Jika kamu mengira mesin potong besi hanya mesin laser cutting fiber saja, kamu perlu tahu bahwa mesin CNC juga ada loh yang bisa digunakan untuk memotong besi dan plat. Yuk kenalan lebih jauh dengan CNC Plasma Cutting!

Apa itu CNC Plasma Cutting?

Merupakan mesin pemotong berbagai jenis logam atau plat dengan tingkat akurasi yang tinggi menggunakan komputer sebagai pengoperasian otomatisnya. Nah logam atau plat yang dimaksud ini seperti besi, stainless steel, aluminium, tembaga, kuningan, hingga galvanis.

Mesin CNC jenis ini beroperasi menggunakan listrik untuk meningkatkan suhu udara hingga mencapai titik plasma (panas ribuan derajat celcius) yang kemudian diarahkan ke bahan yang akan dipotong.

Mesin ini juga memiliki kuat arus yang berbeda-beda nih Printzie. Perbedaan arus listrik ini sebenarnya disesuaikan dengan ketebalan bahan logam yang dapat dipotong.

mesin plasma cutting garuda deprintz

Ilustrasi Mesin CNC Plasma Cutting GARUDA (Deprintz)

Misalnya saja CNC Plasma Cutting merek GARUDA seperti ilustrasi gambar diatas. Mesin berukuran 13x25m ini memiliki perbedaan di kuat arus. Antara mesin dengan kuat arus 40A dan mesin ketegangan 100A sudah terlihat jelas perbedaan maksimal ketebalan bahan logam yang dapat dipotong.

CNC Plasma beroperasi menggunakan tekanan udara sehingga, gas yang sering digunakan adalah kompresor udara. Selain karena lebih mudah ditemukan di pasaran, kompresor udara dapat bekerja dengan baik untuk aplikasi pemotongan pada mesin yang memiliki kuat arus rendah. Dalam artian, kompresor udara bisa menjadi salah satu gas bantu yang baik karena kekuatannya dapat membantu proses potong besi.

Selain kompresor udara apa ada gas bantu lain yang bisa digunakan min? Ada dong!

Kamu juga bisa menggunakan oksigen jika ingin memberikan hasil potong yang sedikit lebih kasar, campuran argon dan hidrogen untuk memberikan hasil potong yang lebih halus, atau nitrogen dan metana untuk memotong besi dengan ketebalan yang lebih tipis.

Kelebihan

Tentunya setiap mesin usaha yang ada di pasaran memiliki kelebihannya masing-masing ya Printzie. Nah, untuk mesin yang sedang kita bahas ini kelebihannya antar lain:

keunggulan mesin plasma cutting

Ilustrasi Keunggulan Plasma Cutting (Deprintz)

Perbedaan Laser Cutting Fiber Vs Plasma Cutting

Sempat kita singgung di awal, selain laser cutting fiber, ada juga mesin CNC yang sama-sama dapat memotong material berbahan dasar logam. Lantas apa sih yang membedakan keduanya?

perbedaan mesin laser dan plasma cutting

Ilustrasi Perbedaan Mesin Laser Cutting dan Plasma Cutting (Deprintz)

__

Nah itu tadi sekilas tentang mesin CNC plasma cutting yang dapat memotong bahan logam beserta keunggulan lainnya yang wajib kamu ketahui. Eits, ada juga nih artikel yang lebih lengkap mulai dari komponen, cara kerja, hingga ide bisnis yang cocok dari mesin satu ini.

Penasaran? Baca artikel selanjutnya dari Minzie di bawah ini ya!

(Baca Juga: Part Penting Pada CNC Plasma Cutting. Apa Saja?)

Ingin konsultasi seputar usaha kreatif bebas pulsa dan GRATIS langsung dengan ahlinya? Klik tombol di bawah ini dan admin kami akan segera membantumu!

Hubungi Kami Deprintz

Bersama Deprintz, Buat Usaha Jadi Mudah!

Share Artikel Ini