Mug merupakan salah satu produk yang dibutuhkan sehari-hari. tentu hal ini membuat kebutuhan mug sangat diminati oleh banyak masyarakat. Dalam teknik printing, mug dapat disablon dengan cara tekik sublimasi. Biasanya mug yang disablon ini untuk menimbulkan kesan yang lebih unik dan cantik sehingga orang lebih tertarik untuk membelinya. Dan tak jarang bahwa mug dengan sablon ini seringkali digunakan sebagai kado pernikahan atau souvenir.

Dengan banyak peminat tentang mug yang disablon inilah para pebisnis banyak yang mulai membuat usaha sablon dengan teknik sublimasi. Dalam proses teknik sublime, ada bahan dan proses yang harus anda lakukan. adapun bahan dan prosesnya bisa anda lihat di bawah ini!

Bahan-bahan

    • Gambar atau desain yang ingin dicetak ke dalam mug
    • Printer apapun. Namun, tintanya menggunakan tinta sublime
    • Kertas sublime
    • Mesin Heat Press Mug
    • Lakban anti panas atau sticker vinyl

 

Cara Membuat

    • Gambar atau desain yang ingin anda sablon di dalam mug. Ana bisa membuat desain menggunakan software edit photo seperti photosop, atau software design seperti adobe illustrator atau corel draw. Ukuran normal desain untuk sablon mug umunya adalah 8 cm x 20 cm dengan resolusi gambar 30 px/cm paling bagus
    • Cetak gambar yang sudah anda desain menggunakan printer dan juga tinta sublime. Untuk mendapatkan kualitas terbaik, saat setting print gunakan mirror image.
    • Potong gambar yang sudah diprint menggunakan gunting
    • Gambar yang sudah dipotong ditempelkan ke permukaan mug dengan sisi gambar yang menempel pada permukaan mugnya
    • Gunakan lakban anti panas atau sticker vinyl untuk melekatkan gambar dengan mugnya.
    • Selanjutnya masukkan mug nya ke dalam mesin heat press dengan suhu 200 derajat celcius dengan waktu selama 150 detik
    • Jika sudah 150 detik, keluarkan mug dari mesin heatpressnya
    • Secara perlahan lepaskan kertas yang menempel pada mugnya
    • Sablon mug anda sudah bisa dilihat dan tertempel di mug.

 

Sumber : civitas.uns.ac.id

 

Nah, itu dia tutorial dalam pembuatan sablon mug dengan teknik sublimasi. Meskipun terbilang mudah dan simple, namun ada beberapa yang harus diperhatikan mulai dari kualitas mug, kertas dan juga tinta sublime. Selain bahannya, proses saat sublimasi pun sangat mempengaruhi kualitas hasil sablon pada mugnya.

Beberapa masalah yang seringkali dihadapi saat menyablon mug dengan teknik sublimasi itu beragam. Diantaranya adalah sebagai berikut!

 

  1. Hasil print yang tidak sempurna.

Hal ini dikarenakan saat proses pemanasannya yang kurang lama. Bisa juga karena suhu pada mesin press yang kurang tinggi atau press pada mugnya longgar

 

  1. Hasil printnya gosong

Hal ini disebabkan pada saat proses pemasan terlalu lama dengan suhu yang terlalu tinggi

 

  1. Kertas lengket di permukaan mug

Biasanya kertas lengket di permukaan mug setelah dipress dikarenakan coating pada mug yang kurang bagus

 

  1. Hasil cetak buram dan luntur

Biasanya hal ini terjadi karena pelapisan coating mug yang terlalu tipis. Jadi jika saat coating mug, anda harus meng-coating mugnya dengan maksimal

 

  1. Hasil mug mudah terkelupas

Hal ini dikarena saat coating pada mugnya tidak kuat, sehingga menyebabkan sablon pada mugnya terkelupas.

Dapat ditarik kesimpulan, bahwa jika anda ingin memulai sablon mug dengan teknik sublimasi hal yang harus diperhatikan adalah mulai dari kualitas mug sampai dengan proses seperti ssaat coating atau press benar-benar sesuai prosedur. Jika semua proses dan prosedurnya sudah tepat, maka bisa dipastikan hasil cetakan sablonnya akan sesuai dengan apa yang anda inginkan.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat. Jika anda ingin konsultasi soal bisnis atau mesin-mesin usaha, bisa menghubungi deprintz ya. karena bersama Deprintz, Buat Usaha Jadi Mudah!

Share

Related Post