Printzie, jika artikel sebelumnya kita udah kulik sedikit seputar perbedaan mesin CNC Plasma Cutting dengan Laser Fiber Cutting. Nah di artikel terbaru ini kita akan membahas lengkap seputar bagian-bagian dari mesin CNC Plasma Cutting, cara kerja mesin CNC Plasma Cutting, hingga cara perawatan mesin CNC Plasma Cutting.

Tanpa perlu basa-basi lagi nih, langsung aja yuk masuk ke bagian pertama.

BAGIAN BAGIAN MESIN CNC PLASMA CUTTING

Dalam proses kerja mesin CNC Plasma Cutting, tentu tidak lepas dari yang namanya bagian-bagian penting yang membantu dalam proses kerja tersebut. Diantaranya:

Power Supply

power supply plasma cutter

Power supply plasma cutting (Monotaro/monotaro.id)

Pada mesin CNC Plasma Cutting, power supply ini digunakan untuk mengubah tegangan AC menjadi arus DC untuk memberikan daya ke perangkat keras lainnya.

Sumber tengangan AC ini berupa tegangan bolak-balik sedangkan tegangan DC bersumber dari tegangan searah. Nah besarnya listrik yang mampu ditangani oleh power supply ini ditentukan oleh daya yang dihitung dengan satuan Watt.

Tang Massa / Ground Clamp

ground clamp tang massa

Ground clamp atau tang massa plasma cutting (Mundaka Technologies, Inc/mundakawg.com)

Ground clamp, earth clamp biasa kita kenal sebagai tang massa atau tang penjepit. Tang massa pada mesin CNC Plasma Cutting digunakan untuk menghubungkan benda kerja ke kabel massa agar tidak mudah lepas.

Alat ini biasanya terbuat dari tembaga atau logam lain sehingga mempunyai sifat penghantar listrik yang baik.

Handle Torch

torch plasma cutting

Torch plasma cutting (Multicam Cananda/multicamcanada.wordpress.com)

Torch atau tungsten gas cutting merupakan alat pelengkap penting pada gas cutting.

Kenapa sepenting itu? Ternyata torch atau tungsten gas cutting berfungsi sebagai alat untuk mengeluarkan pressure atau tekanan berupa api untuk memotong benda kerja.

Nah alat torch ini memiliki bagian-bagiannya lagi salah satunya handle torch. Dengan adanya handle torch ini operator lebih mudah saat mengoperasikan gerak dan arah pemotongan gas cutting sehigga hasil pemotongan bisa lebih maksimal.

Nozzle

Plasma Cutting Nozzle

Nozzle plasma cutting (India Mart/indiamart,com)

Nozzle sendiri merupakan bagian dari troch plasma yang berfungsi untuk memicu arus listrik dan menyemburkan gas.

Nah nozzle pada mesin CNC Plasma Cutting ini terletak di paling ujung torch plasma. Jika sinar laser dan gas yang dikeluarkan tinggi, maka nozzle pun harus sering diganti. Jika tidak diganti dan tetap dipaksakan untuk digunakan, maka hasil pemotongannya pun kemungkinan akan berkurang akurasinya.

CARA KERJA MESIN CNC PLASMA CUTTING

Nah untuk mempermudahmu memiliki gambaran “gimana sih bentuk dan cara kerja mesin CNC Plasma Cutting ini?” nih ada video yang wajib kamu tonton

CARA PERAWATAN MESIN CNC PLASMA CUTTING

  1. Periksa sambungan listrik internal mesin secara rutin untuk memastikan sambungan yang tepat dan erat. Jika ditemukan berkarat atau longgar, gunakan kertas amplas untuk membersihkan karat atau lapisan oksida, kemudian sambung kembali dan kencangkan.
  2. Ketika mesin hidup, jauhkan anggota tubuh Anda dan peralatan lainnya dari bagian penghantar listrik untuk mencegah cedera atau kerusakan pada mesin.
  3. Bersihkan debu dan kotoran yang menempel secara rutin. Jika mesin digunakan di lingkungan yang memiliki polusi udara yang berat, pembersihan debu harus dilakukan setiap hari.
  4. Mencegah air dan uap masuk ke dalam mesin. Jika sudah terjadi, maka lakukan proses pengeringan pada bagian dalam mesin. Kemudian periksa insulasi menggunakan alat megger. Jika tidak ditemukan kerusakan, maka kegiatan pengelasan bisa dilanjutkan kembali.
  5. Secara rutin periksa semua selaput insulasi kabel. Jika ditemukan adanya cacat, rapatkan kembali bagian yang patah atau segera ganti kabel tersebut.
  6. Jika mesin tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama, baiknya dimasukkan kembali ke dalam kemasan aslinya dan simpan di lingkungan yang kering.

Itulah penjelasan lengkap mengenai mesin CNC Plasma Cutting yang bisa Minzie jabarkan. Jangan lupa untuk selalu mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) dalam setiap pekerjaan, agar terhindar dari kecelakaan kerja pada saat mengoperasikan mesin CNC Plasma Cutting.

Jika kamu membutuhkan konsultasi lengkap seputar mesin ini dengan ahlinya, bisa langsung klik nomor di bawah ini ya

Hubungi Kami Deprintz

Bersama, Deprintz Buat Usaha Jadi Mudah!

 

Setelah ini enaknya membahas artikel tentang apa ya? Hm kamu bisa banget nih komen di bawah, Minzie tunggu ya!

Share Artikel Ini