Mesin CNC merupakan mesin industri yang sering digunakan untuk para pebisnis dalam mempermudah usahanya.

Seperti yang bossque tahu, mesin CNC merupakan mesin potong dan ukir di berbagai macam material. Mesin CNC seringkali digunakan dan dimanfaatkan dalam usaha industri manufaktur karena memiliki berbagai kelebihan mulai dari memotong material sampai mengukir 3 dimensi.

Tahukah kamu, ada beberapa jenis usaha yang membutuhkan mesin CNC selain industri manufaktur loh.

Namun, masih banyak sekali orang yang bingung mengenai mesin CNC dan mesin bubut. Padahal, dua-duanya merupakan mesin yang pada dasarnya sama namun pengaplikasiannya yang berbeda.

 

Apa Perbedaan Mesin CNC dan Mesin Bubut?

Pada dasarnya, mesin CNC dan mesin bubut memiliki kesamaan dalam hal memotong dan mengukir.

Perbedaannya adalah, mesin CNC merupakan pengembangan dari mesin bubut konvensional. Jika mesin bubut konvensional menggunakan tenaga perorangan untuk memotong dan mengukir material, maka beda hal dengan mesin CNC yang memanfaatkan tenaga pemograman berbasis komputer yakni mesin CNC itu sendiri.

Dengan mesin CNC, semua aktivitas diatur terlebih dahulu untuk pemograman komputernya, sehingga tak membutuhkan banyak operator untuk memproduksi barang. Jadi, lebih hemat sumber daya manusia dan waktu juga karna terbilang prosesnya lebih cepat dibandingkan mesin bubut konvensional.

 

Apa Saja Usaha Yang Butuh Mesin CNC?

Mesin CNC memiliki tingkat kepamoran yang cukup besar, mulai dari industri menengah sampai perusahaan industri manufaktur skala besar.

Salah satu mesin CNC yang terkenal adalah mesin CNC router yang biasa digunakan untuk memotong (cutting), alat ukir (engraving), dan alat membuat tanda (marking). Selain logam, material yang dapat dipotong mesin CNC adalah kayu, akrilik, keramik, alumunium, dan lain-lain.

Mesin CNC memiliki kelebihan yakni pengoperasiannya yang mudah dan tidak butuh banyak tenaga. Hal ini yang membuat banyak industri atau perusahaan menggunakan mesin CNC sebagai alat bantu produksi usahanya.

Penasaran dengan usaha apa saja yang membutuhkan tenaga mesin CNC?

 

Usaha di Bidang Advertising

Mesin CNC untuk potong signage (Abadi Mika)

 

Mesin CNC dalam bidang advertising ini ternyata cukup terasa manfaatnya. Mesin CNC sangat dibutuhkan karena dalam bidang advertising, fungsi dari mesin CNC sangat berguna.

Contoh simplenya, penggunaan mesin CNC pada pembuatan signage atau tanda seperti logo atau tulisan yang dicetak menggunakan material dasar akrilik ataupun kayu.

Karena usaha advertising merupakan jasa, biasanya mereka menggunakan jasa potong dari mesin CNC untuk panel ACP (Aluminium Composite Panel) sebagai media promosi dan informasinya. Jadi, dalam bidang advertising peran mesin CNC sangatlah penting.

 

Usaha di Bidang Mebel

Hasil Ukir mesin CNC di Usaha Mebel (Blogspot/Azahasmani)

 

Dalam usaha industri mebel, menggunakan mesin CNC merupakan salah satu cara untuk mempermudah usahanya. Mesin CNC dimanfaatkan untuk memotong kayu hingga membuat ukiran. Bukan sekedar kayu, mesin CNC bisa kamu manfaatkan di material lain.

Contoh usaha yang diproduksi pada usaha mebel yakni bisnis untuk membuat ukiran eksterior dan interior rumah. Seperti yang kamu ketahui, mesin CNC dapat digunakan untuk memotong dan mengukir di berbagai macam material.

Usaha mebel ini biasanya menyediakan ukiran berupa ornamen dan yang lainnya untuk bisa dipasang menghiasi rumah. Oleh karena itu, peran mesin CNC sangat penting dalam usaha mebel karena bisa mengukir material dengan berbagai desain yang unik.

 

Pabrik Manufacturing

Potong Besi Untuk Spare Part Motor (Otosia)

 

Jenis usaha ketiga yang membutuhkan mesin CNC adalah pabrik manufaktur.

Biasanya, pada pabrik manufaktur mesin CNC digunakan untuk memotong di berbagai produk seperti matras, labelling, perlatan mesin, spare part, dan lain-lain. Dalam dunia otomotif, mesin CNC juga mengambil peran untuk memotong dan mengukir material keras seperti besi dan tembaga.

Kemampuan ini pun harus diimbangi dengan kualitas dari mesin CNCnya sendiri. Karena mesin CNC beragam jenisnya sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan, tidak jarang pabrik manufaktur menggunakan mesin CNC sebagai alat potong dengan ketebalan material 10mm.

Mesin CNC digunakan pada usaha pabrik manufaktur karena memiliki kelebihan yang prosesnya relatif lebih cepat dengan hasil yang sangat memuaskan.

Karena programnya menggunakan komputer, sehingga kamu mampu mengukir sesuai dengan desain yang diinginkan dengan hasil yang presisi dan sangat mirip. Hal inilah yang membuat mesin CNC sangat dibutuhkan di bidang pabrik manufaktur.

 

Industri Menengah (UKM)

 

Hasil Gantungan Kunci Menggunakan Mesin CNC (Pinterest)

 

Dalam industri menengah maupun UKM, ternyata mesin CNC pun tetap sangat dibutuhkan.

Biasanya, para usaha menengah ini menggunakan mesin bubut konvensional untuk membuat barang atau produksi kecil seperti gantungan kunci atau merchandise lainnya. Dengan semakin berkembangnya teknologi dan zaman, kehadiran mesin CNC membuat produksi merchandise menjadi lebih mudah dan cepat.

Uniknya lagi, dengan menggunakan mesin CNC produksi barang dapat dibuat lebih unik dengan ukiran desain yang mudah sampai rumit sekalipun.

Selain itu, mesin CNC digunakan para UKM untuk memproduksi batu nisan. Hal inilah yang membuat mesin CNC menjadi salah satu mesin yang sangat dibutuhkan di dunia usaha saat ini.

 

 

Nah, itulah 4 jenis peluang usaha yang bisa kamu gunakan dengan mesin CNC. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu ya bossque.

Jika kamu butuh mesin CNC atau mesin usaha industri lainnya, jangan ragu untuk hubungi kami

Hubungi Kami Deprintz

Bersama Deprintz, Buat Usaha Jadi Mudah!

Share Artikel Ini