PSBB atau singkatan dari Pembatasan Sosial Berskala Besar yang saat ini sedang ramai diperbincangkan. PSBB dilakukan untuk menekan laju penyebaran virus corona yang sampai saat ini masih belum selesai. Daerah yang sudah melakukan PSBB adalah Surabaya dan Bandung, dimana daerah itu merupakan daerah dimana banyak pengusaha, penjual, pekerja kantoran yang mengais rezeki di tempatnya.

Saat ini, bisnis di rumah aja merupakan salah satu solusi tepat bagi masyarakat yang ingin menambah penghasilan. Jualan camilan, masker, dan beragam usaha lainnya dengan cara menjajakannya secara online. Selama psbb, sector industri dan perkantoran yang tidak tercantum dalam pengecualian tidak boleh beroperasi. Namun, jasa pengiriman tetap beroperasi sehingga jualan online adalah ;angkah tepat selama psbb berlangsung.

Namun, tidak memungkiri jualan online pun ada beberapa hambatan yang terjadi. Mulai dari apa yang harus dijual dan bagaimana cara memasarkannya. Bagi anda yang ingin tetap cuan namun mentok jualannya, berikut ada tips yang bisa anda terapkan.

 

Cari Produsen makanan jadi di sekitar rumah anda

 

 

Jika anda merasa mentok harus jualan apa, maka anda bisa mencari produsen makanan jadi di sekitar daerah atau rumah anda. Mencari produsen makanan pun tidak sembarangan, anda harus betul-betul survey secara online apakah jajanan itu yang dibutuhkan saat pandemi ini berlangsung. Misal, pada bulan ramadhan banyak sekali yang menjajakan kue atau snack untuk menjelang hari raya idul fitri. Oleh karena itu, anda bisa memulainya dengan mencari produsen pembuat kue dan anda bisa minta dijadikan reseller.

 

Cari cara untuk mengemas makanan agar lebih bagus

 

 

Ketika anda sudah menentukan produk makanan yang akan anda jual, anda harus mencari ide untuk mengemas makanan itu dengan praktis namun tetap higienis. Buatlah kemasan makanan yang tertutup dan bersih sehingga ketika orang lain melihat akan mampu menarik perhatian tanpa rasa khawatir. Seperti yang anda tahu, saat ini higienis merupakan salah satu cara untuk anda terhindar dari virus corona ini. Jadi, pastikan anda mengemas makanannya dengan bagus, rapi dan tentunya higienis ya.

 

Buatlah video saat proses produksi dan operasional yang higienis

 

 

Untuk menambah keyakinan customer dalam memilih makanan yang anda jual, maka buatlah video yang menunjukkan ketika produksi makanan itu dibuat. Rekam secara apik dan jelas bahwa makanan yang anda produksi itu dibuat dan dikemas secara higienis. Dengan video yang anda buat itulah yang akan membuat keyakinan customer meningkat. Buat video step by step produksi sampai proses pengemasan secara terperinci agar hasil videonya semakin maksimal.

 

Iklankan radius 5-10 km dari daerah rumah anda (yang bisa dikirim pakai ojek online)

 

 

Jika anda sudah melakukan 3 step di atas, gunakan iklan dalam jualan online anda dalam radius 5 sampai 10 km atau jarak yang bisa dikirim menggunakan ojek online. iklankan jualan anda di media sosial, di marketplace dan status whatsapp agar banyak orang yang melihat tertarik untuk membeli produk yang anda jual. Iklan ini akan membantu anda dalam memasarkan produk yang anda jual agar tepat sasaran dan sesuai target. Banyak sekali platform iklan yang bisa anda coba, salah satunya melalui ads yang sudah terbukti keberhasilannya dalam prihal jual beli.

 

Jual produk dengan Free ongkir pakai gojek namun anda tidak rugi

 

 

Dari sinilah kreativitas anda diuji, yakni strategi marketing yang matang dan bagus. Gunakan promo “free ongkir pakai gojek/grab” namun anda tetap untung dan cuan. Hal yang harus anda perhatikan adalah dengan cara memasukkan ongkir ojek online itu pada harga jual produk makanan anda. Dengan strategi ini, anda akan menambah value bagi orang lain yakni potongan ongkir yang pada dasarnya ongkir tersebut dibayarkan melalui harga jual produk anda. Hal inilah salah satu strategi marketing yang apik untuk bisa menarik pelanggan. Survey jarak gojek di radius 5-10 km berapa, rata-ratalah ongkos jarak tersebut agar anda tetap untung meskipun menggunakan promo free ongkir.

 

Nah, itulah 5 step yang harus anda lakukan untuk tetap fight meskipun kondisi corona lagi menyerang perekonomian dunia. 5 tips di atas akan membantu anda yang merasa mentok jualan, khususnya bagi anda yang dirumahkan atau ingin menambah penghasilan. Jika corona virus kecil tak terlihat mampu menggoyahkan dunia, yakinkan diri anda bahwa anda mampu melewatinya dengan penuh semangat api membara. Yuk kreasikian diri anda dengan tetap produktif di rumah namun tetap cuan dalam aktivitas sehari-hari.

Jika anda ingin konsultasi prihal kebutuhan mesin dan usaha apa yang lagi booming saat ini, bisa hubungi deprintz ya. Deprintz menjual berbagai mesin produksi makanan yang bisa anda gunakan untuk menghasilkan makanan sendiri untuk dijajakan. Deprintz, Buat Usaha Jadi Mudah!

KLIK DISINI UNTUK KONSULTASI GRATIS

Related Post