Sablon merupakan kata yang sudah tidak asing lagi ditelinga. Dimana sablon adalah sebuah teknik untuk mencetak tinta diatas bahan dengan berbagai desain yang anda inginkan. Namun, tahukah anda bahwa sablon itu ada 2 macam yakni sablon digital dan sablon manual. Apa sih perbedaannya?

Sablon manual merupakan sablon menggunakan teknik dengan cara yang manual. Sedangkan sablon digita menggunakan bantuan mesin. Eits, bukan itu saja loh perbedaannya…

Lantas, apa saja perbedaannya antara sablon manual dan sablon digital? Untuk mengetahui perbedaan kedua sablon yakni dengan melihat kelebihan dan kekurangannya yaitu sebagai berikut.

 

Sablon Manual

Kelebihan
  1. Sablon manual sudah terkenal dengan hasil sablon paling baik karena penggunaannya dibuat secara seksama dengan teknik secara manual atau tangan. Walaupun sablon ini menggunakan tinta biasa dan desain yang terbatas namun hasil cetak dari sablon manual ini tingkat ketahanan sangat tinggi.
  2. Sablon ini walaupun dikerjakan menggunakan teknik secara manual, namun dapat mencetak sablon dalam jumlah banyak sehingga orderan partai pun cukup memadai.
  3. Sablon ini sangat terkenal untuk pembuatan sablon pigment, rubber, timbul dan berbagai variasi lainnya. Tapi poin ini tergantung pada skill penyablonnya, karna teknik sablon ini dilakukan oleh oerang-orang yang memiliki kemampuan yang tinggi serta wawasan yang luas.

 

Sablon Secara Manual

 

Kekurangan
  1. Sablon manual hanya bisa digunakan untuk orang yang mahir dalam menyablon dengan skill menyablonnya.
  2. Sablon manual warnanya terbatas karena menggunakan media screen. Penyablon harus melakukan berbagai eksperimen agar mendapatkan warna yang sesuai dengan hasil yang lebih maksimal.
  3. Efektivitas produksi sablon manual ini sangat bergantung pada luas area tempat menyablon, jumlah sumberdaya dan cuaca yang terjadi.
  4. Jumlah pembuatan biasanya dipatok oleh penyablon, karena menggunakan teknik secara manal sehingga tidak bisa membuat desain beragam dalam sekali orderan. Dan lagi sablon manual terbilang lebih mahal.

 

 

Adapun untuk sablon digitalnya yakni sebagai berikut.

Kelebihan
  1. Biasanya sablon digital menggunakan mesin Direct To Garment (DTG) yakni dapat mencetak dalam jumlah yang lebih banyak pada kain. Sehingga, sablon DTG ini dapat membantu pekerjaan anda menjadi lebih praktis dan cepat.
  2. Warna yang dimiliki mesin DTG ini lebih mumpuni dibandingkan dengan warna pada sablon manual. Mesin DTG mampu menghasilkan beragam tekstur warna seperti fullcolor atau gradasi sehingga hasil cetakan anda menjadi lebih indah.
  3. Efektivitas produksi sablon pada mesin DTG ini lebih unggul dibandingkan dengan sablon manual karna dapat mencetak dengan hasil yang banyak dalam waktu yang cepat.
  4. Mesin DTG dapat mencetak kaos dalam satuan maupun banyak sekaligus tanpa harus berkendala di bagian desain dan warna. Harga hasil dari mesin DTG ini pun terbilang sangat murah bila dibandingkan dengan sablon manual.

 

Sablon Menggunakan Mesin DTG

 

Kekurangan
  1. Ketahan kaos pada mesin DTG tidak sekuat pada sablon manual. Jika ingin mendapatkan hasil yang berkualitas maka diperlukan tinta yang lebih bagus.so, untuk mendapatkan tinta yang bagus maka memerlukan budget yang lebih banyak.
  2. Ada kapasitas tertentu dalam mencetak sablon pada mesin DTG ini, yakni tidak boleh overload untuk mempertahankan kualitas sablon dan menjaga agar mesin tetap prima. Karena namanya mesin memiliki maksimal penggunaan, tidak boleh berlebihan.
  3. Kualitas Mesin DTG lebih rendah dibandingkan dengan sablon manual. Apalagi jika dalam pembuatannya secara masal.

 

 

Pada keterangan kelebihan dan kekurangan sablon manual ataupun digital maka ketika anda ingin mendapatkan hasil yang lebih berkualitas bisa anda gunakan sablon manual saja. Namun anda harus memiliki skill dalam menyablon.

Jika anda ingin mendapatkan hasil yang lebih murah, maka anda bisa gunakan mesin DTG karena dapat mencetak dalam jumlah banyak dalam satu waktu. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan anda.

Semoga penjelasan ini dapat membantu anda dalam memilih antara sablon manual dan sablon digital. ^^

 

 

 

Share

Related Post