Seperti yang sudah anda ketahui di artikel-artikel sebelumnya mengenai printer sublim. Printer sublim biasanya menggunakan media transfer paper (kertas HVS, kertas double matt, kertas inkjet, transfer print, kertas khusus sublimation dan lain-lain). Printer sublim digunakan pada media kain salah satunya kaos menggunakan tinta khusus untuk sublimasi.

Metode teknik sublim yang biasa dipakai untuk print kain besar menggunakan printer untuk transfer paper yang besar pula, area mesin rata-ratanya adalah 160 cm menyesuaikan dengan ukuran kertasnya. Cara mencetak sublime ini menggunakan kertas transfer paper  roll to roll atau biasa disebut dengan mesin printing kain. Kertas transfer paper di rolling diatas media kain dengan minimal suhu 200 derajat celcius.

Teknik sublim ini dicetak langsung ke dalam media kain yang ingin anda sablon, jadi kualitas hasil cetak berpengaruh dari kualitas tinta, jenis media transfer (kaos khususnya) dan juga kekuatan mesin heat press untuk menempelkan hasil desain yang dicetak ke dalam kain.

Nah, dalam dunia bisnis usaha sablon khususnya usaha printing kaos yang menggunakan teknik sublim, tentu ada yang plus da nada minus. Oleh karena iru, ada beberapa plus minus usaha printing kaos dengan menggunakan teknik sublime, yakni diataranya berikut ini.

 

Plus Usaha Printing Kaos Sublim

    • Warna yang dihasilkan oleh teknik ini sangat banyak dan bervariatif, sehingga hasilnya pun lebih colorfull
    • Karena menggunakan transfer paper sebagai bahan utama, sehingga proses cetaknya jauh lebih cepat
    • Proses pengepresan menggunakan heat press digital sehingga proses pengeringannya lebih cepat selepas dipress
    • Dapat mencetak kaos dengan desain yang berbeda-beda, tidak ada batasan desain dan jumlah. (beragam kaos beragam desain tanpa minimal pemesanan)
    • Dapat mencetak desai kaos dengan full printed (desain bisa satu kaos full)

 

Minus Usaha Printing Kaos Sublim

    • Bahan kaos hanya bisa diaplikasikan di bahan polyester (PE, Jersey, dll)
    • Warna dan Hasil cetak bergantung pada kualitas tinta dan transfer paper, sehingga anda harus menggunakan tinta dan bahan transfer paper yang bagus jika ingin hasil cetak yang bagus pula
    • Harga transfer paper dan tinta yang bagus harganya cukup mahal sehingga untuk mencetaknya pun membutuhkan biaya yang relatif mahal pula
    • Tidak direkomendasikan untuk usaha kaos dengan low budget (jadi, bagi yang ingin usaha ini harus memiliki budget atau modal yang cukup)

 

Itulah beberapa plus minum untuk anda yang ingin usaha kaos printing sublim yang bisa anda jadikan pandangan. Jika anda memiliki modal yang mumpuni, anda bisa membuka usaha kaos printing sublim, namun jika belum lebih baik anda urungkan niat terlebih dulu atau bisa beralih dengan bisnis kaos sablon digital saja yang budgetnya tidak terlalu mahal. Jika dibandingkan dengan hasil, tentu hasil dari usaha kaos printing sublim tidak perlu diragukan lagi. Jadi, bagi anda yang ingin usaha kaos printing sublim sebaiknya lihat dulu plus minusnya ya sahabat.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian sahabat!

Share

Related Post

Segera Dapatkan Info Terbaru dari Kami

Gak Pake Lama, Input Email Anda Disini!

You have Successfully Subscribed!