Walaupun cameo dan portrait selalu disebut sebagai kakak dan adik, namun di kedua mesin ini ada perbedaan yang significant. Kalau cameo tidak memerlukan computer dalam proses pemotongan, namun portrait harus menggunakan computer dalam proses kerja.  Karna cameo dapat menggunakan drive USB untuk membaca desain yang ingin kita potong.

Cameo dan portrait ini sama baiknya dalam hal pemotongan karna sama-sama dapat memotong kertas dengan tebal 210 gram. Sehingga kedua mesin ini dapat memotong di bahan yang sama. Selain itu, kedua mesin ini berjalan pada software yang sama, sehingga dapat berbagai file yang sama.

 

Bahan yang dapat dipotong

Dalam segi pemotongan, mesin portrait tidak dirancang untuk memotong bahan yang berat. Mesin portrait ini lebih cocok untuk memotong kertas seperti vynil. Namun, mesin ini memiliki fitur  ‘double cut’ sehingga dapat membant memotong bahan yang lebih berat. Berikut merupakan bahan yang dapat dipotong oleh mesin cutting sticker portrait yaitu :

Kertas / Stok Kartu hingga setebal 350 gsm.

Kertas Tisu

Vynil

Transfer Setrika

Chipboard Kotak sereal

Kerajinan busa

Kain Ringan

Bahan template berlian imitasi

 

Kualitas Pemotongan

Untuk kualitas pemotongan, mesin silhouette tidak perlu diragukan lagi. Namun, untuk memotong bahan yang rumit dan kecil, mesin portrait bisa menjadi salah satu pilihan anda.

Jika anda memotong bahan seperti kertas atau kain, anda harus menggunakan cutting mat sebagai alas untuk menstabilkan bahan pada saat dipotong. Salah satu kendala terbesar cutting matnya adalah yang terlalu lengket. Ketika cutting mat terlalu lengket, maka dapat menyebabkan kesulitan dalam melepas bahan yang ada pada cutting mat sehingga rentan robek. Jika ini permasalahannya, maka tekan bantal t-shirt pada cutting mat agar tidak robek.

 

Fitur terbaik

Salah satu fitur pada portrait adalah fitur Print and cut. Gamar dapat dikirim ke printer anda untuk mencetak dengan full colour. Beri tanda registrasi di area gambar yang ingin dipotong karena setelah gambar dimasukkan ke dalam mesin, portrait akan mendeteksi tanda registrasi untuk mengetahui dimana harus memotong gambar.

Fitur lainnya yaitu PixScan, fitur ini mirip dengan print and cut tetapi gambar harus ditempatkan pada mat khusus. Pada saat gambar diletakkan di atas mat khusus, anda dapat mengambil gambar dengan kamera atau ponsel anda lalu menggugah gambar ke software dengan desain yang akan anda potong.

Portrait sangat bagus untuk anda yang ingin menggambar skesta pada kartu undangan.  Dimana ada dua sketsa yang dapat anda gunakan untuk membuat sketsa :

  1. Sketch pen starter kit
  2. Pen Holder

Sketch pen Starter kit memiliki 24 pena berwarna. Cara menggunakan pena ini pun mudah, yaitu hanya dengan mangganti pisau dengan memasukkan pena. Sedangkan kalau pen holder merupakan yang terstandarisasi atau warna yang paling kita sukai. Cara menggunakannya adalah tukar pisau, lalu masukkan tempat pena kemudian pilih warna peta sesuai yang anda sukai.

 

Desain khusus dengan portrait silhouette

Salah satu keuntungan dari mesin silhouette ini adalah mesin disertai dengan software yang sangat bagus yaitu software silhouette studio. Dengan software ini, maka anda dapat membuat, mengimpor atau membeli desain sendiri.

Jika desain sendiri bagi pemula masih cukup sulit, solusi anda adalah mempelajari lewat google ataupun youtube yag sudah banyak cara pengaplikasian membuat desain. Namun, ketika anda sudah memiliki kemampuan untuk desain sendiri, maka anda akan mampu dalam membuat desain dengan kebutuhan atau keinginan anda.

 

Kesimpulan

Jika anda menyukai ukuran dan portabilitas, maka mesin silhouette portrait adalah jawaban yang paling tepat. Harga yang tidak terlampau mahal, sehingga dapat dijangkau bagi anda yang masih terkendala akan biaya. Mesin ini bukan mesin yang kuat sehingga hanya cocok untuk memotong vynil atau produk kertas maka mesin ini sangat direkomendasikan.

Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam memahami mesin silhouette portrait dengan baik. ^^

Share

Related Post