Mesin laser cutting merupakan mesin industri masa kini untuk melakukan sebuah usaha. Produk yang bisa dibuat dengan mesin ini pun banyak ragamnya, mulai dari produk yang sederhana sampai yang rumit. Biasanya, mesin ini digunakan sebagai alat bantu potong agar lebih presisi. Mesin ini biasanya memiliki turunan yang harus anda ketahui salah satunya adalah tabung laser.

Untuk memasang tabung laser di dalam mesin pun bukanlah sesuatu yang susah, namun harus dilakukan sesuai dengan prosedur. Maka dari itu, anda membutuhkan seorang teknisi dalam memasang tabung laser denan baik dan benar. Tetapi, saat ini anda pun bisa melakukannya sendiri karena anda akan disuguhkan secara GRATIS mengenai pemasangan tabung laser secara mudah bersama Mr.Teknisi Deprintz yang akan siap membantu anda prihal masalah teknis menggunakan mesin-mesin usaha.

Dalam memasang tabung laser pada mesin laser cutting, ada beberapa tahap yang harus anda lakukan yakni sebagai berikut!

 

  • Buka Tabung Laser dari dalam kemasan secara hati-hati & Pasang di Mesin laser
    Untuk inputannya memiliki ciri khusus yakni gulungan kaca berada di sebelah kiri. Yang sebelah ujung kiri input, dan yang sebelah ujung kanannya output. Rata-rata gulungan kaca tabung laser berada di ujung kiri, sehingga anda tidak perlu khawatir jika keliru.

 

  • Pasang Tabung Laser Di dudukan Tabung Lasernya
    Di bagian input, ada dua kabel yakni kabel besar atau kabel plus (+) dan kabel kecil atau kabel minus (-).

 

  • Pasang kabel minus (-)
    Lilit kabel minus (-) di bagian output dengan cara dililit rapi, kemudian beri lem sealant (bisa juga menggunakan lem lain yang terpenting isolator atau tidak menghantarkan listrik) secara rata untuk memudahkan dan mempercepat dalam melepas tabung lasernya.

 

  • Pasang kabel Plus (+)
    Pasang kabel plus (+) di bagian input secara rapi, lalu beri lem sealant secara merata seperti pada saat memasang kabel minus (-). Hal yang harus diperhatikan saat pasang kabel minus (-) dan plus (+) adalah kabel rapat dan tidak kendor. (Usahakan memasang lem sealant rata ke seluruh kabel agar ketika kabel terkena body mesin tidak meleduk). Kemudian, tunggu lemnya benar-benar kering baru memasang selang pendinginnya.

 

  • Pasang selang pendingin water Inlet
    Pada mesin laser, terdapat sticker yang menunjukkan dimana selang harus di pasang. Yang pertama adalah water inlet dipasang di bagian input sebelah kiri tabung lasernya. (Tips : beri sedikit pelumas bisa shampoo sedikit agar permukaan selang licin sehingga mudah untuk dipasang di bagian inlet pada tabung lasernya)

 

  • Pasang selang pendingin water outlet
    Kemudian, pasang selang pendingin satunya ke water outlet. Lalu, pasang water outlet di bagian output tabung laser yang sebelah kanan. Usahakan selang pendingin saat memotongnya dengan rata untuk mempermudah dimasukkan ke tabung lasernya.

 

  • Perhatikan jarak tabung laser ke body mesin
    Usahakan saat memasang tabung laser jangan sampai terlalu mepet ke body mesinnya, karena hal ini akan membuat tabung laser meleduk hingga mengeluarkan percikan api. Beri spasi atau jarak yang seimbang dari bagian input dan bagian output tabung lasernya. Jarak antara tabung laser dan body mesin berkisar 2 cm sampai 3 cm saja.

 

  • Pasang penjepit tabung
    Pasang penjepit tabung secara kuat agar tabung lasernya tidak goyang atau bergerak.

 

Untuk lebih jelas, bisa lihat video berikut ini!

 

Nah, itulah cara memasang tabung laser bersama Mr.Teknisi Deprintz yang sangat mudah dan bisa anda aplikasikan ke mesin laser anda sendiri. Namun, hal yang paling wajib anda perhatikan dalam memasang tabung lasernya, yakni berikut ini!

  • Pastikan kabel plus (+) dan minus (-) harus rapat dan tidak kendor
  • Kabel harus dilindungi isolator, gunakan lem yang bersifat isolator (tidak menghantarkan listrik)
  • Jangan sampai kabel pendingin antara inlet dan outletnya tertukar

 

Yup, begitulah cara yang sangat mudah dalam memasang tabung laser secara baik dan benar bersama Mr.Teknisi Deprintz. Jika sahabat ada permintaan tutorial bersama Mr.Teknisi Deprintz bisa komentar di bawah ya. Semoga artikel ini bermanfaat karena bersama Deprintz, Buat Usaha Jadi Mudah!

Share Artikel ini

Related Post