Mesin 3D printer merupakan mesin yang sudah banyak digandrungi para pengrajin untuk pengaplikasian dalam membuat beberapa kreatifitas. Nah, perlu anda ketahui bahwa silhouette alta ini sangat mudah digunakan. Oleh karena itu, saya tertarik untuk mereview mesin 3D printer ini.

 

Spesifikasi Cetak

Mesin ini memiliki kemampuan mencetak dengan kecepatan maksimum 80 milimeter per detik. Area pencetakan maksimumnya 124 milimeter dan tiggi 130 milimeter yakni sama-sama sekitar 5 inci. Tinggi lapisannya berkisar dari 0,05 milimeter hingga 0,5 milimeter.

 

Desain 3D

Silhouette ini memiliki 25 desain gratis setelah pembelian. Jadi, bagi anda yang tidak memiliki kemampuan mendesain secara ahli maka anda dapat menggunakan template yang ada di silhouette alta ini.

Pada Silhouette juga ada desain snap kit loh ? Snap kit merupakan desain yang dapat anda buat secara bersamaan untuk menyesuaikan proses pencetakan. Desain ini dapat anda lakukan dengan cara buka dahulu desain yang ada di area kerja anda, kumpulkan semua bagian desain yang anda inginkan dengan klik dan seret mouse untuk memilih semua desain lalu klik kanan dan pilih grup. Atau bisa juga dengan cara klik Select All (CTRL + A), lalu pergi ke Object dan klik Group (CTRL + G).

 

Filamen

Mesin silhouette menggunakan bahan plastic PLA. Setelah filamen dipasang, filamen dipanaskan hingga suhu 180 ° C – 230 ° C (356 ° F – 446 ° F) agar filamen lembut dan dapat dimasukkan ke dalam print head untuk mencetak proyek secara lapis demi lapis.

Filamen sendiri beragam tergantung warna dan keinginan anda. Sehingga anda dapat berbagai macam bentuk dan warna yang sesuai dengan yang anda inginkan. Perlu diketahui bahwa filamen ini tidak dapat dicuci dengan air pencucui piring, sehingga mencuci atau membersihkannya cukup menggunakan tangan saja.

 

Tabung Filamen

Mesin silhouette ini dilengkapi dengan tabung filamen di dalam kotak. Tabung ini harus dipasang dengan filamen terlebih dahuu sebelum dimasukkan ke dalam mesin 3D printer ini. Cara menggunakan tabung ini pun dikatakan cukup mudah, yaitu dengan cara menempatkan gulungan filamen di bagian atas mesin. Pertama kali yang harus dilakukan saat menggunakan filamen adalah mengoleskan spool holder filamen yang disertakan lalu masukkan ujung filamen serta geser ke sisi tabung sampai ujung, baru filamen dapat dimuat ke dalam mesin.

 

Nah, begitulah review dari mesin printer 3D silhouette ini yang sangat bagus untuk anda gunakan sebagai membuat proyek-proyek unik dan menarik. 😀

Share

Related Post