Siapa sih disini yang tidak mengenal stiker? Stiker memiliki beberapa jenis, salah satunya adalah stiker bahan vinyl. Stiker ini banyak digunakan dibandingkan jenis stiker lain seperti stiker HVS, Bontox, Kromo, dan Yupo.

Nah disini, Minzie akan mencoba menjelaskan secara mendalam mengenai stiker ini supaya kamu bisa lebih memahami karakteristik, fungsi, hingga kelebihan dan kekurangannya.

Karakteristik Stiker Vinyl

Sesuai namanya, stiker ini merupakan jenis stiker yang terbuat dari bahan vinyl. Stiker ini paling umum digunakan dan memiliki banyak sekali varian yang bisa dipilih menyesuaikan kebutuhan.

Karakteristik dari stiker bahan vinyl diantaranya:

  1. Memiliki permukaan mengkilap atau glossy
  2. Warna dasarnya putih
  3. Terbilang lentur dan fleksibel
  4. Mudah dirawat dan dibersihkan
  5. Cocok untuk penggunaan outdoor dan jangka panjang

Fungsi

Stiker ini sebenarnya ada banyak macamnya. Nah jenis-jenisnya ini akan Minzie paparkan di artikel selanjutnya ya!

Lanjut, walaupun terdapat banyak varian jenis, ternyata stiker ini memiliki banyak sekali kegunaan apabila semua jenisnya digabungkan. Penasaran apa saja?

  1. Bisa digunakan sebagai label kemasan
  2. Gambar cetaknya bisa digunakan sebagai bahan dasar untuk pembuatan rambu peringatan seperti awas, dilarang parkir, dan sebagainya
  3. Bisa juga dijadikan bahan dasar papan plang
  4. Dipakai untuk kebutuhan iklan atau promosi opening toko
  5. Cocok juga dipakai untuk decal kendaraan seperti motor, mobil bahkan aksesorisnya seperti helm
  6. Bisa juga digunakan sebagai suvenir acara seminar, pameran, atau musik

Kelebihan Dan Kekurangan

Dilihat dari karakteristiknya yang sangat baik diatas, tentu stiker ini memiliki kelebihan yang cukup mumpuni ketimbang dengan jenis stiker bahan lain. Walaupun tidak dipungkiri tetap ada sedikit kekurangannya.

Adapun kelebihan dan kekurangan dari stiker bahan vinyl adalah sebagai berikut:

Kelebihan 

  1. Memiliki daya tahan lebih tinggi dibandingkan dengan stiker kertas bahan lain seperti stiker HVS
  2. Kualitas hasil cetak gambarnya tajam, setara dengan foto
  3. Sangat awet
  4. Tahan air sehingga tidak mudah luntur
  5. Cocok digunakan di luar ruangan

Kekurangan 

  1. Harus cermat dalam memilih mesin percetakan atau vendor percetakan karena seringkali hasil tintanya tidak optimal dikarenakan mesin percetakan yang tidak mumpuni
  2. Tinta yang digunakan khusus (tinta yang berbasis minyak seperti tinta solvent, ecosolvent, mild solvent, dan juga tinta latex, dan lain sebagainya)
  3. Dicetak menggunakan printer yang mumpuni seperti mesin yang mampu menghasilkan resolusi tinggi diantara merek Roland, Mutoh, Fuji Xerox, atau Mimaki

Perbedaan Stiker Bontax, Chromo Dan Vinyl

Tahu gak sih bahwa selain vinyl, ada lagi stiker jenis chromo dan bontax yang paling sering digunakan masyarakat Indonesia untuk segala kebutuhan.

Walau secara visual terlihat sama, nyatanya ketiganya memiliki beberapa perbedaan yang gak sedikit orang masih kesulitan untuk mengetahuinya. Apa saja itu?

perbedaan stiker bontax dan vinyl

Nah itu tadi penjelasan lengkap mengenai stiker bahan vinyl yang dapat Minzie paparkan pada artikel kali ini. Penasaran gak apakah kertas stiker vinyl bisa diprint menggunakan printer laser? Yuk, cari tahu jawabannya dengan KLIK DISINI.

Ingin konsultasi lebih lanjut seputar bahan cetak stiker ini, tapi bingung dimana? Cukup klik tombol di bawah, kamu bisa langsung konsultasi dengan product consultant Deprintz secara GRATIS seputar mesin usaha hingga bahan cetaknya!

Hubungi Kami Deprintz

Bersama, Deprintz Buat Usaha Jadi Mudah!

Share Artikel Ini