Setiap pelaku usaha pasti memiliki cara untuk mempromosikan usahanya, dari mulai promosi secara online maupun offline. Bisa dengan menyebarkan poster dan brosur ataupun sekedar bercuap-cuap saja. Nah, semakin berkembangnya suatu zaman, saat ini sudah banyak sekali alat yang digunakan sebagai promosi dengan cara yang lebih unik dan menarik.

Selain videotron, ternyata ada cara lain yang bisa anda gunakan sebagai iklan usaha yang dibilang cukup bagus yaitu running text. Dari segi bahasa, sudah dapat dilihat bahwa arti dari running text adalah text yang berlari.

 

Pengertian Running text

Running text secara garis besar merupakan salah satu aplikasi dengan tampilan atau display tulisan berjalan atau bentuk animasi yang menggunakan LED. Aplikasi ini pun merupakan susunan matriks yang memanjang terbuat dari titik lampu LED. LED yang dapat digunakan pun bermacam-macam. Fungsi dari running text sendiri adalah sebagai penyampai informasi dengan teknik yang berbeda dari biasanya untuk menarik perhatian orang lain ketika melihat. Aplikasi ini pun dapat diubah-ubah tampilannya sesuai dengan yang anda mau menggunakan komputer.

Running text ini sudah banyak digunakan diberbagai tempat seperti SPBU, jam analog, bandara, papan score, slogan kota, lampu antrean pada bank, dan masih banyak contoh-contoh lainnya. Nah, jadi running text bisa anda lakukan untuk menaruh perhatian orang agar tertarik dengan apa yang ingin anda promosikan.

Nah, dalam pemasangan running text kan membutuhkan LED. Oleh karena itu, disinilah peran anda untuk mmeilih LED yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda. Dalam memilih LED, tentunya anda akan memilih harga yang pas dengan kebutuhan anda, tentunya yang sesuai dengan budget yang anda miliki. Lantas, apa sih yang nyebabin LED itu murah atau mahal? Yang membuat Harga LED mahal atau murah adalah dari berbagai factor yakni :

 

  1. Warna LED

Warna menjadi salah satu patokan apakah harga running text itu murah atau mahal. Untuk harga warna yang murah biasanya merah dan kuning. Untuk warna yang mahal adalah warna yang memiliki warna lebih terang. Semakin terang maka semakin mahal harga running text nya. So, bagi anda yang ingin mendapatkan harga yang murah bisa memilih warna kuning atau merah.

  1. Ukuran Display dari LED

Ukuran menjadi penentu harga running text mahal atau murah. Semakin besar ukuran running textnya, maka semakin mahal harganya. Oleh karena itu, ketika anda ingin memasang running text maka lihat kebutuhan ukuran anda terlebih dahulu untuk menentukan harga yang akan anda keluarkan.

  1. Chipset

Chipset itu menentukan mahal murahnya running text. Karna Chipset berhubungan dengan kontroller yakni yang menentukan LED yang menyala dan LED yang mati. Cara kerja kontroler pada running text adalah dengan mengatur arus listrik yang mengalir ke dalam modul LED panel Karena Chipset memiliki kutub positif dan negatif, dimana akan menyala ketika diberikan arus listrik maju. Oleh karena itu, Harga Chipset dengan kualitas yang bagus biasanya bisa 2 sampai 3 kali lipat lebih mahal dibandingkan dengan harga chipset standar.

  1. Pixel Pitch

Pixel merupakan jumlah titik-titik lampu pada display, sedangkan pitch adalah jarak antara dua belah pixel. Jarak pada pixel ini berpengaruh pada banyakanya LED yang digunakan. Sehingga, semakain banyaknya LED yang digunakan tentu akan semakin mahal harga running textnya.

 

So, sebelum anda menggunakan running text sebagai salah satu solusi promosi anda, maka perhatikan terlebih dahulu kebutuhan yang anda inginkan. Ketika anda sudah tau kebutuhan, anda akan bisa melanjutkan strategi yang tepat dalam pemilihan running text untuk menyesuaikan budget yang anda miliki. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang ingin melakukan promosi menggunakan running text.

 

Share

Related Post

Segera Dapatkan Info Terbaru dari Kami

Gak Pake Lama, Input Email Anda Disini!

You have Successfully Subscribed!