Masking merupakan cara atau teknik yang biasa digunakan untuk menempelkan sticker pada media yang diinginkan. Sticker multi colour artinya hasilnya adalah sticker yang digabung dengan warna yang berbeda. Dalam proses pembuatan dan tutorial ini, yang paling penting adalah ketelitian dan kesabaran. Untuk mengetahui cara membuatnya adalah sebagai berikut!

 

Alat dan bahan

  • Sticker Oracal
  • Sticker Masking
  • Gunting
  • Alat Peeling Sticker
  • Mesin Cutting Sticker

 

Cara Membuatnya

 

    • Desain (siapkan desain di aplikasi Silhouette Studio)
    • Cutting     potong stiker sesuai kebutuhan, pasang pada mesin cutting sticker. Setelah file siap, pindah ke menu send di pojok kanan atas, lalu pilih menu cut (potong) dan pilih material sesuai bahan yang akan dipotong. Maka pengaturan cut, seperti speed dan force akan menyesuaikan dengan sendirinya. Tekan tombol send dibagian bawah menu dan tunggu hingga proses cutting selesai. (lakukan hal yang sama untuk semua warna sticker)

      Selanjutnya ambil sticker yang telah dipotong dan kelupas hasil cutting hingga menyisakan desainnya saja. (lakukan hal yang sama untuk semua warna sticker)

       

    • Masking

      Ambil stiker masking seperlunya untuk menyusun stiker warna yang telah dipotong seperti pada video. Lalu ambil sticker yang ingin dipakai menggunakan masking dan tutup sebagiannya menggunakan kertas glossy agar tidak menempel pada masking. (lakukan hal yang sama untuk semua warna sticker, hingga semua warna sticker terkumpul dalam satu lembar masking)

      Setelah semua warna sticker terkumpul dalam saru lembar masking, tempelkan kembali pada kertas sebelumnya

 

Mau tau cara buatnya lebih jelas, Cek tutorialnya di video berikut ini!

 

Nah, begitulah cara mudah dalam menggabungkan sticker multi colour menggunakan teknik masking. Bagaimana, tentunya mudah bukan? jadi, bagi anda yang ingin menempelkan sticker multi colour di berbagai media, bisa coba cara diatas sahabat!

Dengan cara ini, anda akan mudah menempelkan beragam sticker di media yang anda inginkan seperti laptop, mesin cuttingnya sendiri, handphone, botol atau beragam media lainnya. Oke sahabat, selamat mencoba tutorialnya di rumah. Semoga artikel ini membantu menambah wawasan dan kreativitas kalian.

Deprintz, Buat Usaha Jadi Mudah!

Share

Related Post