Perhiasan merupakan hal yang sangat identik dengan kaum hawa, meski gak menutup kemungkinan jika di era sekarang gak sedikit pula kaum adam yang mulai tertarik untuk turut serta mengumpulkannya sebagai koleksi ataupun investasi.

Perhiasan bukan hanya sekedar aksesoris pelengkap dalam berpenampilan. Melainkan sebagai salah satu alat yang dapat digunakan untuk menunjukkan status sosial yang dipakai mulai dari jaman nenek moyang hingga saat ini. Gak heran jika bisnis dalam bidang jual beli perhiasan menjadi hal yang cukup menjanjikan.

Bukti dari betapa menggiurkannya bisnis ini adalah banyaknya pengusaha yang telah sukses dan mampu mengembangkan bisnis perhiasan mereka tidak hanya skala nasional tapi juga skala internasional.

Rahasia Dibalik Untung Besar Bisnis Perhiasan

Biasanya potongan perhiasan baik itu emas, perak, dan emas batangan dapat ditambahkan goresan unik untuk tujuan personal seperti keindahan. Hal ini bisa dalam bentuk penulisan nama, logo, atau angka yang menggunakan beberapa metode penandaan (marking).

Dalam konteks ini, proses penandaan tentu membutuhkan pengalaman dan keahlian. Namun, perlu kamu ketahui bahwa emas adalah logam yang lunak sehingga untuk penggunaan mesin marking ini tentu harus sangat selektif karena tidak boleh memengaruhi nilai estetikanya.

Nah pada artikel ini, Minzie akan memperkenalkanmu bagaimana proses marking pada perhiasan terjadi dan pemilihan mesinmarking yang tepat.

Mesin Marking Perhiasan: Proses Mana Yang Tepat Untukmu

Ada banyak metode marking ideal tergantung dari bahan yang digunakan.

Namun, ketika kita mempertimbangkan nilai estetika dari emas, jenis emas, dan kualitas prosedur marking, maka ada 2 rekomendasi metode marking yang wajib kau tahu.

Dua metode tadi adalah marking dot peening dan laser marking.

Kedua metode tersebut efisien, efektif, dan mudah digunakan. Namun, keduanya berlaku dalam skenario yang berbeda berdasarkan faktor operasional. Di bawah ini adalah penjelasan menyeluruh tentang bagaimana kedua proses tersebut ideal untuk pengukiran emas.

Mesin Marking Dot Peen: Bagaimana Cara Kerjanya?

Mesin marking dot peen terdiri dari pin/stylus, yang dikendalikan secara pneumatik atau elektrik. Bergerak sesuai dengan panduan alur tertentu pada sumbu X dan Y.

Mesin marking dot peen dapat mengukir apa pun di bawah kedalaman tertentu pada batangan emas. Penasaran bagaimana proses penandaan menggunakan dot peen? Simak videonya di bawah.

Tipe Mesin Marking Dot Peen

Ada 3 tipe sistem marking dot peen yang dapat kamu pertimbangkan. Masing-masing sangat ideal sebagai mesin pengukiran emas dan menawarkan fitur unik.

1. Mesin Marking Benchtop Dot Peen

mesin marking benchtop dot peen

Mesin penandaan dot peen tipe ini hanya dapat mengukir emas dengan permukaan datar, cekung, atau cembung. Contohnya seperti pada emas batangan.

Mesin penanda ini lebih populer untuk pengukiran emas ukuran kecil dan medium karena lebih stabil dan dapat memberikan penandaan yang akurat serta permanen.

2. Mesin Marking Protable Dot Peen

mesin marking portable dot peen

Mesin marking dot peen tipe ini juga akurat dan dapat memberikan penandaan permanen. Namun, tidak seperti mesin benchtop dot peen, stabilitasnya bergantung pada operator karena cara penggunaanya yang bisa dibawa kemana-mana.

Mesin dot peen portabel adalah mesin pengukiran yang ideal saat menandai produk emas berukuran besar. Contohnya seperti batangan emas besar.

3. Mesin Marking Integrated Dot Peen

mesin marking integrated dot peen

Mesin tipe ini dapat beroperasi secara otomatis dengan bantuan perangkat lunak bawaan atau perangkat lunak yang kompatibel.

Selain itu, mesin ini juga dapat mengetahui proses apa dan kapan waktu yang tepat untuk memulai, tanpa perlu kamu atur lagi secara manual. Desainnya ringkas, ramping, serta mudah dipasangkan pada mesin lainnya.

Apa Saja Keunggulan Mesin Marking Dot Peen?

