Kemarin saya sudah membahas mengenai cameo, curio dan portrait. Nah, kali ini saya ingin membahas mengenai salah satu mesin Silhouette yang lebih canggih lagi. Biasanya anda melakukan pemotongan bahan 2D seperti vynil dan kertas untuk dirakit menjadi bentuk 3D. Namun, semakin berkembangnya teknologi maka muncullah mesin yang dapat membuat bahan material menjadi produk 3D tanpa harus dirakit-rakit. Mesin apa itu? Ya, mesin Silhouette 3D alta printer.

Silhouette 3D alta printer merupakan mesin yang termasuk salah satu keluaran Amerika yang sangat canggih. Mesin ini merupakan mesin printer 3D yang digunakan untuk mencetak bahan 3D dari bawah keatas. Atau dengan gampangnya mesin ini dapat membuat berbagai model desain dari filament.

Alta merupakan jenis mesin dengan desain yang tanpa batas sehingga mampu mencetak bahan 3D sesuai dengan desain yang anda inginkan. Cukup dengan pilih desain baik dari silhouette desain store atau anda desain sendiri ke software yang telah disediakan silhouette. Sesuaikan desain, ukuran, serta warna filament untuk mencetak bahan anda.

 

Pot Bunga Hasil dari Mesin Silhouette 3D Alta Printer

 

Alta dapat disesuaikan sesuai proyek, dimana dapat mencetak dengan cepat dan lambat, mencetak di suhu yang tinggi atau rendah hingga dapat mencetak tingginya mencapai 120 mm dan lebar 116 mm.

 

Lantas, Bagaimana cara kerjanya mesin Silhouette 3D Alta ini?

Penting bagi anda untuk mengetahui cara kerja mesin ini untuk menjadi pertimbangan anda sebelum anda membeli mesin ini. Banyak orang yang berpikir bahwa mesin silhouette Alta 3D printer ini sulit untuk diaplikasikan. Namun, ketika mereka tau cara proses kerjanya maka pikiran yang sulit itu pun berubah menjadi suatu mesin yang memudahkan.

Cara kerja mesin ini dengan cara  mencetak lapis demi lapis sehingga membentuk sesuai dengan desain yang anda inginkan. Lapisan nya sangan tipis, biasanya ukurannya 100 mikrometer sehingga anda dapat membuat produk dengan desain yang rumit.

Bahan yang digunakan mesin ini adalah filament yang pada dasar nya merupakan kawat termoplastik yang sangat tipis. Ada banyak filament yang berbeda warna dan jenisnya, namun silhouette 3D alta Printer menggunakan jenis filament PLA yaitu plastik yang sangat umum dan terjangkau untuk dibeli.

 

Miniatur Patung Hasil Silhouette Alta 3D Printer

Model 3D

Tahap pemodelan pada mesin 3D silhouette ini menggunakan software Silhouette studio. Pada software ini, anda dapat memilih template desain yang ingin anda cetak. Dalam software ini anda harus mempersiapkan tujuan anda sebelum mencetak desain.

Persiapan itu disebut slicing. Dimana slicing merupakan proses dimana software mengambil model digital anda dan membaginya menjadi beberapa lapisan dan menginstrukksikan mesin 3D alta bahwa metode sudah tepat dan sesuai dengan urutan.

Kerennya mesin ini, pada saat mencetak dan slicing dapat dilakukan secara bersama-sama. Karena bisanya 3D printer merk lain harus melakukan proses slicing dan mencetak dalam waktu yang berbeda. Luarbiasa kan Silhouette Alta 3D printer ini ?

Selain itu, mesin Silhouette Alta 3D printer ini memiliki fitur yang dapat mencetak desain kustom. Dengan fitur ini, anda dapat mencetak desain khusus yang anda buat dari awal serta membangun model 3D sendiri dengan bantuan silhouette snap kits.

 

Nah, kesimpulannya bahwa mesin Silhouette Alta 3D printer ini sangat cocok bagi anda yang ingin membuat desain-desain unik berbentuk 3D. namun, hanya dapat membuat desain yang berukuran kecil-kecil dan unik seperti miniature atau hiasan rumah. Oleh karena itu, bagi anda yang hobi dengan sesuatu yang unik-unik bisa menjadikan mesin ini sebagai salah satu piluhan yang berkualitas.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda ^^

Share

Related Post