Usaha kerajinan ukir batu nisan atau biasa menyebutnya kijing menjadi salah satu usaha yang tetap bertahan hingga saat ini, bahkan tidak tergerus krisis dan pandemi.

Prospek Usaha Ukir Batu Nisan

Terlepas kaitannya dengan orderan ketika adanya orang yang meninggal, usaha kerajinan ukir batu sebenarnya bisa dijadikan beragam hasil produk karena, bahan yang digunakan berasal dari batu marmer, granit, ataupun batu hitam. Sehingga masih banyak produk lain yang bisa dijadikan ladang penghasilan semisal orderan batu nisan sedang sepi, prasasti pengesahan salah satunya.

Prasasti biasanya akan lebih banyak berdatangan dari instansi pemerintahan ataupun institusi yang kerap kali digunakan sebagai media penanda peresmian gedung, baik untuk kantor, pabrik, tempat ibadah, bahkan acara olahraga, dan masih banyak lagi.

Namun sayangnya, masih jarang nih usaha yang menyediakan jasa ukir batu sehingga orang-orang masih kesusahan menemukan jasa ukir batu yang diinginkan.

Hal ini lantaran banyak yang ingin memulai namun terkendala keterampilan dan kurangnya pengetahuan lebih seputar mengolah batu marmer, granit, maupun batu hitam yang sebenarnya bisa menjadi karya seni yang dapat menghasilkan keuntungan.

Padahal di zaman yang serba cepat ini kita bisa menemukan informasi edukatif hanya dari genggaman saja. Apalagi dengan kehidupan di perkotaan, semua butuh yang serba cepat dan praktis. Sehingga nggak kaget kalau sekarang sudah banyak proses produksi yang menggunakan mesin daripada menggunakan alat manual.

Karena menjadi salah satu usaha yang belum banyak dilirik orang, tentu orderan dapat datang dari mana saja, baik dari dalam kota, luar kota, hingga luar pulau. Lantas bagaimana sebenarnya omset menarik dari usaha ukir batu ini?

Modal Awal

modal awal usaha ukir batu nisan

Catatan: Biaya komputer/laptop tetap Minzie ikutsertakan sebagai estimasi investasi awal. Jadi abaikan jika kamu sudah memilikinya sendiri ya!

Biaya Produksi

Jika sebuah marmer seharga Rp 450.000/m2 dapat diproduksi untuk ukir batu nisan berukuran 20cm x 30cm maka total biaya produksi sekitar Rp 28.125

Dengan asumsi harga ukir batu nisan (20cm x 30cm) di pasaran adalah Rp 175.000/pcs, maka keuntungan yang bisa kamu dapatkan sekitar Rp 146.875/pcs

WOW! Lumayan banget kan? Tapi, berapa sih biaya operasionalnya?

Pengeluaran Operasional

biaya operasional usaha batu nisan

Perhitungan Bisnis Ukir Batu Nisan Sepi (150pcs)

Nah kalau begitu, bagaimana dengan perhitungan balik modalnya?

Skema perhitungan orderan sepi batu nisan & prasasti

Catatan: Jadi dengan asumsi 150 orderan ukir batu nisan setiap bulan, modal yang kamu keluarkan akan kembali selama 11 bulan

Skema Perhitungan Normal (200pcs)

Skema perhitungan orderan normal batu nisan & prasasti

Catatan: Jadi dengan asumsi 200 orderan ukir batu nisan setiap bulan, modal yang kamu keluarkan akan kembali selama 7,4 bulan

“Dengan perhitungan orderan 200 ukir batu per bulan, modal yang saya keluarkan dapat kembali hanya dalam waktu 7,4 bulan. Berarti kalau ramai lebih cepat ya min?”

coba simak perhitungan ramainya di bawah ini

Skema Orderan Ramai (300pcs)

Skema perhitungan orderan ramai batu nisan & prasasti

Catatan: Jadi dengan asumsi 300 orderan ukir batu nisan setiap bulan, modal yang kamu keluarkan akan kembali selama 4,5 bulan

__

Omset diatas tentu berdasarkan daerah dari tempat usaha Minzie berdiri (Kota Surabaya), namun perhitungan ini masih tetap bisa kamu jadikan acuan menyesuaikan dengan biaya yang ada di tempat tinggalmu berada. Sekarang tergantung bagaimana kamu memasarkan dan mempromosikan jasamu.

Memang tidak bisa kita pungkiri, bahwa usaha batu nisan dan prasasti yang kita temui di jalan belum tentu memiliki target yang sama sesuai dengan perhitungan diatas. Apalagi perhitungan ini menggunakan mesin CNC sebagai alat bantu untuk proses produksinya agar lebih cepat.

Namun, kamu tidak perlu khawatir bahwa penggunaan mesin CNC sebenarnya bisa juga kamu jadikan usaha lain semisal usaha batu nisan lagi sepi, seperti usaha advertising untuk signage, usaha merchandising akrilik, atau mebel.

Satu mesin yang multifungsi bisa digunakan ke berbagai bahan untuk berbagai produksi. Gimana kamu tertarik memiliki usaha sendiri? Atau masih ingin tahu lebih lengkap seputar mesin ini? Tanya-tanya dulu aja dengan ahlinya GRATIS! Cukup klik nomor di bawah ini dan kamu akan langsung tersambung dengan kami

Hubungi Kami Deprintz

Bersama Deprintz, Buat Usaha Jadi Mudah!

Tunggu perhitungan usaha lain dari Minzie ya!

(Baca Juga: Perhitungan Bisnis Grafir Akrilik Ini Janjikan Omset Besar! )

Share Artikel Ini