Sahur dan berbuka merupakan waktu untuk mengisi perut Sahabat selama bulan Ramadhan. Di bulan Ramadhan, waktu sahur menjadi salah satu momen penting untuk. Sahabat dituntut bangun lebih pagi untuk sahur sebagai salah satu rukun dan mempersiapkan diri. Sayangnya, karena belum terbiasa, bangun sahur menjadi sulit dilakukan. Padahal, makan sahur adalah ajang untuk meraup pahala. Apalagi untuk anda yang tinggal sendirian atau anak kost-an.

Maka dari itu, lakukan beberapa tips ini agar sahabat siap untuk bangun sahur.

 

  1. Niat

The Power Of Intention” artinya kekuatan niat begitu dashyat ketika anda melakukannya dengan tulus. Oleh karena itu, pentingnya sebuah niat dari dalam diri untuk memasang alarm di hati dan pikiran. Dengan niat, maka pikiran alam bawah sadar sahabat sudah tertanam dan tersadar untuk segera beranjak. Nah, karna niat merupakan faktor yang besar dalam aspek kehidupan, pastikan sahabat sudah menanamkan dalam diri ya!

 

  1. Persiapkan makan sahur sejak malam

Bangun sahur memang sulit dilakukan, apalagi bagi sahabat yang tinggal sendirian. Beda halnya jika sahabat sudah mempersiapkan bekal sahur sebelum tidur. Sahabat akan memiliki persepsi bahwa sudah capek-capek masak atau beli makan, jika tidak dimakan akan mubadzir. Jadi, saat sahur anda tinggal menyantap makanan tersebut atau memanaskannya. Secara tidak langsung, cara ini dapat membangkitkan semangat sahabat untuk bangun sahur.

 

  1. Biasakan tidur siang 15 menit – 20 menit

Tidur siang memang hal yang sepele, namun tahukah sahabat bahwa tidur siang selama 15 menit hingga 20 menit mampu membuat badan tetap bugar sepanjang waktu loh. Selain itu, tidur pada saat beribadah puasa juga memberikan pahala yang besar. Penelitian mengatakan bahwa tidur selama 15 menit saat siang mampu mengurangi ketegangan dan stress. Jadi, jangan lupa tidur siang ya.

 

  1. Jangan Begadang

Sahur sama halnya dengan sarapan diwaktu yang berbeda. Maka, yang perlu sahabat lakukan agar sahur tetap bangun adalah biasakan jangan begadang. Usahakan jam 10 malam sahabat sudah mulai terlelap agar istirahat lebih optimal. Biasakan untuk memiliki waktu tidur selama 5 sampai 6 jam.

 

  1. Pasang Alarm dengan Nada seperti panggilan Telepon berulang kali

Hal ini cukup membantu ketika sahabat susah bangun saat sahur. Dengan nada seperti panggilan telepon, maka secara tidak sadar akan menganggap bahwa ada yang menghubungi dan akan membuat anda terbangun. Jika alarm masih dirasa kurang terdengar, pastikan untuk setel alarm Sahabat di beberapa waktu yang berbeda secara berulang atau coba metode dengan meletakkan telepon Sahabat pada gelas kosong untuk menciptakan suara yang lebih nyaring. Jadi, cara ini cukup ampuh untuk sahabat gunakan jika susah bangun sahur ya!

 

Nah, dengan cara diatas sahabat bisa tetap menjalankan ibadah puasa dengan lancar. Dengan begitu, tidak ada alasan lagi sahabat untuk lemas beraktifitas karena terlambat bangun sahur ya!

Share

Related Post