Halo Printzie!

Jika bisnis yang kamu jalani sekarang cukup stabil, tentu langkah selanjutnya yang dapat kamu tempuh adalah melakukan ekspansi bisnis. Banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk mempercepat perluasan bisnismu.

Mulai dari menambah sumber daya manusia hingga memperluas fasilitas, tentu semua itu butuh perencanaan yang matang. Perluasan bisnis ini selain dapat meningkatkan kekuatan dan keuntungan bisnismu tentu juga akan memunculkan pelanggan baru.

Tapi tahukah printzie, dalam memunculkan pelanggan baru tentu kamu perlu menciptakan pasar baru dengan mengenal ‘pangsa pasar’ itu sendiri. Apalagi untuk usaha dengan skala mesin yang cukup besar seperti laser cutting.

Dalam artikel ini, mimin akan kupas seputar pangsa pasar ideal khusus untuk bisnis laser cutting-mu. Pastikan printzie tidak melupakan bagian-bagian pentingnya!

 

Sekilas Tentang Laser Cutting

Mesin laser cutting adalah teknik pemotongan bahan baku atau material dengan menggunakan sinar laser.

Untuk di sektor industri sendiri, mesin ini dibagi menjadi 2 (dua) jenis sesuai dengan fungsi dan bahan baku yang digunakan. Bahan baku atau material ini dapat berupa metal seperti kuningan, baja, dan sejenisnya serta non-metal seperti akrilik, kaca, marmer, dan sejenisnya.

Jadi perlu printzie pastikan fungsi dan material apa saja yang dapat diproses oleh mesin yang kamu punya saat ini.

Sedangkan untuk sistem kerjanya, mesin ini bekerja secara otomatis karena ditunjang oleh sistem yang canggih yakni menggunakan pemrograman G-code sehingga dalam pengoperasiannya, kamu hanya perlu menyiapkan desain pola potongan dan mengatur beberapa setup untuk kemudian desain tersebut direalisasikan oleh laser cutting.

Hasil pengerjaan dengan mesin ini pun terkenal presisi, halus, dan tajam sehingga tak mengherankan jika setiap bidang perindustrian melirik laser cutting.

 

Mengenal Pangsa Pasarmu

Seperti yang sudah mimin jelaskan di awal artikel bahwa kita sebagai pelaku bisnis perlu mengenal pangsa pasar untuk ekspansi bisnis.

Kenapa informasi soal pangsa pasar penting?

Coba printzie bayangkan, kamu sedang membuka bisnis jasa laser cutting di kota X. Dengan terkenalnya jenis bisnis ini, kamu tentu punya banyak saingan.

Nah diantara seluruh jasa laser cutting di kota X, berapa persen yang menggunakan jasamu? Inilah yang dimaksud dengan pangsa pasar atau market share.

Ketika printzie sudah mengenal target pasar apa yang sesuai, kamu juga perlu berinovasi dari segi produk atau jasa lain yang sekiranya juga dibutuhkan oleh pelanggan. Dengan memanfaatkan brand-mu yang bagus, produk atau jasamu yang baru ini pasti tak akan sulit untuk dapat menarik daya beli pelanggan.

Lantas apa saja pasar yang cocok untuk bisnis laser cutting? Berikut 4 pangsa pasar ideal yang untuk bisnis ini :

 

Konstruksi & Manufaktur

Hasil Mesin Laser Cutting Di Sektor Konstruksi & Manufaktur

Penerapan laser cutting untuk di sektor industri ini biasanya berupa pembuatan partisi ruangan, pagar rumah, fasad bangunan, dan lain-lain. Biasanya dalam pembuatan desainnya dibutuhkan peran arsitek agar menciptakan desain yang kreatif dan sesuai dengan keinginan klien. Material yang digunakan pun dapat menggunakan berbahan dasar metal/logam dan non-metal.

 

Otomotif

Hasil Mesin Laser Cutting Di Sektor Otomotif

Sudah tidak dipungkiri bahwa mesin laser cutting identik untuk salah satu sektor industri paling vital, yakni otomotif. Dengan pasar permintaan yang tinggi dan semakin berkembang tiap detiknya tentu laser cutting banyak menawarkan keuntungan, seperti pemrosesan yang cepat, mampu memberikan tingkat akurasi yang tinggi bahkan pada tingkat kerumitan tertentu.

 

Aksesoris Perhiasan

Hasil Mesin Laser Cutting Di Sektor Aksesoris Perhiasan

Siapa bilang mesin laser cutting hanya untuk desain interior dan otomotif? Mesin ini juga bisa loh printzie gunakan untuk produksi aksesoris perhiasan.

Untuk memproduksi aksesoris perhiasan yang berbahan metal seperti kuningan, perunggu, perak, titanium, dan sejenisnya dapat menggunakan mesin laser cutting metal, karena mesin ini mampu memotong mulai ketebalan 0,8mm hingga ketebalan 22mm. Aksesoris perhiasan ini dapat berupa gelang, kalung, anting, hingga cincin dengan diameter, kedalaman, dan lebar tertentu yang dapat kamu sesuaikan.

Selain harganya yang terjangkau dan mudah dibentuk, pasar untuk aksesoris perhiasan logam ini juga semakin meningkat karena sangat dibutuhkan untuk menunjang penampilan.

 

Metal Letters Advertising

Hasil Mesin Laser Cutting Di Sektor Letters Advertising

Beberapa tahun belakangan ini, persaingan bisnis semakin ketat. Media promosi seperti metal latters pun mulai banyak digunakan para pemilik bisnis sebagai cara efektif menyampaikan brand bisnis kepada target konsumen, sehingga secara tidak sadar strategi pemasaran akan terbentuk dengan sendirinya.

Beberapa keuntungan yang didapat pemilik bisnis jika mereka menggunakan metal letters ini diantaranya terlihat lebih elegan, profesional, dan eye-catching, dapat di custom sesuai kebutuhan, dapat digunakan di indoor dan outdoor, tahan lama karena logam tahan terhadap korosi dan semacamnya, serta mudah untuk pasang.

Nah itu tadi beberapa pangsa pasar yang ideal untuk bisnis laser cutting-mu printzie! Bisnis-bisnis tadi lengkap dengan keuntungan yang didapat untuk calon pelangganmu agar mereka semakin tertarik untuk menggunakan jasamu.

Gimana, sudah mengenal lebih dalam belum target pasarmu?

 

Are you ready to get started?

Jika kamu ingin mulai melakukan ekspansi bisnis dengan penambahan mesin laser cutting pada permukaan logam atau non-logam, atau jika kamu ingin informasi lebih lanjut tentang mesin mana yang akan memberikan hasil terbaik untuk bisnismu, hubungi kami di contact center di bawah ini:

 

Hubungi Kami Deprintz

Bersama Deprintz, Buat Usaha Jadi Mudah!

Share Artikel Ini