Bisnis sablon kaos merupakan bisnis yang sudah digemari oleh banyak orang karena kaos merupakan kebutuhan manusia yang tidak pernah habis zaman,sehingga bisnis sablon kaos menjadi bisnis yang sangat diburu oleh banyak pebisnis. Tentunya, peluang bisnis inilah yang bisa anda coba untuk meraih keuntungan yang cukup menjanjikan.

Seperti yang sudah anda ketahui, sablon kaos memiliki beragam teknik yang bisa digunakan, salah satunya adalah teknik sublim. Sublim merupakan teknik sablon kaos dengan cara yang mudah, praktis, dan juga cukup terjangka, sehingga anda bisa menggunakan teknik sublim sebagai solusi yang tepat. Teknik sablon kaos sublim ini adalah teknik pencetakan desain ke dalam kaos dengan menggunakan printer tinta sublim, kertas sublim, dan mesin press. Ketiga alat ini sangat dibutuhkan untuk memulai sablon kaos menggunakan teknik sublim.

Setelah anda sudah mempersiapkan alat-alat yang akan digunakan, anda bisa memulai untuk melakukan sablon dengan teknik sublim. Lantas, apa saja sih langkah-langkah mencetak kaos dengan teknik sublim dengan cara yang benar? Berikut cara-caranya!

 

  1. Buat Desain dan print menggunakan tinta sublim

 

 

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mempersiapkan desain. Buatlah desain yang bagus, yang berbeda dan sesuai dengan target pasar agar disukai oleh pelanggan. Setelah desain sudah dibuat, kemudian print desain tersebut. Desain yang diprint harus diletakkan pada kertas sublim atau transfer paper dan juga harus menggunakan tinta sublim (dye sublimation printer).

 

  1. Persiapkan Kaos

 

 

Setelah semua desain sudah dipersiapkan, maka anda harus mempersiapkan kaosnya. Kaos akan diletakkan diatas mesin press, usahakan kaos yang diletakkan harus sesuai dengan posisi yang tepat. Agar posisi nya tepat, sebaiknya memberi garis tanda plus pada permukaan kaos agar posisi kanan kiri atas bawah rata. Sayangnya, kaos yang dapat digunakan hanyalah kaos dengan bahan polyester dan berwarna putih. Sablon dengan teknik sublim tidak bisa diletakkan di kaos berwarna hitam karna tinta sublim hanya bisa C, M, Y dan K.

 

  1. Persiapkan kertas dengan hasil print desain

 

 

Setelah kaos sudah dalam posisi yang tepat diatas mesin press, maka anda bisa meletakkan desain yang sudah di print di atas kaos. Desain yang diprint harus diletakkan menghadap ke permukaan kaos yang ingin dicetak. Pastikan posisinya tepat dan tidak miring. Disinilah gunanya tanda garis plus agar posisi kanan kiri atas bawahnya rata.

(Baca juga : Peluang Usaha Masa Kini, Patut Anda Coba)

 

  1. Lakukan press kaos untuk mencetak desain

 

 

Langkah berikutnya, anda harus menggunakan fungsi dari mesin press. Press kaos dan kertas sublim dengan suhu sekitar 120 – 159 derajat celcius. Biasanya, dengan suhu yang tinggi tersebut anda hanya perlu melakukan press kaos selama 5 – 10 detik saja.

 

  1. Lepaskan kertas desain dan kaos selesai disablon

 

 

Langkah terakhir, setelah kaos selesai dipress maka selanjutnya adalah melepaskan kertas sublim secara hati-hati dan perlahan dari permukaan kaos. Selanjutnya adalah melihat hasil sablon yang anda buat, keren bukan? Dengan begitu, proses sablon dengan teknik sublim sudah selesai.

 

Begitulah langkah-langkah sablon kaos dengan teknik sublim yang bisa anda gunakan untuk membuat usaha dibidang printing. Jika langkah-langkah diatas sudah anda kuasai, maka usaha sablon kaos dengan teknik sublim pun dapat anda mulai.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda ya sahabat!

Share

Related Post