bersama Deprintz, Buat Usaha Jadi Mudah!

Share

Related Post