Sablon flock merupakan sablon dengan lem khusus yang menggunakan serbuk flock pada saat mencetak. Sablon flock merupakan salah satu teknik yang sangat mudah diaplikasikan di kehidupan sehari-hari karena proses pembuatannya memiliki cara yang sederhana. Seperti yang sudah dijelaskan di artikel sebelumnya, sablon flock dapat dilakukan dengan cara manual, digital maupun gabungan antar keduanya.

Sablon flock tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, penjelasan lebih lanjut bisa lihat penjelasannya berikut ini!

 

Kelebihan

Dengan karakteristik dan ciri khas yang unik, sablon flock tentu memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh teknik sablon lainnya. Adapun kelebihannya adalah sebagai berikut!

  • Sablon ini memiliki karakteristik yang bagus karna dapat menutup serat kain secara sempurna
  • Hasil sablon flock sangat unik karena memiliki efek timbul pada desain yang diaplikasikan
  • Tampilan yang berkelas karna hasil yang berbulu halus dan lembut pada permukaannya
  • Hasil sablon flock terlihat elegan karena tampilan beludru yang eksklusif
  • Cocok untuk bisnis karena dapat menaikkan omset karena sablon flock beludru harga jaul nya tinggi dan diminati banyak orang
  • Tahan cuci dibandingkan dengan tinta waterbase

 

Kekurangan

Meskipun sablon flock memiliki kelebihan yang cukup menjanjikan untuk bisnis, tentu sablon flock tidak luput dari kekurangan. Berikut kekurangan dari sablon flock!

  • Sayangnya, walaupun hasilnya sangat bagus tapi sablon flock hanya bisa diaplikasikan pada satu warna saja
  • Susah diaplikasikan pada desain yang rumit. Hanya bisa pada desain yang sederhana seperti angka yang tidak terlalu banyak detail.
  • Perwatan sablon flock yang cukup rumit karena tidak boleh dicuci di mesin cuci dan juga di setrika langsung.

 

Itulah kelebihan dan kekurangan pada sablon flock. Untuk meminimalisir kekurangan pada sablon flock, anda harus mengetahui cara perawatannya yang baik dan benar. Berikut perawata pada sablon flock yang wajib anda tau!

 

  1. Jangan mencuci sablon flock menggunakan teknil dry cleaning atau mesin cuci, sebaiknya cuci sablon flock menggunakan manual saja pakai tangan
  2. Ketika mencuci sebaiknya jangan menyikat langsung dan dibalik supaya desainnya tetap terjaga kualitasnya
  3. Supaya hasil sablon flock tetap bagus, cuci menggunakan air hangat yang bersuhu sekitar 60 derajat celcius
  4. Hindari mencuci dengan menyikat langsung sablon flocknya agar desainnya tidak terkelupas atau rusak
  5. Pada saat menjemur pun posisi sablon flock harus di dalam ya sahabat agar tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung, karena dapat memudarkan warna sablon flocknya
  6. Jangan menyetrika secara langsung di atas desain, bisa anda lapisi atau di balik
  7. Untuk membersihkan bagian sablon, anda bisa menggunakan roller lengket yang biasa dipakai untuk membersihkan buliu binatang. Atau anda juga bisa menggunalan selotip yang kuat namun tidak merusak sablonnya.

 

Itu dia kelebihan dan kekurangan serta cara merawat sablon flock pada kaos yang perlu anda lakukan sahabat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat!

Share

Related Post