Sablon merupakan bahasan yang tak pernah kalah saing serunya untuk di perbincangkan para pengusaha. Menurut pengusaha, usaha percetakan seperti sablon merupakan usaha yang cukup menjanjikan untuk dijalankan. Apalagi media yang digunakan merupakan media yang seringkali digunakan di kehidupan sehari-hari seperti kaos, topi, mug, piring, payug dan lain halnya.

Tahukah anda, sablon memiliki beberapa teknik yang berbeda sesuai dengan media atau jenis yang digunakan. Teknik ini memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri sesuai dengan fungsinya sebagai sablon media yang ingin digunakan. Oleh karena itu, sebelum anda memasuki dunia bisni sablon, alangkah baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu teknik-teknik sablon yang ada di Indonesia atau sering digunakan.

Untuk itu, berikut 5 teknik sablo yang ada di Indonesia yang sangat populer!

 

  1. DTG

 

Printer DTG

 

DTG merupakan salah satu teknik sablon yang sering digunakan oleh para pengusaha. DTG singkatan dari Direct to Garment yang berarti mencetak langsung ke garment artinya printer ini dapat mencetak langsung ke dalam media garment yaitu tekstil atau kain. Mesin DTG ini bisa cetak di kaos dengan warna bebas, bisa warna putih, cerah bahkan gelap sekalipun.

DTG menggunakan tinta DTG dengan warna CMYK + WW (White White) dan area cetak maksimal A3 (30 x 42 cm) yang sangat ideal untuk mencetak atau menyablon di media kaos atau baju. Bahan kaos yang digunakan mesin DTG biasanya adalah kaos dengan bahan cotton combed, corded, polo, lacoste, TC / Polyester dan lain-lain.

 

  1. Sublim

 

Printer Sublim

 

Teknik yang kedua adalah teknik sublim yang seringkali digunakan para pebisnis hijab atau kaos bola. Sublim merupakan teknik sablon menggunakan kertas transfer paper yang harus menggunakan tinta sublim. Teknik ini hanya dapat dicetak di kaos berbahan dasar polyester seperti jersey, satin dll. Sayangnya, teknik hanya dapat dicetak di kaos berwarna putih.

 

  1. Direct to tekstil

 

Printer Direct to Tekstil

 

Teknik yang ketiga adalah teknik direct to tekstil atau mencetak langsung ke tekstil atau kain. teknik ini hampir mirip dengan teknik sublim, perbedaannya teknik ini tanpa menggunakan bantuan transfer paper dan juga mesin heatpress sehingga langsung dicetak ke media kainnya.

Bahan yang digunakan pun sama seperti sublim yakni bahan polyester seperti jersey, satin, scuba, dll. Tintanya pun menggunakan tinta sublim dengan hanya dapat dicetak di bahan berwarna putih.

 

  1. Polyflex

 

Proses Sablon Polyflex

 

Teknik polyflex merupakan teknik yang paling mudah dan sering digunakan karena dianggap murah dan juga gampang untuk diaplikasikan. Teknik ini menggunakan bantuan cutting sticker untuk mencetak kertas polyflex sebagai bahan untuk menyablon.

Teknik ini memiliki kualitas yang sangat awet dan tahan lama, sehingga bisa dibilang sablon dengan teknik ini merupakan sablon yang unggul dibandingkan yang lainnya. Selain itu, teknik ini dapat diaplikasikan ke bahan kain dengan warna yang beragam seperti kaos, topi, paying dll. Asal bahan kain maka teknik ini dapat diaplikasikan.

 

  1. Laser

 

Sablon Laser

 

Teknik yang terakhir adalah teknik laser. Teknik ini merupakan teknik terbaru yang keluar di Indonesia, dimana teknik hampir mirip dengan teknik sublim dimana menggunakan transfer paper. Bedanya, tinta yang digunakan adalah tinta bubuk atau toner. Selain itu, teknik ini dapat diaplikasikan di media bahan kaos atau baju berwarna hitam dan juga putih.

 

Nah, begitulah 5 teknik terpopuler di Indonesia yang seringkali digunakan untuk berbisnis. 5 teknik itu penting untuk anda ketahui karena sebelum memulai bisnis anda harus mencari teknik yang sesuai dengan anda. Karena teknik yang digunakan berbeda beda menggunakan bahan dan media pun berbeda.

Jadi, bagi anda yang ingin berbisnis sablon, sebaiknya anda mengetahui teknik-teknik tersebut untuk memilih mesin mana yang bisa anda pilih dan beli. Oke sahabat, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda!

Share

Related Post

Segera Dapatkan Info Terbaru dari Kami

Gak Pake Lama, Input Email Anda Disini!

You have Successfully Subscribed!