Perubahan hidup bergantung pada kebiasaan yang anda lakukan. Jika kebiasaan yang anda buat itu baik, maka hasil yang akan anda dapat pun baik. Kesuksesan seseorang tidak didapat dengan instan, mulailah dari kebiasaan-kebiasaan kecil yang membuat hidupmu menjadi lebih bermanfaat. Perlahan tapi pasti, lakukan secara konsisten. Lihatlah, anda akan mengalami perubahan dalam hidup, wawasan lebih luas, pengetahuan yang bertambah, kepercayaan diri yang meningkat, tubuh yang lebih segar dan sehat, dan lebih dekat dengan orang-orang sekitar.

Walaupun kesuksesan tidak anda dapatkan dengan mudah, namun 7 kebiasaan ini akan membantu merubah hidupmu menjadi lebih baik. Cek selengkapnya sebagai berikut!

 

  1. Mulai pelajari skill baru

Setiap orang memiliki keinginan yang tertunda, dimana tidak sempat untuk melakukannya. Lakukan hal yang belum sempat anda lakukan, pelajari secara seksama dan temukan skill barunya. Buatlah rencana terhadap apa yang ingin anda lakukan, lalu mulailah merencanakan dan mencari sumber yang dapat membantu niat anda tersebut. Baik lewat youtube yang bisa anda tonton, lewat buku yang bisa anda baca dan media lainnya. Siapa tahu, dengan anda melakukan kebiasaan ini anda akan menemukan skill yang membawa kesuksesan anda ke depan.

 

  1. Beri reward setiap hari terhadap diri sendiri

Memberi reward atau menghadiahi diri sendiri tak melulu harus menunggu waktu atau momen yang spesial. Menghadiahi diri sendiri sama saja dengan menghargai setiap kejadian dan peristiwa dan dengan cara ini, anda akan merasa lebih bahagia dan memberi efek positif memotivasi diri. Bukan berarti memanjakan diri berarti menghambur-hamburkan uang, tapi tetap dalam batas wajar. Karena menghadiahi diri akan membuat hidupmu lebih sehat.

 

  1. Rutin Olahraga

Olahraga tidak hanya menyehatkan tubuh, namun juga dapat meningkatkan kebahagiaan dan mengontrol berat badan serta mengurangi stress. Banyak studi membuktikan bahwa, mereka yang rajin berolahraga memiliki usia yang lebih panjang serta lebih bahagia dibandingkan dengan yang jarang berolahraga. Mulailah dengan melakukan olahrga ringan di rumah, bisa dengan lari pagi selama 15 menit saja dan lakukan olahraga yang lebih ketat secara rutin nantinya.

 

  1. Rapikan sekitarmu

Suasana ruangan kerja dan kamar yang rapi dapat menurunkan tingkat stress anda. Selain itu, hal ini membantu anda lebih produktif. Ruangan yang rapi dapat membantu anda bekerja lebih efisien, karena semua benda sudah terorganisir dengan baik dan akan dengan mudah untuk anda mengetahui letak barang-barang saat anda membutuhkan.

 

  1. Membuat Bucket List

Rencana hidup itu penting, seperti hal yang harus anda lakukan ke depan. Catatlah setiap tujuan baik jangka pendek maupun jangka panjang. Sehingga, anda dapat fokus pada tujuan yang ingin anda capai. Setelah bucket list sudah anda rancang, maka mulailah berpetualang untuk mewujudkannya dan mulailah membangun kenangan yang akan membuat anda tersenyum setiap hari.

 

  1. Lawan Rasa Takut

Rasa takut merupakan hal yang wajar dimiliki setiap orang, karena rasa takut akan membuat anda lebih kuat dalam bertahan hidup. Namun, rasa takut juga dapat menghambat anda, apalagi jika anda membiarkan dia mengendalikan diri anda. Ketika anda menghadapi rasa takut, itu artinya anda sedang membangun keberanian dan kebijaksanaan.  Rasa takut memberikan anda pelajaran untuk lebih berhati-hati dalam menjalani kehidupan. Anda yang sudah mampu menghadapi rasa takut artinya anda sudah mampu melewati rintangan hidup.

  1. Bertemu teman lama

Bertemu teman lama adalah sesuatu yang sangat menyenangkan. Kebanyakan hubungan pertemanan menjadi jauh bukan karena saling membenci, namun waktu yang padat dengan kesibukan yang menjadi pemicu. Dengan bertemu teman lama, anda akan kembali merasakan kenangan dan bernostalgia. Baik dari mimpi-mimpi anda, bahkan harapan anda yang ingin anda wujudkan. Dengan bertemu mereka, anda akan tahu seberapa jauh anda sudah melangkah dan mengingatkan anda tentang apa yang belum anda mulai. Jadi, segera ajak teman lamamu ketemuan ya!

 

Itulah tujuh kebiasaan kecil yang dapat anda lakukan mulai dari sekarang. Karena sukses dimulai dari hal-hal kecil. Kalau tidak sekarang, kapan lagi sahabat?

Share

Related Post