Sablon foam, merupakan salah satu teknik sablon yang terlihatĀ  menggelembung seperti busa pada kaos. Sablon ini terbuat dari bahan karet yang biasa dibuat proses pemanasan khusus agar mendapatkan efek timbul pada hasil akhirnya. Tinta yang digunakan pada sablon ini pun sangat khusus digunakan untuk menghasilkan sablon timbul atau busa.

Di dunia garment, sablon foam terkenal dengan sebutan puff print. Tinta pada sbalon ini bisa menggunakan tinta rubber dan ada yang plastisol, perbedaannya terlihat pada hasil timbul pada kaos atau medianya. Tinta yang dipakai bisa dibuat campuran antara rubber dan juga foam, yakni perbandingannya bisa memakai 80 : 20, 70 : 30, dan 60 : 40 sesuai dengan pengembangan yang diinginkan seberapa besar.

Sayangnya, hasil sablon foam ini tidak bisa menghasilkan warna yang terlalu pekat dan tajam. Karakter foam yang mengembang membuat warna pada hasil akhirnya mengalami penurunan setelah dipress. Besar atau kecilnya penuruan warna yang dihasilkan, tergantung dengan seberapa pengembangan yang anda inginkan. Semakin besar pengembangan yang dilakukan, maka semakin besar pula penurunan warna yang terjadi.

Efek timbul pada sablon foam ini kan terlihat saat proses selesai pengepressan. Efek timbul yang terlihat pun membentuk pinggiran yang bulat atau radius.

 

Sumber : fitinline.com

 

Sablon ini tidak cocok digunakan untuk bahan spandex, jika anda ingin menggunakan bahan spandex maka harus menggunakan teknik khusus pada prosesnya. Teknik khusus seperti campurannya untuk hasil optimal dan juga tidak pecah.

Tinta puff pada sablon foam ini terbuat dari campuran dari penggabungan warna konsentrat dengan tinta. Tinta yang digunakan tersebut diaplikasikan di baju menggunakan bantuan aplikasi pemanas seperti heat press, dan menghasilkan tekstur seperti 3 dimensi. Tinta puff dapat juga digunakan untuk berbagai warna.

Sablon foam dikategorikan sebagai sablon manual dengan hasil yang tidak mengecewakan. Proses yang dilakukan pun membutuhkan keahlian khusus dan juga teknik yang tepat agar hasilnya pun akurat.

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai sablon foam yang harus anda ketahui. Karna selain sablon flocking, digital, polyflex masih ada sablon foam dan lainnya yang digunakan pada dunia printing saat ini. Semoga artikel ini menambah informasi dan wawasan anda sahabat.

Deprintz, Buat Usaha Jadi Mudah!

Share Artikel ini

Related Post