Printzie, modifikasi body sepeda motor menggunakan stiker/stripping sepertinya menjadi salah satu hal yang digemari hampir seluruh kalangan usia ya? Gimana enggak? Mempercantik body sepeda motor menggunakan stiker ternyata tidak perlu membutuhkan dana besar dan pengerjaannya jauh lebih cepat dibandingkan dengan mengecat/air brush.

Enggak hanya untuk memuaskan hobi semata, stiker sepeda motor full body tentunya juga menjadi ciri khas tersendiri bagi kalangan komunitas. Nah biasanya untuk menunjukkan bahwa mereka merupakan salah satu anggota dari komunitas tersebut adalah dengan modifikasi menggunakan stiker khas komunitasnya.

Apalagi jumlah komunitas sepeda motor di Indonesia terus mengalami peningkatan. Mulai dari Komunitas Motor Gede, Komunitas Motor Sport, Komunitas Vespa Scooter, Komunitas Honda Scoopy, sampai yang terbaru yakni Komunitas Yamaha Nmax.

Dilihat dari gaya hidup masyarakat yang mulai ‘melek’ dengan penampilan kendaraannya ini, tentu bagi kita yang punya mindset bisnis, hal tersebut adalah sebuah ladang cuan yang besar. Dibalik mewahnya penampilan sepeda motor saat ini, sebenarnya terdapat keuntungan yang sangat menggiurkan khususnya bagi pelaku di industri digital printing.

Seuntung apasih bisnis stiker motor ini? Yuk cek perhitungannya disini!

Biaya Investasi Awal

biaya investasi awal stiker motor

Catatan: Biaya komputer/laptop tetap Minzie ikutsertakan sebagai estimasi investasi awal. Jadi abaikan jika kamu sudah memilikinya sendiri ya!

Biaya Produksi

Jika stiker Ritrama berukuran (1,05m x 50m) seharga Rp 1.285.000 dapat digunakan untuk produksi stiker body motor, maka biaya per m2nya adalah

biaya produksi stiker motor

Dengan asumsi harga jual stiker motor di pasaran adalah Rp 150.000/m2, maka keuntungan yang bisa kamu dapatkan sekitar Rp 121.024/m2.

Tapi, berapa biaya operasionalnya?

Biaya Operasional

biaya operasional stiker motor

Nah jika sudah mengetahui biaya produksi dan operasional, sekarang waktunya beralih ke analisa bisnisnya!

Skema Perhitungan Orderan 250pcs per Bulan (Sepi)

perhitungan orderan sepi stiker motor

Catatan: Jadi dengan asumsi 250 orderan stiker body motor setiap bulan, modal yang kamu keluarkan akan kembali selama 4,3 bulan

Skema Perhitungan Orderan 375pcs per Bulan (Normal)

Skema perhitungan orderan normal stiker motor

Catatan: Jadi dengan asumsi 375 orderan stiker body motor setiap bulan, modal yang kamu keluarkan akan kembali selama 2,6 bulan

“Dengan perhitungan orderan 375 stiker body motor per bulan, modal yang saya keluarkan dapat kembali hanya dalam waktu 2,6 bulan. Berarti kalau ramai lebih cepat ya min?”

Skema Perhitungan Orderan 500pcs per Bulan (Ramai)

perhitungan orderan ramai stiker motor

Catatan: Jadi dengan asumsi 500 orderan stiker body motor setiap bulan, modal yang kamu keluarkan akan kembali selama 1,9 bulan

__

Nah dari perhitungan di atas bisa terbukti kan kalau bisnis stiker body motor sangatlah menjanjikan. Sekarang tergantung cara pemasaran dan promosi produkmu yang seperti apa. Mau secara online atau offline? Mau menjangkau dengan open reseller atau jual di marketplace? Semua tergantung kamu.

(Baca Juga: Rahasia Sukses Jualan Online Di Tokopedia & Shopee)

Bisnis stiker body motor ini juga tidak akan berjalan lancar tanpa bantuan dari mesin digital printing. Mesin digital printing ini enggak hanya untuk bisnis stiker motor aja loh! Kamu juga bisa menjalankan bisnis lainnya mulai dari banner, spanduk, stiker one way vision, dan masih banyak lagi.

Ingin kenalan lebih jauh dengan mesin-mesin digital printing tadi? Lihat detailnya di Spesifikasi Mesin ATLAS XPe 1600 dan Spesifikasi Mesin Cutting Plotter ATLAS CP 1300 GD

Semoga perhitungan bisnis tadi membantumu dalam melakukan analisa bisnis ya, sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Share Artikel Ini