Siapa yang tidak ingin sukses? Kesuksesan merupakan sebuah momen dimana kita sudah mencapai suatu target yang sudah diharapkan. Namun kesuksesan juga merupakan permainan yang melibatkan pikiran.

Ngga percaya?

Coba perhatikan sekitarmu. Ada banyak orang yang memiliki talenta, punya semangat dan keterampilan luar biasa lalu ketika ingin memulai suatu usaha mendadak minder karena modal yang dibutuhkan tidak sesuai padahal memulai saja belum.

Atau, sudah menjalankan usaha tapi begitu salah sedikit sudah menganggap dirinya gagal. Ada? Pasti.

Salah satu faktor penghambat mereka tentunya pola pikir. Padahal pola pikir juga merupakan penentu apakah kita akan mencapai kesuksesan atau benar-benar mengalami suatu kegagalan.

Kalau Minzie melihat kembali kisah seorang pengusaha letter timbul di kota Malang, mimin percaya bahwa yang membuat beliau mampu bertahan melakukan bisnis besar tersebut hingga saat ini adalah karena cara berpikirnya yang hebat.

Kamu bisa menyimak kisah lengkapnya di video berikut ini Pengusaha Letter Timbul dari Malang ini, Akan Mengubah Mindset Bisnismu!

Jadi, pola pikir yang baik lah yang justru akan membantumu meraih impian dan goal terbesarmu. Lalu, pola pikir yang seperti apa yang perlu kita miliki, yang perlu kita terapkan untuk bisa menjadi seorang pengusaha sukses?

Mari simak ulasannya di bawah ini.

Orang sukses berani untuk gagal. Baginya kegagalan adalah awal kesuksesan

Mungkin kamu sudah sering mendengar bahwa untuk bisa sukses dan berhasil harus berani gagal terlebih dahulu. Bagaimana pun sebelum bisa mencapai puncak kesuksesan, harus dapat melewati kegagalan yang sedang dihadapi.

Pernah mendengar “habiskan dulu jatah gagalnya biar nanti tinggal kesuksesan yang didapat” ?

Seseorang yang mengalami banyak kegagalan belum bisa dikatakan gagal sebelum ia berhenti berusaha.

Bahkan jika dirinya memutuskan untuk berhenti berwirausaha untuk sementara waktu, kemudian kembali untuk melanjutkan usahanya tersebut, dirinya masih mungkin loh untuk mencapai keberhasilan.

Jadi, ada baiknya untuk perbaiki dulu pola pikir kita tentang kegagalan sebelum berwirausaha.

“Trus harus dipandang seperti apa min kegagalan itu?”

Pandanglah kegagalan sebagai paket kesuksesan. Isi dari paket tersebut ada tantangan, proses menghadapi tantangan tersebut, kegagalan jika tidak diusahakan, dan penghargaan/prestasi.

Nggak mungkin kan ingin paket kesuksesan tapi hanya mengambil keuntungannya saja? Kamu pastinya harus melewati proses yang penuh tantangan dan pasti terdapat adanya kegagalan sebelum akhirnya berbuah manis.

Orang sukses menjaga komitmen, dispilin, dan keyakinan kuat mencapai tujuan

Kesuksesan adalah sebuah pencapaian yang tidak bisa lepas dari komitmen, dispilin, dan fokus mencapai tujuan yang mana semestinya dibangun sejak awal oleh setiap orang yang ingin sukses.

Dilansir dari Okezone Lifestyle, orang sukses selalu belajar dari setiap kritik. Dari kritik tersebut membentuk diri untuk terus tumbuh serta berkomitmen agar kedepannya bisa memberikan yang lebih baik lagi.

Selain komitmen, Minzie percaya bahwa memiliki keyakinan yang kuat serta disiplin yang baik adalah modal utama dalam meraih kesuksesan. Jika di tahap awal saja kita tidak memiliki keyakinan yang kuat serta disiplin, tentunya akan susah mencapai tujuan yang diharapkan.

Terlihat sederhana, tapi kenyataannya sulit untuk diterapkan. Nggak banyak loh orang tahu mereka ingin jadi apa, bahkan tujuan hidup kedepannya seperti apa.

Yuk, luangkan waktumu sebentar untuk berpikir tentang masa depan, lalu rancang langkah-langkah konkret untuk mencapainya.

Orang sukses selalu mau belajar dan tahu bahwa hidup untuk belajar tanpa henti

Orang sukses itu selalu memiliki perasaan untuk terus belajar. Khususnya memelajari hal baru yang mereka rasa menguntungkan. Mereka juga tidak takut menghadapi resiko hingga kegagalan.

Baginya, masalah yang ada bukan sebagai suatu penghambat namun sebagai suatu hal yang dapat dijadikan pembelajaran. Bisa itu dari pengalaman pernah gagal, kritikan atau saran, dan hal lain.

Menjadi seorang pengusaha artinya harus mau menjadi seorang pembejalar terus menerus. Menemukan hal-hal baru akan selalu menjadi sumber ide untuk terus mengembangkan usahamu.

Semakin sering kamu belajar, maka semakin luas wawasan yang kamu miliki dan semakin terbentuk mental diri. Dengan adanya wawasan luas tersebut, kamu bisa berkomunikasi dan melakukan banyak hal.

Orang sukses selalu ingin membangun relasi dan koneksi

Kebiasaan satu ini sering kali dianggap tidak penting dan hanya akan membuang waktu. Padahal sebenarnya dengan menambah relasi dan koneksi, kesempatanmu untuk mengembangkan bisnis akan semakin besar.

Membangun relasi dan koneksi itu memiliki banyak manfaat. Beberapa diantaranya kamu akan mendapat ilmu baru dari orang yang dikenal. Apalagi jika orang tersebut sama-sama memiliki bisnis. Kamu tentu bisa sekaligus belajar kiat sukses mereka.

Jadi, jangan melulu cenderung melakukan bisnis dengan orang yang kamu percaya saja. Belajarlah dari relasimu yang baru. Dengan membangun relasi yang baik pada orang lain, tentu tingkat kepercayaanmu terhadap orang lain juga akan semakin tinggi.

“Tapi min, aku takut kalau ditipu”

Nggak mudah memang memberi kepercayaan pada orang lain, apalagi yang baru kita kenal.

Sebagai awalan, kamu bisa kok sekedar sharing seputar bisnismu dan bisnis yang dirinya jalankan. Dalam proses pengenalan itu tentunya kamu pasti juga akan mengenal karakteristik dari dirinya bukan?

Setelahnya kamu bisa menentukan untuk berbisnis bersama atau hanya sebagai koneksi bisnis saja.

 

Gimana sudah tahu kan apa saja pola pikir yang dimiliki oleh orang sukses? Apa kamu salah satunya?

Share Artikel Ini