Kain taslan merupakan kain yang sangat sering digunakan untuk membuat beragam produk sandang di Indonesia. Kain taslan merupakan kain eksklusif yang bahnnya terbuat dari benang sintesis bertesktrur sehingga jika dipegang akan terasa lembut, ringan tapi kuat dan mempunya daya tahan yang tinggi. kain ini juga memiliki kerapatan yang tinggi serta kain dengan bahan yang licin.

Selain itu, kain taslan juga ada yang terbuat dari serat polyester yang diberi lapisan coating tambahan agar menghasilkan kain taslan yang lebih baik. Biasanya, kain ini sering digunakan untuk membuat jas hujan atau aneka produk kegiatan outdor sebagai jaket atau tenda.

 

Sejarah Kain Taslan

Kain ini awalnya merupakan metode bulking dan juga metode pembuatan benang yang dilakukan menggunakan tekanan udara. Metode ini pertama kali ditemukan oleh merek dagang DuPont, dan pertama kali dibuat pada tanggal 19 Oketober 1954.

Proses pembuatan benang ini pun terbilang sangat mudah, yakni mengubah untaian benang filament yang panjang menjadi suatu benang dengan karakteristik benang pintal. Untuk metode pembuatannya sendiri dinamakan taslanising.

Karena karakteristik benang taslan mudah sobek ketika terkena gesekan, maka dari itu perlu diadakannya coating untuk memperbaiki karakteristrik benang itu sendiri. Material yang sering digunakan untuk melapisi benang ini antara lain polyurethane, silicon, lilin, akrilat ataupun PTFE. Yang penting material dapat tahan ketika terjadi abrasi, tahan terhadap gesekan, tahan terhadap sinar matahari, anti air, anti jamur, antri traksi, anti api dan warna yang tidak mudah luntur.

 

Jenis Kain taslan

Berdasarkan desain dan kegunaannya, kain taslan banyak sekali dijumpai diberbagai macam varian. Beberapa varian itu ada 6 yakni sebagai berikut!

 

  1. Kain Taslan Salur

Sumber : dhawukara.com

Kain salur merupakan salah satu kain yang digunakan untuk pembuatan sandang yakni jaket. Untuk modelnya pun sangat beragam, mulai dari jaket parka, jaket windbreaker, jaket outdoor maupun jaket organisasi di kampus-kampus.

 

  1. Kain Taslan Milky

Sumber : kmajaket.wordpress.com

Kain taslan yang satu inimerupakan kain yang memiliki coating (lapisan anti air) berwarna milky (putih susu) di bagian dalamnya. Kain ini sangat populer digunakan untuk bahan jaket outdoor, karena memiliki sifat water resistant. Selain jaket, bahan ini juga dapat digunakan di bean bag dan juga tas anti air.

Ciri khas kain taslan adalah sebagai berikut :

    • Memiliki permukaan kain yang licin dan kerapatan yang cukup tinggi
    • Bahan yang digunakan untuk pembuatan kain taslan milky adalah polyester yang kualitasnya sangat bagus
    • Dapat menyerap keringan dengan bak dan juga cepat kering sehingga nyaman ketika beraktivitas.

 

  1. Kain Taslan Coating Bening

Sumber : fitinline.com

Kain ini memiliki coating (lapisan anti air) berwarna bening atau transparan. Seperti kain taslan milky, sifat darikain ini water resistant sehingga cocok digunakan untuk membuat jaket, beanbag atau task arena bahannya yang anti air.

 

  1. Kain Taslan Balon

Sumber : indotrading.com

Kain taslan jenis ini memiliki permukaan kain yang agak licin, kerapatan benang yang cukup tinggi dan juga memiliki coating seperti balon. Dengan adanya lapisan balon di bagian dalam, maka jenis kain ini akan tahan air (waterproof) dan bila terkena air hujan tidak akan merembes ke dalam.

Meskipun memiliki coating balon, kain jenis ini tetap terasa ringan dan mudah dilipat sehingga sangat cocok digunakan untuk keperluan kegiatan outdoor seperti tenda. Namun, bahan ini tidak dipergunakan untuk sandang karena tidak memiliki pori. Jika digunakan untuk bahan pakaian maka akan terasa sangat panas.

 

  1. Kain Taslan Latex

Sumber : olympics30.com

Seperti namanya, jenis kain ini terbuat dari latex atau plastic. Hampir mirip dengan kain taslan balon yang memiliki tahan air namun karakteristik dan sifatnya berbeda. Kain taslan latex bisa diserupai dengan daun talas, yakni tidak boleh terlalu lama terkespos air.

 

  1. Kain Taslan Parasut

Sumber : wevatextile.com

Kain jenis ini memiliki spesifikasi khusus yakni terbuat dari bahan polyester dan lapisan rubber coating sehingga kain ini bersifat waterproof atau tahan air. Selain itu, kain ini pun memiliki sifat windproof 95 % sehingga sangat nyaman digunakan untuk kebutuhan outdoor. Kain jenis ini sangat bagus jika dikombinasikan dengan furing jala atau higet tipis.

 

Nah, itu dia 6 jenis kain taslan yang biasa digunakan dalam dunia tekstil yang perlu anda tahu. Jika anda membuka bisnis tekstil, tentu anda membutuhkan berbagai informasi mengenai bahan atau material yang akan digunakan seperti kain taslan pada umumnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda sahabat. Deprintz, Buat Usaha Jadi Mudah!

Share

Related Post