Kekurangan dan kelebihan suatu mesin sangat berpengaruh pada harga yang akan anda keluarkan. Semakin tingi spesifikasi yang anda dapat, maka besar kemungkinan harga yang akan anda keluarkan pun sama tingginya. Dan sebaliknya, ketika spesifikasi yang anda dapatkan rendah bisa jadi uang yang akan anda keluarkan pun sedikit.

Lalu, apa yang menentukan besar kecilnya harga terhadap mesin CNC? Tentu selain dari spesifikasinya, ada macam-macam yang menyebabkan mengapa harga mesin CNC itu tinggi atau rendah. Baiklah, kita bahas aja yuk..

 

  1. Jenis Material

Jenis material menentukan tinggi atau rendahnya harga mesin itu sendiri. Semakin mudah material yang diproses, maka semkain murah harga yang bisa kita dapatkan. Pun sebaliknya, ketika jenis material yang kita gunakan sulit unuk diproses maka harganya pun akan sangat tinggi. Contohnya, jika kita menggunakan material jenis kayu, tentu harga yang akan kita keluarkan pun lumayan murah dibandingkan kita mengoperasikan jenis material berbahan dasar baja.

 

  1. Kepresisian

Pada saat mesin CNC bekerja, motor penggerak mesin CNC akan bergetar yang mempengaruhi kesamaan titik yang dibaca software dengan kesamaan titik pada mata bit CNC yang berfungsi seagai pembentuk presisi pada mesin CNC. Semakin presisi hasil yang digunakan mesin CNC, maka semakin mahal harga mesin CNC itu.

 

  1. Ukuran bidang kerja (platform)

Semakin besar area kerja yang dapat diolah mesin CNC, tentu komponen yang digunakan pun semakin beragam. Maka dari itu, semakin besar area bidang kerja tentu semakin besar pula uang yang harus kita keluarkan.

 

  1. Kekuatan dan kualitas

Poin ini maksudnya adalah kekuatan seperti motor steeper, motor penggerak, kelistrikan dan yang lainnya. Semakin baik kualitasnya, maka menentukan pula harga yang akan anda peroleh.

 

  1. Layanan purna jual

Maksud dari poin ini berkaitan dengan maintenance dan komponen yang anda dapat ketika membeli mesin dengan purna jual yang oke. Ketika ada yang menjual mesin CNC dengan purna jual yang oke, itu menentukan harga dari pelayanan yang anda dapat. Semakin baik pelayanannya, tentu anda feedback antara anda dan penjual mesin CNC itu sendiri.

 

 

Mahal atau murahnya suatu barang, kita akan puas jika sesuai dengan apa yang akan anda dapatkan. So, mahal itu relatif tergantung dengan barangnya ya…

Kalau murah dengan spesifikasi yang anda inginkan tinggi, lebih baik anda berdoa semoga saja ada mesin CNC dengan harga yang murah tapi kualitas tinggi. Hehehe

Well, dari penjelasan diatas maka kita akan tau bahwa ada harga ada kualitas. Tinggal anda menentukan sesuai kebutuhan yang anda inginkan.

Share

Related Post