Sablon merupakan teknik mencetak dengan desain menggunakan screen pada media kaos atau kain. Teknik sablon sendiri terbilang mudah dan sangat sederhana karena hanya tinggal memindahkan cetakan ke bidang kain. Tujuan dari sablon ini sendiri adalah untuk menciptakan kain-kain bermotif yang unik dan menarik. Oleh karena itu, semakin berkembangnya zaman, teknik sablon pun mulai banyak beredar di pasaran, mulai dari DTG, Cutting, dan lain sebagainya.

Salah satu sablon yang sangat kekinian dengan menggunakan cara khusus adalah sablon flock. Sablon flock merupakan sablon dengan cara teknik flocking yang dibuat dengan tambahan khusus untuk menampilkan efek timbul pada permukaan kain atau media pada hasil akhir sablonnya. Flock sendiri merupakan bahan sejenis rubber (karet) atau serat fiber dengan tekstur yang halus.

Dalam pembuatannya, sablon ini dikenal dengan 3 jenis flock yang bisa digunakan yaitu flock serbuk, flock dalam bentuk lembara kertas, dan flock dalam bentuk stiker. Semua jenis ini membutuhkan lem untuk merekatkan flock dengan media yang ingin anda sablon. Untuk itu, anda bisa menggunakan SP top ink pada tinta waterbase dan high density clear gel pada tinta plastisol.

Berdasarkan cara pembuatannya, teknik flock ini bisa dilakukan secara manual, digital atau keduanya (manual dan digital). ketiga cara ini memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri,adapun penjelasannya dalah sebagai berikut!

 

Sumber : tokopedia.com Hasil Sablon Polyflex Flock

 

  1. Cara manual

Cara manual sablon flock secara manual sama seperti sablon manual biasa, hanya saja pada saat pemberian tinta diganti dengan ditaburkan serbuk flock. Sebelum ditaburi serbuk flock, anda harus memberi lem khusus agar serbuk flock nya menempel.

Adapun cara membuat sablon flock dengan cara manual yakni :

  • Persiapkan kain atau media yang ingin disablon
  • Cetak gambar dengan desain menggunakan lem khusus dan screen
  • Taburkan serbuk flocknya ke atas desain yang sudah diberi lem khusus dan dicetak, bersihkan sisa serbuknya yang ada di luar gambar
  • Keringkan sablon dan sablon dengan desain beludru yang cantik

Dari segi peralatan yang dibutuhkan, sablon flock dengan cara manual ini tidak membutuhkan biaya yang terlalu mahal dibandingkan dengan sablon digital. Sablon flock ini membutuhkan waktu yang lama karena harus dilakukan seara manual.

 

  1. Cara Digital

Sablon flock dengan cara digital ini dibuat dengan cara mencetak kertas transfer flock yang berbentuk seperti sticker. Cara ini biasanya digunakan untuk membuat produksi sablon flock dengan cepat dengan harga yangtidak terlalu mahal.

Cara pembuatannya dengan digital yakni sebagai berikut :

  • Siapkan kain, mesin cutting dan hot press
  • Potong flock stickernya menggunakan mesin cutting sesuai dengan pola dan desain yang diinginkan
  • Tempelkan sticker yag sudah dicutting diatas kain lalu press menggunakan mesin hot press selama 15 detik disuhu 165 derajat celcius.
  • Untuk memastikan bahan sticker flocknya menempel secara sempurna, lakukan pengepressan 2-3 kali.

 

  1. Cara Keduanya (Manual & Digital)

Cara gabungan manual dan digtal ini dilakukan dengan menggunakan sticker transparan dan menempelkannya secara manual dengan lem khusus. Desain yang sudah jadi dipotong dan dilekatkan pada media yang akan disablon dengan mesin heatpress.

Untuk mendapatkan hasil sablon yang maksimal, maka anda perlu memerhatikan beberapa hal berikut!

Ketebalan Lem

Jangan menggunakan lem terlalu banyak, karena penggunaan lem yang terlalu banyak akan membuat sablon flock susah kering. Jika hal ini dilakukan, maka lem akan memakan serbuk flock dan membuat hasil nya tidak bagus.

Suhu untuk pengeringan

Pengaturan suhu harus tepat supaya menghasilkan sablon flock yang bagus. Suhu yang terlalu panas akan menyebabkan hasil sablon flock akan kaku. Tapi, jika suhu tidak terlalu panas akan membuat sablon flock gampang terkelupas saat dicuci.

Gunakan masker

Masker berfungsi untuk melindungi pernapasan agar serbuk flocknya tidak masuk ke dalam pernapasan.

 

Itulah 3 cara untuk melakukan sablon flock yang bisa anda gunakan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda sahabat!

Share

Related Post