Teknik finishing dalam printing bertujuan untuk mempercantik tampilan menjadi salah satu produk yang menarik dan unik. hal ini dapat diterapkan diberbagai media yang bisa dicetak terutama yang berbahan dasarkertas. Teknik ini sangat cocok untuk anda yang ingin menaikkan brand perusahaan anda menjadi lebih menarik, karena teknik ini mampu membuat brand image yang baik.

5 teknik finishing untuk mempercantik produk jadi anda adalah sebagai berikut!

  1. Die Cut

 

Gambar Hasil Die Cut (ronitadigitalprinting.com)

 

Die cut merupakan teknik untuk memotong kertas berdasarkan pola desain yang telah digambar dan dicetak. Biasanya, teknik ini digunakan pada kartu nama atau soft cover note book dengan fungsi menambah ketertarikan pelanggan anda atau menjadi nilai lebih karena hasilnya akan sangat memuaskan. Teknik ini bisa anda berikan pada pelanggan sebagai merchandise.

 

  1. Cut Out

 

Gambar Hasil Cut Out (bralink.id)

 

Die cut merupakan teknik memotong hanya luarnya saja, berbeda hal dengan cut out yang meruoakan teknik memotong lebih detail lagi. Pada bagian teknik ini, justru bagian dalam huruf dipotong menyesuaikan dengan mengikuti bentuk cetakan. Biasanya, teknik ini diaplikasikan pada kanvas untuk pajangan atau hiasan dinding.

 

  1. Foil/Hot print

 

Gambar Hasil Hotprint (jasapercetakanmurah-jogja.blogspot.com)

 

Teknik ini biasanya digunakan pada undangan pernikahan yang menggunakan tinta warna silver atau emas diatasnya, nah itulah yang dimaksud dengan teknik hot print. Teknik ini bisa anda gunakan pada kop surat atau kartu nama untuk menampilkan kesan mewah, elegan dan eksklusif.

 

  1. UV Spot

 

Gambar Hasil UV Spot (bukalapak.com)

 

UV spot merupakan teknik yang digunakan pada spot-spot tertentu untuk diberi pelapisan agar lebih menonjol. Contohnya pada bagian logo atau nama saja. Teknik ini dibuat dengan fungsi untuk memberikan efer “bersinar” pada kartu nama anda supaya terkesan lebih mudah dilihat dan dipandang. Sehingga, orang akan mudah mengingat anda hanya dengan kartu nama yang diberikan.

 

  1. Pop up

 

Gambar Hasil Pop Up (kami-chekgu.blogspot.com)

 

Teknik ini seringkali digunakan oleh banyak para pengrajin. Konsep yang dibuat “muncul secara tiba-tiba” merupakan ciri khas dari teknik yang satu ini. Teknik ini bisa digunakan untuk membuat desain kartu ucapan terimakasih agar terlihat lebih unik. Bisnis dengan menggunakan teknik ini sangat cocok digunakan dibidang perusahaan kreatif atau yang khusus membuat produk untuk anak-anak karena bentuknya yang sangat apik membuat orang lebih tertarik untuk melihatnya.

 

Nah, itulah 5 teknik finishing dalam dunia printing yang wajib anda ketahui. Dengan mengetahui teknik-teknik ini, anda akan dengan mudah membuat berbagai kreatifitas melalui kertas atau media yang bisa dicetak. Dengan kesan finishing dan produk jadi yang lebih bagus, maka akan banyak orang tertarik memiliki produk yang anda jual. Image brand yang anda inginkan pun akan lebih mengena di hati pelanggan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda sahabat!

Share

Related Post