Hai Printzie!

Siapa sih disini yang tidak mengenal tumbler? Tumbler atau biasa disebut botol minuman ini bisa dibilang merupakan salah satu produk usaha yang selalu dibutuhkan bagi semua kalangan. Baik itu digunakan sebagai penyimpan air mineral, teh, atau bahkan kopi favorit.

Tumbler di masa kini pun terbilang menjadi sebuah produk dengan inovasi yang tidak biasa. Mulai dari bentuknya hingga model yang sengaja dibuat unik dan menarik.

Coba deh lihat gambar ragam jenis tumbler di bawah ini, menarik bukan?

tumbler custom

Contoh Tumbler Custom

Daya tarik masyarakat yang tinggi terhadap produk ini sering kali menjadikan tumbler custom sebagai salah satu merchandise toko ataupun media promosi bisnis. Selain itu, harganya yang terjangkau serta sifatnya yang reusable membuat beberapa orang tertarik untuk menjadikannya sebuah peluang usaha.

Memangnya, seberapa besar prospek dari usaha tumbler ini?

Usaha Tumbler Custom Memiliki Market Share Yang Besar

Seperti yang Minzie jelaskan di awal, bahwa animo masyarakat terbilang cukup tinggi terhadap penggunaan tumbler custom, hal ini tentu membuat semakin berjamurnya usaha-usaha tumbler sejenis. Maka dari itu, agar bisa keluar dari persaingan ketat, kamu bisa banget membuat inovasi lain yakni menjualnya secara custom.

Usaha tumbler custom ini lebih banyak peminatnya karena konsumen bisa lebih leluasa memilih desainnya sendiri sesuai selera. Jadi soal prospek jangan diragukan lagi ya karena pastinya menguntungkan dan keuntungannya bisa Minzie jamin sangat menggiurkan.

Apalagi satu buah tumbler custom bisa kamu jual seharga 20 ribu hingga 35 ribu hanya dengan bermodalkan stiker saja. Pasti kalian penasaran bagaimana perhitungannya kan? Siapkan catatanmu, berikut perhitungannya!

Mau Bisnis Tumbler Custom, Berapa Sih Modalnya?

Adapun alat yang kamu perlukan untuk memulai sebuah bisnis tumbler custom adalah mesin cutting sticker Cameo 4 (sudah dilengkapi auto blade). Untuk modalnya sendiri dalam pembuatan tumbler custom sebagai berikut

Modal Awal

modal awal tumbler custom

Catatan:

Biaya komputer/laptop tetap Minzie ikutsertakan sebagai estimasi investasi awal. Jadi abaikan jika kamu sudah memilikinya sendiri ya!

Kira-Kira Berapa Biaya Produksinya?

biaya produksi tumbler custom

Catatan:

Seperti yang Minzie sebutkan sebelumnya, untuk mencetak tumbler custom ini kamu hanya membutuhkan satu jenis stiker saja yakni oracal. Kenapa oracal? Baca kelebihan stiker ini di 7 Jenis Stiker Terbaik Untuk Usaha Custom

Balik lagi ke pembahasan, ada banyak sekali ukuran stiker oracal yang dijual di pasaran. Sesuaikan penggunaan dengan media yang dipakai ya! Untuk case ini asumsikan Minzie menggunakan stiker dengan ukuran lebar 126cm yang harganya sekitar Rp 82.000/meter. Jika ukuran tumbler adalah 14cm x 20cm maka, stiker ini bisa digunakan sebanyak 42 kali.

Nah, stiker oracal ini tidak bisa langsung kamu tempel di media tumbler ya, kamu membutuhkan yang namanya masking tape. Tape ini adalah media sementara untuk mempermudahmu dalam mengaplikasikan stiker. Contoh penggunaan seperti cuplikan video di bawah.

Sama seperti stiker oracal, karena banyak sekali ukuran masking tape dan dijual per roll (satu roll sekitar 6 meter), Minzie berpatokan pada panjang tumbler.

Asumsikan Minzie menggunakan ukuran 15cm, satu roll masking tape seharga Rp 185.000 ini bisa kamu gunakan sebanyak 250 kali.

Jadi total biaya produksi untuk tumbler custom ukuran 14cm x 20cm adalah Rp 12.423. Murah banget kan?

Bagaimana dengan biaya operasionalnya?

Biaya Operasional

Tumbler polos yang sudah di custom menggunakan stiker oracal ini rata-rata dapat dijual di pasaran dengan harga Rp 30.000/pcs. Sehingga keuntungan yang bisa kamu dapat sekitar Rp 17.577/pcs.

Jika biaya operasionalnya (listrik) sekitar Rp 1.000.000/bulan, maka berapa perhitungan balik modalnya?

Skema Perhitungan Balik Modal

Nah, balik modal pada setiap bisnis bergantung pada banyaknya orderan.

Dalam berbisnis, pasti ada fasenya sepi, sedang dan juga ramai. Jika orderan sepi tentu modal yang kamu keluarkan akan cukup lama kembali. Namun, Jika orderan ramai tentu modal yang kamu keluarkan akan cepat kembali. Oleh karena itu, kali ini kita buat skema balik modalnya ketika orderan lagi sepi, sedang dan ramai. Check this out!

Orderan Sepi

orderan sepi tumbler custom

Orderan Normal

orderan normal tumbler custom

Orderan Ramai

orderan ramai tumbler custom

Nah, itulah penjelasan mengenai peluang usaha tumbler custom yang sedang booming di pasaran. Jika kamu membutuhkan konsultasi atau kebutuhan mesin usaha yang paling bagus untuk memulai bisnis bisa hubungi Deprintz.

Hubungi Kami Deprintz

Bersama Deprintz, Buat Usaha Jadi Mudah!

Share Artikel Ini