Mengapa mesin marking dot peen bisa menjadi mesin pengukir emas idealmu? Di bawah ini ada beberapa keuntungan menggunakan mesin jenis ini:

Thermal Dan Chemical Stress

Metode yang tepat untuk mengukir emas batangan atau produk emas lainnya karena tidak memengaruhi kualitas estetikanya. Namun, tetap memberikan kuliatas penandaan terbaik.

Hal ini karena mesin marking dot peening adalah mesin penandaan yang tidak menghasilkan panas (termal) dan tidak berpengaruh dari sisi kimiawi.

Inklusi Perangkat Lunak

Meskipun keuntungan ini bergantung dari tipe mesin marking dot peen , tapi software yang disertakan merupakan fitur penting.

Mesin marking dot peen biasanya disertai 2 perangkat lunak yakni direct dan indirect. Dengan 2 perangkat lunak tersebut, kamu dapat menyimpan kode dan batch coding yang dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi.

Pengoperasian Yang Mudah

Mengukir emas menggunakan mesin marking dot peen sangatlah mudah terlepas dari keahliannya. Sehingga, kamu dapat dengan cepat menandai setiap bagian datar dari produk emas.

Mesin Laser Marking: Bagaimana Cara Kerjanya?

Laser marking adalah proses lainnya untuk pengukiran emas yang populer di industri perhiasan.

Mesin jenis ini efisien, efektif, akurat, dan menghasilkan tanda yang sangat mudah dibaca. Namun, tidak seperti marking dot peen, mesin ini tidak memerlukan kontras untuk keterbacaan kode yang lebih baik.

Laser marking bekerja dengan menggunakan sinar laser untuk mengikis bagian dari bahan emas. Tanda emas yang diukir dengan laser sangat mudah dibaca karena tidak memerlukan kontras. Hasilnya juga permanen dan akurat.

Oleh karena itu, penggunaan laser marking sebagai mesin pengukir emas lebih populer saat bekerja dengan perhiasan emas daripada batangan emas.

Tipe Mesin Laser Marking

Ada banyak jenis mesin laser marking berdasarkan fiturnya. Namun dalam hal ukir emas, hanya mesin laser marking fiber saja yang cocok. Di bawah ini ada salah satu rekomendasi mesin laser marking fiber menurut Minzie yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan.

mesin laser marking ATLAS FXM

Mesin Laser Marking ATLAS FXM 20 Raycuss merupakan mesin yang sumber daya lasernya berasal dari Raycuss. Untuk Printzie yang ingin mengetahui keuntungan dan macam sumber daya laser lainnya bisa langsung baca artikel terkait di bawah.

(Baca Juga: Jenis Laser Fiber Source Yang Wajib Kamu Tahu)

Area kerja mesin laser marking ini 11-30cm, dilengkapi daya laser sebesar 20 Watt dengan tingkat kedalaman penandaan hingga 0,5mm.

Karena emas memiliki permukaan yang dapat memantulkan cahaya, tentunya diperlukan mesin laser marking yang memiliki densitas energi tinggi agar emas dapat dengan mudah menyerap panas dari material. Nah mesin laser marking ATLAS FXM 20 Raycuss bisa menjadi salah satu jawabannya.

Kamu juga gak perlu khawatir hasil akhir pengukiran emas asli akan gosong, karena daya laser yang dikeluarkan lebih rendah. Sehingga kamu bisa menciptakan desain ukir yang lebih rumit dan detail.

Apa Saja Keuntungan Mesin Laser Marking?

Mesin laser marking adalah mesin yang umum digunakan untuk pengukiran emas. Berdasarkan fitur-fiturnya, di bawah ini adalah beberapa keuntungan menggunakan metode laser marking:

Inklusi Perangkat Lunak

Sebagian besar mesin laser marking memiliki perangkat lunak untuk menyimpan kode, angka, atau huruf yang akan ditandai. Oleh karena itu, dimungkinkan untuk menandai beberapa produk secara bersamaan yang dapat meningkatkan efisiensi produksi.

Penandaan Yang Akurat Dan Dapat Dibaca

Mesin laser marking populer dalam personalisasi dan identifikasi perhiasan dan batangan emas berdasarkan keakuratan dan keterbacaannya. Sehingga tidak memerlukan kontras agar terlihat seperti pada mesin marking dot peening.

Dapatkan Mesin Pengukiran Emas Terbaik

Nah itu tadi 2 jenis mesin marking yang ideal digunakan untuk pengukiran emas.

Apakah kamu menginginkan mesin pengukir emas yang menjanjikan efektivitas, efisiensi, dan penandaan yang berkualitas? Deprintz adalah pusat mesin industri kreatif terbaik yang bisa kamu andalkan. Jika ingin konsultasi GRATIS langsung saja klik tombol di bawah ini

Hubungi Kami Deprintz

Bersama Deprintz, Buat Usaha Jadi Mudah

Share Artikel Ini