Sticker vynil merupakan salah satu bahan yang biasanya digunakan untuk promosi suatu barang. Sticker ini cocok digunakan di luar ruangan atau outdoor, karena terbuat dari bahan vynil yang fleksibel dan lentur.

 

Secara garis besar, karakteristik sticker vynil dikategorikan sebagai berikut

    • Memiliki permukaan yang mengkilap (Glossy), namun ada juga yang terlihat dof
    • Mampu mencetak desain yang sangat kompleks
    • Mampu menampilkan warna solid maupun gradasi

 

Dilihat dari karakteristiknya yang sangat fleksibel tersebut, tentu sticker vynil memiliki kelebihan yang cukup mumpuni ketimbang dengan jenis lain, walaupun tidak dipungkiri tetap ada sedikit kekurangannya. Adapun kelebihan dan kekurangan dari bahan vynil adalah sebagai berikut :

Kelebihan

    1. Memiliki daya tahan lebih tinggi dibandingkan dengan sticker kertas jenis lain seperti HVS.
    2. Kualitas cetak gambar yang tajam dan setara dengan foto
    3. Sangat awet
    4. Tahan air sehingga tidak mudah luntur
    5. Cocok digunakan di luar ruangan

Kekurangan

    1. Harus cermat dalam memilih mesin percetakan atau vendor percetakan karena seringkali hasil tintanya tidak optimal dikarenakan mesin percetakan yang tidak mumpuni
    2. Tinta yang digunakan khusus (tinta yang berbasis minyak seperti tinta solvent, ecosolvent, mild solvent, dan juga tinta latex, dan lain sebagainya )
    3. Mesin print yang mumpuni seperti mesin yang mampu menghasilkan resolusi tinggi seperti yang dimiliki mesin print merek Roland, Mutoh, Fujixerox, ataupun merek Mimaki.

 

Dari kelebihan dan kekurangan sticker vynil tersebut, anda dapat mengetahui beberapa kegunaan dari mesin vynil itu sendiri, yaitu diantaranya sebagai berikut!

  1. Sebagai stiker untuk label kemasan
  2. Sebagai stiker untuk pemberitahuan informasi (Awas, dilarang parkir, dsb)
  3. Sebagai stiker pada papan plang
  4. Sebagai stiker untuk kebutuhan iklan dan promosi
  5. Sebagai stiker untuk decal pada motor atau mobil
  6. Sebagai stiker untuk dijadikan souvenir
  7. Sebagai alternatif untuk sablon kaos (sebaiknya menggunakan vinyl HTV)
  8. Sebagai stiker untuk melapisi permukaan kaca
  9. dan lain sebagainya.

 

Dapat ditarik kesimpulan bahwa sticker vynil banyak digunakan oleh banyak orang, hal ini disebabkan karena karakteristik sticker yang fleksibel dalam penggunaannya dan juga memiliki banyak jenis yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Nah, dari penjelasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa sticker vynil memiliki fungsi yang sangat baik jika digunakan untuk keperluan luar ruangan. Sehingga, bagi anda yang ingin promosi di luar ruangan seperti iklan, papan plang, maupun decal motor dan mobil bisa menggunakan sticker jenis vynil sebagai bahan untuk digunakan.

Untuk anda yang mencari sticker vynil berkualitas dan terjamin bagus, bisa langsung hubungi Deprintz loh! Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda ya sahabat!

Share

Related Post